SMTP: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya

SMTP Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya

Penggunaan SMTP banyak dipakai oleh pebisnis digital untuk tujuan mengoptimalkan email marketing yang dilakukannya. Bahwa SMTP adalah sebuah server yang bisa memberikan kemudahan para pebisnis digital untuk mendistribusikan email marketing pada target bisnis yang sudah ditetapkan. 

Pengertian SMTP

Kepanjangan dari SMTP yaitu Simple Mail Transfer Protocol dengan kegunaan untuk mengirim, menerima serta menyampaikan pesan email. Apa itu SMTP merupakan sebuah protokol resmi dari komunikasi yang dipakai untuk mengirimkan dan menerima pesan email dengan menggunakan koneksi internet.

Pengertian SMTP

Secara umum, SMTP memiliki kegunaan untuk mengirimkan email dengan menggunakan jaringan komputer. Namun di dalam cara kerja SMTP akan melibatkan peran MTA atau Message Transfer Agent untuk proses pengiriman email. Tugas MTA sendiri adalah untuk melakukan kontrol dan pengawasan pada proses pengiriman email berlangsung.

Fungsi SMTP

Lalu apa saja fungsi SMTP dalam proses pengiriman email? Diketahui bahwa fungsi utama dari keberadaan SMTP adalah untuk memastikan komunikasi email dilakukan dengan aman, efisien dan andal pada seluruh jaringan komputer yang ada. Berikut fungsi SMTP lainnya:

Membantu proses identifikasi

Server pengirim akan terbantu dalam proses identifikasi dirinya sendiri serta menyediakan informasi dan data yang dibutuhkan. Termasuk di dalamnya adalah informasi tentang alamat email, di mana server penerima bisa mengenali sumber email yang resmi. 

Mengakomodasi proses relay pesan

SMTP akan membantu untuk meneruskan pesan email ke server penerima atau yang biasa disebut dengan proses relay pesan. Kemudian bertanggung jawab atas proses pengiriman akhir sehingga bisa diatur pengiriman pesan agar sampai ke alamat email tujuan. 

Baca Juga:  Cara Menggunakan dan Cara Membuat Google Looker Studio

Mendeteksi pengiriman pesan yang alami error

Pengiriman pesan yang mengalami error atau kendala seperti penggunaan alamat email yang kurang valid, server penerima tidak dalam kondisi aktif dan lainnya akan terdeteksi oleh SMTP. Kemudian SMTP akan mengirimkan pesan error kembali pada pengirim, untuk memberitahukan bahwa pesan emailnya belum terkirim dikarenakan terjadinya error saat pengiriman. 

Mengatur antrean pengiriman email

SMTP menjadi sebuah protokol yang bertugas untuk mengatur antrean pengiriman email sehingga bisa terkirim dengan sukses. 

Menjadi protokol standar komunikasi

SMTP juga menjadi protokol standar komunikasi yang terjalin antara server pengirim dan penerima. Sehingga berbagai jenis server email yang ada bisa saling terhubung, berinteraksi dan mengirimkan pesan email tanpa adanya kendala apa pun. 

Menjadi pelindung dari spam

SMTP juga berguna untuk memberikan perlindungan dari spam dengan cara melakukan pemeriksaan pada IP address, melakukan verifikasi DNS dan berbagai metode lainnya. 

Cara Kerja dan Pembuatan SMTP

Cara Kerja dan Pembuatan SMTP

SMTP adalah sebuah protokol yang dalam kinerjanya melibatkan beberapa tahapan cara membuat SMTP yang penting untuk diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tahapannya yang penting untuk diketahui:

Lakukan komposisi email

Proses SMTP dilakukan dengan pengirim melakukan komposisi pesan email yang terdiri dari alamat email penerima, subjek, isi, lampiran dan berbagai informasi lainnya. Setelah selesai melakukan komposisi, pengirim kemudian mengirimkan pada server email dengan memanfaatkan Mail User Agent (MUA).

Proses penyerahan email

Setelah email selesai ditulis, kemudian Anda bisa mengirimkannya ke SMTP Gmail dengan menggunakan SMTP yang terpasang di TCP port 25. 

Proses pengiriman email

Tahapannya adalah server pengirim akan menghubungi penerima dengan menggunakan sarana nama domain atau IP address server penerima. 

Pemrosesan email dan pemberian tanda terima

Segera setelah email diterima, server akan mengirimkan tanda terima berupa Mail Delivery Agent (MDA). Dalam tahapan ini, email yang dikirim akan disimpan kemudian menunggu pengguna (penerima) untuk menerimanya. 

Akses dan proses pengambilan email

Tahapan cara kerja terakhir adalah untuk akses dan proses pengambilan email yang bisa dilakukan dengan menggunakan MUA. Selain itu, penerima juga bisa mengakses emailnya dengan menggunakan protokol IMAP atau POP3 sehingga memungkinkan akses ke pesan yang datang dari berbagai perangkat. 

Baca Juga:  Visual Studio Code: Pengertian, Fitur, dan Keunggulannya

Cara Setting SMTP

Untuk bisa menggunakan SMTP, Anda harus melakukan cara setting SMTP di website sebagai berikut:

  • Siapkan alamat email dengan menggunakan email domain bisnis
  • Pasang library untuk kebutuhan pengiriman email SMTP pada website
  • Untuk setting SMTP di WordPress bisa menggunakan beberapa plugin seperti WP Mail SMTP hingga Easy SMTP sesuai kebutuhan
  • Untuk setting SMTP di Script PHP Native bisa dilakukan dengan menggunakan library PHPMailer untuk mengirimkan email
  • Jika Anda menggunakan Laravel, maka untuk pengaturannya hanya dengan menambahkan library pada website atau aplikasi Anda saja
  • Jika Anda menggunakan Codelgniter, untuk cara setting-nya adalah dengan menggunakan library PHPMailer
Kelebihan dan Kekurangan SMTP

Kelebihan dan Kekurangan SMTP

Penggunaan server SMTP yang dilakukan untuk kebutuhan email marketing bisa memberikan keuntungan dalam bisnis. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan SMTP. Kelebihan SMTP adalah:

  • Untuk memudahkan kegiatan pengiriman email marketing yang cepat dan mudah sekaligus praktis
  • Penggunaan SMTP diklaim jauh lebih aman karena sama seperti menggunakan sarana pribadi dibandingkan sarana umum
  • Proses pengiriman email marketing yang memanfaatkan SMTP bisa dilakukan dengan lebih cepat sehingga bisa efisiensi waktu dan biaya
  • Penggunaan SMTP juga bisa memudahkan Anda untuk mengaturnya sehingga sistem akan berjalan secara otomatis dan terintegrasi secara langsung

Sedangkan SMTP juga memiliki kekurangan yang dinilai bisa menjadi kendala dalam penerapan email marketing, antara lain:

  • Data yang diterima server SMTP merupakan data kolektif sehingga berisiko adanya peluang pemalsuan identitas dari klien ataupun email yang terkirim
  • Umumnya membutuhkan komunikasi antar server dengan tujuan menyampaikan pesan sehingga bisa mengakibatkan pengiriman pesan tertunda atau tak terkirim
  • Adanya peluang dari beberapa firewall yang bisa melakukan pemblokiran pada port yang bisa digunakan dengan SMTP

Sekian penjelasan tentang SMTP adalah protokol atau jembatan penghubung yang digunakan dalam pengiriman email. Anda bisa mempelajari lebih mendalam tentang penggunaan SMTP dengan ikut program kursus IT online di Coding Studio. Anda juga bisa mengetahui bagaimana cara membuat dan menerapkan SMTP server dengan bergabung bersama Coding Studio sekarang juga.

Related Articles