Inbound Marketing Adalah: Pengertian, Strategi dan Cara Kerjanya

Dalam dunia marketing, inbound marketing adalah strategi yang dinilai efektif dalam hal pemasaran. Tujuannya adalah memperbanyak pelanggan dengan cara memanfaatkan konten hingga memberikan pengalaman berharga bagi pelanggan. Dengan tujuan tersebut, inbound marketing dinilai sebagai metode yang tepat dalam internet marketing.

Apa Itu Inbound Marketing?

Mengenai apa itu inbound marketing, inbound marketing merupakan strategi pemasaran dengan fokus pada upaya untuk menarik perhatian dari calon pelanggan dengan memberikan konten atau informasi yang relevan, bermanfaat, dan menarik.

Apa Itu Inbound Marketing

Tujuan utamanya adalah membantu secara alami para calon pelanggan agar menemukan bisnis Anda hingga menarik mereka untuk menentukan tindakan, seperti mendaftar, membeli hingga mengunduh apa yang ditawarkan.

Manfaat Inbound Marketing

Untuk mengetahui mengapa inbound marketing penting, Anda harus tahu apa saja manfaat yang diberikannya. Apalagi sudah banyak platform online yang kini bisa dimanfaatkan sebagai media promosi.

Berikut ini beberapa hal yang menjadikan inbound marketing adalah hal yang penting:

  • Menghasilkan data akurat lewat platform online
  • Membentuk keunikan dan citra sebuah merek yang bisa mempengaruhi pembelian pada masa yang akan datang.
  • Membantu meningkatkan tingkat pencarian lewat SEO dan memudahkan calon pelanggan dalam menemukannya.
  • Dibandingkan pemasaran tradisional, ini jauh lebih menghemat biaya.
  • Meningkatkan kesadaran mengenai merek yang ditawarkan.

Metode dalam Inbound Marketing

Agar bisa mencapai tujuan dalam membangun hubungan dengan pelanggan, berikut ini beberapa strategi inbound marketing yang harus diterapkan.

Metode dalam Inbound Marketing

1. Attract

Strategi pertama agar bisa menarik pelanggan adalah membuat konten yang kreatif sehingga bisa membuat orang tertarik ingin mengenali bisnis Anda. Konten harus berisi manfaat dan berkaitan dengan topik. Konten juga harus menarik sehingga disukai oleh calon pelanggan dan penting untuk mengarahkan pelanggan ke produk yang ditawarkan.

Baca Juga:  Apa Itu Marketing Mix: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Strateginya

2. Engaging

Setelah pelanggan datang, saatnya Anda membuat mereka tertarik membeli atau bahkan menjadi pelanggan. Agar tercipta keterlibatan pengunjung, sajikan solusi dan wawasan yang sesuai keperluan pelanggan agar timbul ketertarikan untuk membeli tanpa menawar terlebih dulu.

3. Close

Perluas jangkauan dengan menyimpan kontak detail pelanggan dan manfaatkan waktu yang pas dalam menawarkan produk. Anda bisa menggunakan e-mail untuk mengirimkan informasi detail dan meyakinkan pelanggan. Jangan lupa sajikan konten promosi yang bermanfaat dan berikan nilai tambah.

4. Delighting

Strategi terakhir adalah fokus memberikan dukungan dan bantuan demi memaksimalkan keberhasilan pembelian para pelanggan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan panduan jelas mengenai produk Anda.

Cara Kerja Inbound Marketing

Inbound marketing adalah salah satu strategi marketing digital dengan fokus menarik pelanggan lewat konten.

Ada beberapa cara kerja yang dimiliki inbound marketing yaitu:

  • Menentukan target pasar
  • Membuat konten yang bermanfaat dan relevan
  • Memperluas jangkauan konten
  • Menarik perhatian calon pelanggan
  • Menjadikan pengunjung sebagai pelanggan
  • Memperluas jangkauan pelanggan

Beberapa Hal yang Termasuk Inbound Marketing

Ada beberapa contoh inbound marketing yang biasanya digunakan, yaitu:

– Konten yang Berkualitas dan Relevan

Contohnya seperti video tutorial, ebook, atau artikel blog.

– Search Engine Optimization (SEO)

Digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web dalam mesin pencarian dan menaikkan visibilitas online.

– Media Sosial

Sebagai sarana interaksi dan mempromosikan konten pada pelanggan.

– Email Marketing

Email bisa digunakan sebagai strategi marketing demi membangun hubungan dan mempromosikan produk pada pelanggan.

– Landing Page

Dengan mengoptimalkan landing page, pengunjung bisa diarahkan untuk melakukan hal yang diinginkan.

Perbedaan Inbound dan Outbound Marketing

Perbedaan Inbound dan Outbound Marketing

Disamping inbound marketing adalah salah satu strategi pemasaran ke dalam yang efektif, ada juga outbound marketing yang berarti pemasaran keluar. Keduanya memiliki perbedaan yang dengan mudah bisa dilihat.

Perbedaan outbound marketing dan inbound marketing bisa dilihat di bawah ini.

1. Pendekatan

Perbedaan yang pertama ada pada pendekatan yang dilakukan oleh keduanya. Pendekatan dari inbound marketing bisa dibilang lebih halus dikarenakan konten promosi dibuat dengan tujuan untuk menarik para calon pelanggan.

Baca Juga:  Sociopreneur Adalah: Pengertian, Manfaat, Macam dan Tujuannya

Sedangkan untuk outbound marketing memiliki pendekatan yang terkesan agresif. Hal tersebut dikarenakan tujuan dari metode ini adalah untuk menjangkau siapa saja, baik calon pelanggan atau yang bukan. Jadi biasanya target belum sesuai pemasaran.

2. Interaksi

Cara interaksi menjadi perbedaan kedua antara inbound dan outbound marketing. Pada inbound marketing, interaksi dilakukan dengan cara komunikasi dua arah. Hal tersebut bisa membuat Anda mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan yang diinginkan para pelanggan.

Sedangkan pada outbound marketing hanya ada interaksi satu arah. Kegiatan pemasaran yang dilakukan sudah pasti lebih merujuk pada hard selling. Contohnya seperti iklan, melakukan panggilan ke pelanggan, hingga mengirimkan pesan email pada daftar pelanggan.

3. Media pemasaran

Perbedaan antara inbound dan outbound marketing yang terakhir bisa terlihat dari media pemasaran keduanya. Pada inbound marketing lebih sering memanfaatkan media online dalam melakukan pemasaran. Sedangkan pada outbound marketing lebih sering menggunakan media offline sebagai media kegiatan pemasarannya.

Dengan mengenal inbound marketing sebagai metode pemasaran, seorang pelaku bisnis bisa dengan mudah mempromosikan produknya kepada para pelanggan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari metode pemasaran seperti ini, Anda bisa bergabung dengan Coding Studio dan meningkatkan skill dalam dunia IT yang sekarang ini banyak dibutuhkan. Tidak hanya pembelajaran mengenai hard skill saja, tapi juga soft skill dengan mentor terbaik.

Di samping inbond marketing adalah metode online yang penting, banyak hal lain yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung di Coding Studio Academy. Jadi tingkatkan skill digital Anda sekarang juga.