12 Manfaat Google Analytics untuk Bisnis dan Cara Menggunakannya

12 Manfaat Google Analytics untuk Bisnis dan Cara Menggunakannya

Bagi pemilik bisnis, manfaat Google Analytics sangat luar biasa terutama untuk memahami lalu lintas pada website. Alat ini akan sangat bermanfaat di dalam mengumpulkan informasi terkait dengan pengunjung serta membuat keputusan berdasarkan dengan data.

Mengenal Apa Itu Google Analytics

Mengenal Apa Itu Google Analytics

Google Analytics merupakan duplikasi kode yang nantinya ditempatkan pada website kalian. kode tersebut memungkinkan untuk dilakukan pelacakan siapa saja yang mengunjungi website serta tindakan yang diambil ketika berada di situs tersebut.

Bisa dikatakan Google Analytics mempunyai manfaat yang luar biasa dan bisa kalian manfaat terutama para pelaku usaha.

Manfaat Memakai Google Analytics

Tentunya terdapat manfaat Google Analytics ini untuk melakukan pelacakan terhadap pengunjung website. Namun lebih jauh dari itu berikut ini beberapa manfaatnya.

Manfaat Memakai Google Analytics

1. Gratis

Manfaat yang pertama yakni kalian bisa mengumpulkan informasi dan data secara gratis dan juga mudah. Ini bisa dijadikan opsi lain terutama bagi kalian yang tidak memiliki dana untuk melakukan pembelian data legal.

2. Penginstalan Mudah

Pemasangannya tergolong sangat mudah yakni cukup dengan cara menyalin kode pelacakan lalu tempelkan ke bagian header website kalian. Setelah itu Google Analytics siap untuk digunakan.

3. Membantu Menetapkan Tujuan

Manfaat lainnya yakni membantu kalian dalam menetapkan target audiens di website. Hal-hal itu dapat dimulai dari tahapan pengisian formulir, panggilan terjadwal dan lainnya.

Kalian hanya perlu mempersiapkan tujuan bisnis potensial dan lakukan pelacakan dari tujuan tari secara konsisten menggunakan Google Analytics.

Baca Juga:  Tahapan Belajar Digital Marketing dan Tujuannya

4. Mengoptimalkan Situs Web

Setelah mempunyai akses untuk ke metrik situs web, maka kalian bisa membuat keputusan untuk usaha berdasarkan pada data nyata. Pastinya ini akan menguntungkan dikarenakan kalian tidak perlu lagi membuat keputusan buta hanya berdasarkan asumsi saja.

5. Melihat Pengunjung Secara Real-Time

Kalian bisa melihat pengunjung secara nyata yang mana artinya kalian dapat melihat pengunjung yang berada di situs kalian saat itu juga. Hal ini termasuk juga dengan lokasinya, halaman apa yang dibuka dan lainnya.

6. Mengetahui Halaman Paling Populer Menggunakan Metrik

Manfaat Google Analytics lainnya yakni mengetahui mana halaman populer pada website. Sehingga kalian dapat segera mengoptimalkan lalu berfokus ke laman tadi untuk mendorong tindakan.

7. Rasio Pentalan

Hal yang dimaksudkan di sini yakni siapa saja yang membuka situs kalian namun keluar sebelum masuk ke halaman lainnya. Tingginya rasio pentalan bisa menjadi penanda kecepatan pemuatan situs yang rendah ataupun buruknya konten halaman. Ketika rasio pentalannya rendah maka kalian mempunyai banyak pengunjung yang terlibat.

8. Waktu Rata-Rata Halaman

Menggunakan alat ini kalian bisa menemukan berapa rata-rata dari para pengunjung yang ada di halaman website kalian apakah menghabiskan waktu yang cukup lama atau sebaliknya.

9. Durasi Sesi

Manfaat ini berbeda dari penjelasan sebelumnya karena durasi sesi hanya akan melakukan pengukuran waktu rata-rata pada seluruh situs web secara keseluruhan yang dihabiskan oleh pengunjung.

10. Jumlah Pengguna

Manfaat besar lainnya yang bermanfaat untuk bisnis yakni kalian bisa mengetahui banyaknya pengguna yang datang berkunjung ke website setiap hari, minggu, bahkan tahun. Kalian bisa mengetahui soal hari apa dalam waktu seminggu tadi yang menghasilkan lalu lintas terbanyak dan juga waktunya.

11. Usia

Manfaat lainnya yakni menunjukkan demografi situs yang berbeda. bahkan terdapat metrik usia yang mana menunjukkan usia pengguna yang datang berkunjung ke situs kalian.

12. Jenis Kelamin

Tidak hanya usia, Google Analytics bisa berguna untuk mengukur presentasi lalu lintas dari web kalian berdasarkan jenis kelamin seperti laki-laki dan perempuan.

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

Setelah mengetahui manfaat Google Analytics maka berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakannya.

Baca Juga:  Apa Itu Performance Marketing? Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Cara Kerjanya

1. Analisis Data

Alat ini bisa digunakan untuk melakukan analisis beberapa data sekaligus. Kalian bisa memanfaatkan dashboard yang berisikan beberapa widget. Caranya masuk saka ke customization lalu pilih dashboard. Selanjutnya klik create dan pilih jenisnya dan ketikan nama dashboard dan klik create, maka data akan ditampilkan sesuai keinginan.

2. Apa yang Dicari oleh Pengunjung

Ketika mengisikan konten di website, biasanya kalian akan terbiasa memakai kata kunci menggunakan search bervolume tinggi. akan tetapi hal tersebut bukanlah jaminan para pengunjung mencari topik tersebut. Maka dari itu, kalian perlu memahami tentang apa yang banyak pengunjung cari.

Ketika mengetahui hal tersebut maka kalian bisa mengolahnya ataupun membuat konten menggunakan topik lebih sesuai sehingga target pengunjung bisa lebih tepat dan mengerucut. Menggunakan Google Analytics begini cara yang bisa dilakukan.

  • Bagian reports, bukalah behavior
  • Selanjutnya pilih site content, kemudian all pages
  • Lakukan pengurutan dari page views tertinggi
  • Nantinya kalian bisa mengecek pentalan rata-rata serta rata-rata waktu berkunjung

3. Demografi Pengunjung

Cara menggunakan lainnya untuk mengetahui demografi pengunjung seperti rata-rata usia pengunjung website, jenis kelamin dan lainnya. Berikut ini adalah caranya

  • Buka reports dan klik audience
  • Klik overview agar bisa mengetahui demografi secara umum
  • Untuk mengetahui jenis kelamin dan usia, klik demographic
  • Untuk lokasi pengunjung, pilih geo
  • Untuk ketertarikan pengunjung, pilih interestJadi itulah yang bisa kalian ketahui tentang manfaat Google Analytics dan juga cara untuk menggunakannya.

Jika tertarik mendalami soal data analisis maka bisa mengambil kursus digital marketing di Coding Studio, tempat kursus berkualitas dengan banyak pilihan kelas bisa dimanfaatkan. Bahkan untuk kursus tersedia pilihan offline dan online yang pasti sangat menguntungkan.

Related Articles