Email Marketing: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya

Email marketing adalah hal yang mudah dilakukan terkait jangkauan, karena Anda tidak perlu untuk bertemu secara offline seperti pergi ke luar pulau hanya untuk pemasaran produk yang Anda jual. Artikel ini akan membahas tentang email marketing secara mendetail dari apa itu email marketing, tujuan, manfaat, jenis, cara kerja, cara membuat, serta contoh dari email marketing.

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah salah satu pemasaran yang dilakukan secara digital yang pengirimannya melalui email kepada sekelompok pelanggan atau calon pelanggan dengan tujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand.

Pengertian Email Marketing

Email marketing ini bukan termasuk tindakan spam, melainkan ini merupakan tindakan yang bisa membantu meningkatkan relasi kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Tujuan Email Marketing

Email marketing sebagai strategi pemasaran tentu memiliki tujuan, berikut adalah tujuan email marketing:

Meningkatkan Penjualan

Salah satu tujuan utama dari email marketing adalah meningkatkan penjualan dari produk atau layanan yang Anda jual. Anda dapat memberikan penawaran khusus seperti diskon, atau ketentuan yang menguntungkan apabila membeli produk Anda,

Meningkatkan Rasa Kesetiaan dari Pelanggan

Dengan memberi email terkait informasi-informasi seputar barang, seperti perubahan harga barang, perubahan bahan yang digunakan. Hal ini dapat membuat pelanggan merasa bahwa Anda menganggap mereka itu penting dalam bisnis ini.

Pengingat

Untuk sebuah produk yang memiliki jangka waktu seperti subscription platform musik, platform menonton film, dengan mengirim pengingat sebelum jangka waktu habis akan membantu mengingatkan kepada pelanggan.

Baca Juga:  Mengenal Rumus Choose pada Microsoft Excel

Ada juga yang mengingat hari ulang tahun pelanggan misalnya perusahaan memberi ucapan selamat ketika ulang tahun dan memberi hadiah seperti voucher yang bisa diklaim.

Manfaat Email Marketing

Email marketing juga memiliki manfaatnya bagi perusahaan, berikut adalah manfaat email marketing:

Manfaat Email Marketing

Biaya Terjangkau

Alasan biaya menjadi terjangkau adalah karena bisa melakukan via online, sehingga tidak perlu berkunjung ke tempat calon pelanggan yang mana itu memerlukan biaya seperti bensin, biaya tiket pesawat jika pelanggan berbeda pulau atau negara, dan lainnya

Dapat Menemukan Target Secara Tepat

Anda dapat menargetkan pesan kepada pelanggan yang tepat berdasarkan preferensi, perilaku, atau data demografis. Seperti menjual biji kopi kepada pelanggan yang suka menikmati kopi, untuk orang-orang yang tidak suka kopi bisa tidak dimasukkan ke dalam target penjualan.

Pengukuran dan Analisis yang Baik

Di dalam Email marketing biasanya akan diberikan langkah yang bisa dilakukan oleh pelanggan atau calon pelanggan seperti menghubungi nomor yang tertera, mengklik link untuk mengisi form dan yang lainnya. Anda bisa menganalisis dengan baik setelah mengetahui berapa banyak yang tertarik akan produk yang dijual.

Jenis Email Marketing

Berikut adalah jenis email marketing:

Email selamat datang

Email selamat datang biasanya digunakan oleh suatu platform atau suatu perusahaan ketika seseorang baru saja selesai mendaftar sebagai anggota, contoh ketika Anda baru saja mendaftar sebagai anggota di suatu aplikasi, aplikasi tersebut akan memberikan ucapan selamat datang.

Email berita

Email berita biasanya digunakan untuk memberi suatu informasi terbaru terkait produk.

Email penawaran

Dalam email penawaran, suatu perusahaan akan memberikan penawaran ke email seseorang, seperti penawaran promo dan lain sebagainya.

Email transaksi

Email transaksi akan mengirim email setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna. Hal ini bisa dijadikan bukti apabila terjadi sesuatu. Contoh penarikan maupun pengiriman crypto di suatu aplikasi yang akan selalu mengirimkan email bahwa transaksi sedang berlangsung.

Contoh selanjutnya ketika sedang belanja online, maka aplikasi e-commerce akan mengirimkan email yang mengatakan bahwa transaksi pembelian barang berhasil dilakukan dan akan dikirim ke tujuan yang ditentukan.

Baca Juga:  Content Creator: Pengertian, Jenis dan Skillnya

Cara Kerja Email Marketing

Cara kerja email marketing yaitu dengan menulis pesan yang diinginkan misalnya pesan marketing kepada server, nanti server akan mengirim email tersebut kepada pelanggan. Seperti email selamat datang, sudah dari awal membuat ucapan selamat datang, lalu saat ada pelanggan mendaftar ke platform tersebut, server platform akan otomatis mengirim email selamat datang ke orang yang bersangkutan.

Cara Membuat Email Marketing

Cara Membuat Email Marketing

Berikut adalah cara membuat email marketing sesuai tahapnya:

Mengumpulkan daftar pelanggan

Tahap pertama adalah mengumpulkan daftar pelanggan yang relevan dan bersedia menerima email dari perusahaan Anda.

Membagi pelanggan sesuai segmen

Setelah mengumpulkan daftar pelanggan, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah membagi pelanggan sesuai kesukaan atau segmen yang dipilih.

Membuat konten email

Buat konten email yang sesuai dengan tujuan kampanye Anda. Pastikan email Anda memiliki judul menarik, isi yang relevan, tautan yang jelas, dan tata letak yang baik.

Personalisasi email

Email marketing yang memiliki personalisasi dapat menjadi nilai tambahan bagi pelanggan, karena itu membuktikan bahwa perusahaan tersebut mengenal pelanggan.

Pengujian email

Jika Email terdapat beberapa hal yang diperlukan seperti menghubungi kontak yang bisa dihubungi, maka pastikan nomor tersebut selalu aktif, atau jika terdapat link maka pastikan link tersebut aktif dan bisa diakses orang yang nantinya menerima email.

Mengirim email

Setelah semua langkah lengkap barulah mengirim email tersebut.

Jika Anda masih bingung dengan cara membuat email marketing yang baik dan benar, maka Anda bisa belajar di Coding Studio yang mempunyai program pembelajaran digital marketing. Program ini akan membantu Anda dalam memahami dan membantu Anda supaya memiliki keterampilan tentang email marketing.

Contoh Email Marketing

Berikut adalah contoh email marketing:

Email Marketing Selamat Datang

Subjek: Selamat datang di [Nama perusahaan atau platform]

Isi: Terima kasih karena sudah mendaftar di [platform], berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan karena sudah mendaftar di [platfom].

Email Transaksi

Subjek: Pembelian Berhasil

Isi: Pembelian Anda di toko berhasil dibeli, barang akan segera dikirim ke rumah Anda.Email marketing adalah hal yang penting dalam dunia yang serba maju ini, tetapi jangan sampai email yang Anda kirim ke pelanggan malah menjadi spam karena dianggap mengganggu oleh pelanggan.