8 Teknik Email Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Konversi

8 Teknik Email Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Konversi

Teknik email marketing di era digital seperti sekarang sudah menjadi salah satu dari strategi efektif dalam meningkatkan konversi penjualan. Tentunya dengan mengirimkan email ke calon pelanggan secara tepat, memakai segmentasi cermat dan menargetkan campaign ke audiens relevan maka teknik ini bisa membantu usaha kalian mencapai keberhasilan.

Dalam penerapan strategi marketing ini dibutuhkan teknik-teknik yang bisa menunjang keefektifannya jadi beberapa faktor pendukung lain tidak boleh diabaikan begitu saja.

Pengertian Email Marketing

Email marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang mana melibatkan pemakaian email sebagai sarana komunikasi dengan para audiens target. Praktiknya, kalian perlu mengirim pesan email ke daftar pelanggan atau prospek yang bertujuan mempromosikan produk maupun layanan tertentu dan membangun hubungan sehingga tujuan pemasaran bisa tercapai.

Pengertian Email Marketing

Strategi ini meliputi banyak jenis pesan yang dikirimkan, seperti pemberitahuan produk maupun layanan baru, newsletter mingguan, tawaran diskon, ulasan produk, konten informatif, bahkan pesan yang sudah dipersonalisasikan khusus bagi pelanggan tertentu.

Tujuan dari email marketing yakni supaya interaksi menjadi lebih dekat dengan para audiens, meningkatkan penjualan, membangun loyalitas dan juga meningkatkan kesadaran brand. Ini termasuk strategi yang cukup mudah untuk diukur, karena bisa dilakukan pengukuran menggunakan berbagai metrik.

Teknik Email Marketing untuk Meningkatkan Konversi

Strategi pemasaran ini memerlukan beberapa teknik yang bisa membantu kalian dalam memanfaatkan potensi pemasaran lewat email guna mendapatkan hasil signifikan untuk usaha.

Teknik Email Marketing

1. Segmentasi Email Secara Tepat

Menetapkan strategi segmentasi secara tepat merupakan kunci dalam mengirim email untuk calon pelanggan potensial. Membagi daftar email berdasarkan minat, preferensi ataupun lokasi membuat kalian mampu mengirimkan email secara lebih relevan serta menarik untuk masing-masing segmen audiens.

2. Personalisasi Pesan ke Pelanggan Potensial

Mengirimkan pesan personal untuk pelanggan serta calon pelanggan merupakan hal penting guna meningkatkan keterlibatan. Memakai nama pelanggan di dalam email, penyebutan produk maupun layanan yang diminati ataupun menyampaikan pesan yang sudah disesuaikan untuk tahap pembeliannya tentunya bisa memberikan pengalaman lebih personal serta memperkuat bonding dengan pelanggan.

Baca Juga:  User Persona Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

3. Memanfaatkan Media Sosial Marketing

Melakukan integrasi antara sosial media dengan email marketing bisa memberikan hasil lebih baik. Tautkan ke profil sosial media di dalam email, hal ini berguna untuk memanfaatkan konten yang tersedia di sosial media ataupun mengirimkan notifikasi email guna meningkatkan interaksi di sosial media.

4. Memberikan Penawaran Menarik

Teknik email marketing ini mendorong pelanggan mengambil tindakan, kalian perlu untuk memberikan penawaran menarik. Ini bisa berbentuk uji coba atau sampel gratis, diskon eksklusif dan juga hadiah spesial. Penawaran tadi memberikan insentif ke pelanggan supaya melakukan transaksi serta meningkatkan konversi penjualan.

5. Gunakan Subjek Menarik di Penulisan Email Marketing

Subjek email merupakan kunci yang membuat email kalian akan dibuka serta dibaca penerima. Pergunakanlah subjek yang singkat, menarik dan juga menunjukkan manfaat yang diperoleh penerima ketika membuka email tersebut. trik ini bisa membantu kalian mendapatkan perhatian lebih dari pelanggan.

6. Menilai Keberhasilan Campaign di Email Marketing

Melakukan penilaian atau pengukuran keberhasilan kampanye email yakni dengan melihat tingkat klik, bukaan dan juga tingkat konversi email yang dikirimkan. Kalian bisa mengetahui efektivitas guna meningkatkan penjualan. Kalian juga dapat memakai alat analisis email marketing guna memberikan wawasan berharga dalam mengoptimalkan strategi.

7. Melihat Email Marketing Melalui Sudut Pelanggan

Sebagai pemilik usaha kalian terjebak untuk membuat isi email yang hanya berfokus pada promosi layanan atau produk. Akan tetapi sangat penting untuk bisa melihat email dari sudut pelanggan maupun calon pelanggan.

Pastikan jika konten yang dibuat memberikan nilai serta manfaat yang signifikan bagi penerima, jadi para pelanggan maupun calon pelanggan akan mau membeli dari kalian.

8. Mewaspadai Email Masuk ke Folder Spam

Ketika email yang dikirimkan masuk ke folder spam sudah pasti tidak akan sampai ke pelanggan. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pastikan kalian tidak memperoleh daftar email tanpa persetujuan dari pemilik email atau kalian bisa melakukan pembelian daftar email melalui penyedia daftar email yang berbayar.

  • Pastikan mendapatkan daftar email calon pelanggan dengan cara yang benar, yakni meletakan menu subscribe di website.
  • Mengirimkan email memakai IP Address yang sebelumnya belum pernah dipakai untuk aktivitas email spam.
  • Mengirimkan email memakai domain yang telah diverifikasi.
  • Memberitahukan ke target penerima untuk memasukkan email kalian ke white list di address book mereka.
Penggunaan Email Marketing yang Benar

Menggunakan Email Marketing dengan Benar Mampu Meningkatkan Konversi Penjualan

Tentunya di dalam pengimplementasian teknik email marketing secara efektif, kalian perlu memastikan jika sisi email mampu memberikan nilai serta manfaat signifikan untuk pelanggan. Sampaikanlah penawaran menarik dan berikan informasi berharga serta jadwalkan pengiriman email secara tepat supaya tidak akan mengganggu pelanggan.

Baca Juga:  Apa Itu Cost Per Lead (CPL)? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Lewat kombinasi antara personalisasi, strategi segmentasi, pemanfaatan sosial media dan juga pengukuran keberhasilan maka kalian bisa membangun suatu strategi email marketing secara efektif guna meningkatkan penjualan serta memperkuat hubungan di antara para pelanggan.

Jadi itulah hal-hal yang perlu kalian ketahui mengenai teknik email marketing. Sudah pasti sebelum memfokuskan diri ke salah satu strategi pemasaran, ada baiknya kalian memahami terlebih dahulu apa itu digital marketing.

Coding Studio merupakan tempat yang tepat untuk mempelajarinya terutama bagi kalian para pemula. Kurikulum yang tersedia sudah bertaraf internasional dan selalu update sehingga kalian akan selalu bisa mendapatkan materi terbaru.

Related Articles