Digital Marketing Funnel: Pengertian, Manfaat dan Strateginya

Digital Marketing Funnel Pengertian, Manfaat dan Strateginya

Digital marketing funnel adalah strategi pemasaran untuk memahami customer journey sehingga dapat memetakan strategi pemasaran secara tepat. Kecil kemungkinannya sebuah bisnis mendapatkan pelanggan yang banyak dari penggunaan iklan media sosial pertama kali. Untuk itu, penting memahami marketing funnel dalam menerapkan strategi pemasaran, karena dapat membantu dalam merencanakan anggaran dana usaha.

Pengertian Digital Marketing Funnel

Apa itu digital marketing funnel dalam bisnis? Digital marketing funnel adalah metode pemasaran untuk meningkatkan traffic, mengarahkan pengunjung untuk melakukan pembelian, dan memelihara pelanggan untuk tetap loyal.

Pengertian Digital Marketing Funnel

Metode digital marketing funnel ini membutuhkan berbagai taktik pemasaran yang berkaitan dengan interaksi pengguna pada setiap tahap perjalanan pembelian.

Digital marketing funnel disebut juga sales funnel menjelaskan tahapan-tahapan untuk pelanggan (customer journey) dalam melakukan pembelian produk, mulai dari mengenal sebuah brand, mencari tahu brand tersebut, memutuskan membeli produk tersebut, hingga menjadi customer loyal.

Manfaat Digital Marketing Funnel

Jenis marketing ini membantu para pebisnis untuk melakukan pemetaan bisnis supaya dapat menentukan strategi pemasaran yang paling tepat. Berikut ini merupakan beberapa manfaat digital marketing funnel.

Mengoptimalkan Konversi Penjualan

Anda dapat secara efektif meningkatkan konversi penjualan produk melalui marketing funnel. Tujuan utama dari bisnis marketing yaitu menghasilkan keuntungan sehingga pelaku bisnis perlu mendorong minat konsumen untuk membeli produk.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Digital marketing funnel adalah strategi marketing yang cukup efektif dan efisien serta terbukti dapat menarik minat pelanggan untuk melakukan pembelian produk.

Data dari digital marketing funnel digunakan untuk melakukan perbaikan sedang digunakan sehingga di waktu mendatang bisa menerapkan strategi yang lebih baik. Sebagai pelaku bisnis tentunya Anda perlu mengetahui hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan dalam pemasaran.

Mengidentifikasi Tahapan yang Kurang Optimal

Saat melakukan digital marketing funnel, Anda dapat mengidentifikasi bagaimana perilaku konsumen pada setiap tahapannya.

Oleh karenanya, jenis pemasaran ini membantu Anda melakukan identifikasi tahapan yang kurang optimal. Tujuannya supaya langkah perbaikan tersebut dapat dilakukan secepatnya tanpa menunda-nunda.

Mendapatkan Insight

Marketing funnel juga membuka peluang yang lebih besar bagi pebisnis untuk mendapatkan insight lebih banyak dari pelanggan.

Insight tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengetahui apa saja motivasi dan alasan konsumen dalam melakukan tindakan pembelian produk. Hal tersebut juga menjadi dasar bagi pebisnis untuk mengambil langkah terbaik sehingga dapat memaksimalkan strategi marketing.

Tahapan-tahapan Digital Marketing Funnel

Tahapan-tahapan Digital Marketing Funnel

Adapun beberapa tahapan digital marketing funnel antara lain adalah sebagai berikut.

Kesadaran (Awareness)

Pada tahap ini pelanggan potensial mulai menyadari tentang keberadaan bisnis dan produk yang Anda tawarkan. Untuk meningkatkan kesadaran calon pelanggan Anda dapat meningkatkan Melalui aktivitas digital marketing seperti SEO (Search Engine Optimization), iklan sosmed, dan pembuatan konten informatif.

Penemuan (Discovery)

Tahap selanjutnya yaitu Discovery di mana Anda perlu melakukan sesuatu untuk membuat calon pelanggan mencari tahu tentang produk atau jasa lebih banyak lagi. Tujuannya adalah supaya calon pelanggan semakin ingin tahu terhadap bisnis atau produk Anda sehingga dapat mendorong mereka untuk mendapatkan berbagai informasi melalui berbagai sumber. 

Pertimbangan (Consideration)

Selanjutnya, calon pelanggan akan melakukan pertimbangan. Pada tahap ini, bisnis Anda harus terlihat lebih menarik dari kompetitor sehingga mendorong aktivitas pembelian calon pelanggan. Misalnya melalui email marketing, retargeting ads, dan lain sebagainya.

Konversi (Conversion)

Tahap selanjutnya dalam digital marketing funnel adalah konversi yaitu mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan misalnya dengan menginformasikan produk melalui email marketing, strategi SEO, dan lain sebagainya.

Hubungan Pelanggan (Customer Relationship)

Selanjutnya Anda harus bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga pelanggan terus mempercayakan produk yang Anda tawarkan. Anda perlu memberikan pelayanan yang memuaskan, misalnya jika customer melakukan komplain.

Pertahankan (Retention)

Lebih jauh dari tahapan sebelumnya, pada tahapan ini Anda perlu melakukan upaya untuk mempertahankan customer sehingga tidak beralih ke kompetitor. Tugas Anda yaitu membuat pelanggan loyal terhadap produk atau layanan Anda, misalnya dengan meminta review, saran, testimoni, untuk meningkatkan kualitas produk atas dasar ulasan customer.

Strategi Digital Marketing Funnel

Berikut ini merupakan beberapa strategi digital marketing funnel yang dapat dilakukan.

Meningkatkan Awareness

Pada tahap awal, lakukan upaya untuk meningkatkan awareness pada bisnis atau produk yang ditawarkan, baik secara online maupun offline.

Menciptakan Ketertarikan

Ketertarikan pelanggan akan berjalan seiring Anda melakukan strategi marketing bersamaan. Saat calon pelanggan tertarik, maka mereka akan melakukan pertimbangan untuk membeli produk.

Mempengaruhi Tindakan

Strategi yang perlu Anda lakukan yaitu menciptakan urgensi produk Anda dan kemudahan transaksi. Anda juga bisa menggunakan strategi marketing seperti pemberian trial, diskon limited edition, dan lain-lain. Tujuannya supaya calon konsumen membulatkan tekad untuk melakukan tindakan pembelian.

Contoh Digital Marketing Funnel

Contoh Digital Marketing Funnel

Adapun beberapa contoh digital marketing funnel antara lain sebagai berikut.

  • Promosi iklan intensif
  • Mengenali masalah customer dan menawarkan solusi
  • Menunjukkan keunggulan produk
  • Mempermudah alur transaksi
  • Memberlakukan program loyalti dan referal

Demikianlah pembahasan tentang marketing funnel. Digital marketing funnel adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya untuk membantu keberlangsungan bisnis.

Untuk memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis melalui strategi digital marketing, kini Coding Studio siap membantu Anda. Coding studio merupakan salah satu akademi pelatihan IT yang memiliki trainer profesional untuk membantu Anda mengembangkan bisnis di era digital. Segera bergabung bersama kami.

Related Articles