Pivot Table Adalah Pengolah Data Super Mudah

Pivot Table Adalah Pengolah Data Super Mudah

Terkadang kalian berhadapan dengan banyak data yang tergolong kompleks sehingga diperlukan pengolahan yang lebih baik untuk pengelolaan ratusan hingga ribuan data. Pivot table adalah solusi yang bisa kalian gunakan untuk melakukan analisis data.

Pivot table ini merupakan salah satu fitur yang terdapat di Excel dan dapat mempermudah penggunaannya di dalam pembuatan laporan serta analisis data secara cepat.

Bahkan untuk pengoperasiannya tidak tergolong sulit. Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai pivot table maka simak informasi berikut ini.

Pengertian Pivot Table

Pivot table adalah suatu ringkasan data yang dikemas menggunakan tabel interaktif supaya memudahkan serta membantu kalian dalam membuat laporan serta menganalisisnya dengan cara melihat perbandingan data yang dimiliki.

Pengertian Pivot Table

Jadi secara singkat pivot table berguna untuk merangkum, mengeksplorasi, mengelompokkan, menghitung, mempresentasikan, dan menganalisis data.

Menariknya lagi kalian dapat mengubah layout ataupun tampilan data pivot tabel untuk membuat laporan serta analisis data yang sesuai dengan kebutuhan. Kegunaan dari pivot table yakni untuk menghemat waktu serta membuat pekerjaan jadi lebih efisien.

Berikut ini merupakan manfaat yang diperoleh dari rancangan pivot table yakni:

a. Menampilkan data query di dalam jumlah besar dengan banyak cara yang mudah dipakai oleh pengguna.

b. Bisa melakukan subtotal serta agregat data numerik, merangkum data menurut kategori serta subkategori, membuat perhitungan dan juga rumusnya disesuaikan.

c. Memindahkan baris ke kolom ataupun kolom ke baris guna melihat ringkasan yang berbeda pada sumber data.

d. Untuk mengelompokkan, mengurutkan, menyaring, dan memformat dengan bersyarat subset data paling berguna serta menarik sehingga dapat membantu kalian supaya lebih fokus ke informasi yang diinginkan.

e. Menyajikan laporan secara ringkas serta menarik.

f. Membantu memfokuskan hasil serta menelusuri detail ringkasan dara pada area yang dicari.

Baca Juga:  Kelas Excel: Tips Belajar dan Manfaatnya

g. Membuat visualisasi data memakai pivot chart.

Jadi secara sederhana kegunaan dari pivot table yaitu bisa untuk meringkas data di dalam jumlah besar secara mudah ketika kalian melakukan analisis data numerik menggunakan detail data jadi kesimpulannya bisa ditarik secara mudah.‍

Nilai Fungsi Pivot Table

Penggunaan fitur ini mempunyai tujuan supaya semua data yang kalian pilih dapat disajikan secara ringkas berdasarkan beberapa parameter ataupun penilaian tertentu yang diperlukan serta sesuai dengan data.

Nilai Fungsi Pivot Table

Tidak hanya berguna mempercepat proses pengambilan keputusan, akan tetapi banyak fungsi lain yang bisa kalian ketahui seperti berikut.

a. Membuat penyajian data menggunakan beberapa tampilan berbeda menggunakan sumber yang sama.

b. Melakukan pemindahan field ke kolom berbeda.

c. Kalkulasi serta pengumpulan beberapa field dari data numerik menggunakan banyak cara.

d. Menentukan field yang ditampilkan ke proses ringkasan data serta penyajian laporan.

e. Melakukan filtrasi dalam menampilkan nilai data yang disajikan.

f. Menyajikan pivot chart menggunakan pivot table yang telah ada.

g. Membuat variasi laporan pada satu pivot table yang serupa.

Setelah melihat fungsi di atas maka dapat ditarik kesimpulan jika kelebihan yang ada pada pivot table adalah kalian tidak perlu repot-repot dalam mengurutkan data guna memperoleh subtotal. Sehingga kalian dapat menyesuaikan data yang diolah semau kalian.

Cara Mudah Menggunakan Pivot Table

Setelah mengetahui manfaat dan fungsi dari pivot table maka informasi lain yang perlu diketahui yakni cara membuat pivot table untuk melakukan analisis data.

Hal penting yang perlu diketahui sebelum menggunakan pivot table adalah kalian perlu membuat sumber data yang akan dianalisis ke worksheet ataupun baris di kolom excel. Sumber daya ini berguna supaya kalian lebih mudah ketika melakukan input data.

Terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan ketika membuat pivot table yakni:

a. Usahakan membuat nama heading yang berbeda pada setiap kolomnya.

b. Pastikan tebal data tidak mempunyai baris ataupun kolom kosong, serta tidak ada subtotal.

c. Hanya diperbolehkan membuat satu baris heading.

Baca Juga:  Diagram Batang: Pengertian, Contoh dan Cara Pembuatan

Tersedia dua cara yang bisa digunakan untuk membuat laporans serta analisis data menggunakan pivot table. Pertama yaitu menggunakan tabel lalu cara kedua dengan memakai chart.

Adapun beberapa langkah yang memang wajib dilakukan dalam pembuatan pivot table yaitu.

a. Pilih kolom sel yang nantinya akan disisipkan pada pivot table.

b. Setelah itu maka pilih sisipkan lalu klik pivot table.

c. Cari menu selanjutnya lalu temukan “Pilih data yang ingin Anda analisis”. Kalian pilih saja “Pilih tabel atau rentang”.

d. Perlu diketahui jika memilih “Tambahkan Data Ini ke Mode Data” mempunyai fungsi menambah tabel yang dipergunakan untuk pivot table.

e. Kalian dapat klik “Tambahkan data ini ke model data” yang mana ini berfungsi menambahkan tabel yang digunakan pada pivot table.

f. Kalian dapat klik “Lembar kerja baru” ataupun “Lembar kerja yang sudah ada” guna meletakan pivot table pada lembar kerja baru. Kalian dapat menampilkan pivot table baru menggunakan car aini.

g. Selesai tekan “Ok”.

Terdapat perbedaan pembuatan pivot table selain di Microsoft Windows seperti Mac. Jika kalian memakai Excel pada Mac 2011 ataupun versi lebih mana maka cara berikut ini bisa dilakukan.

a. Pilih sel, caranya klik “Sisipkan” lalu pilih “Pivot Table”.

b. Pembuatan pivot table manual terletak pada tab data serta grup analisis.

c. Pilih tempat untuk meletakan laporan pivot table.

d. Nantinya kalian dapat memilih lembar kerja baru ataupun lembar kerja yang telah ada.

e. Pilih sel yang kalian inginkan untuk meletakan pivot table.

f. Jika sudah selesai klik OK.

Itulah informasi mengenai cara paling umum untuk membuat pivot tabel. Sebenarnya pembuatan menggunakan Microsoft dan Mac tidak jauh berbeda. Kalian bisa menggunakan contoh data pivot table jika ingin mulai belajar menggunakannya.

Teknik Lain Untuk Menggunakan Pivot Table

Menggunakan pivot table tidak selalu dengan cara menyalin data menggunakan tabel ataupun chart. Tentunya teknik lain dalam menyajikan data pada pivot table adalah berikut ini.

Baca Juga:  Rest API adalah: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan

a. Teknik Multi Value Field

teknik ini memungkinkan kalian menampilkan data field lebih dari satu pada area value di pivot table. Jadi secara singkat kalian dapat membuat dua value yang berbeda menggunakan sumber data yang sama. Tentunya teknik ini bisa digunakan untuk belajar pivot table dengan lebih mendalam.

b. Teknik Grouping Data

Teknik ini hanya bisa dipergunakan di bagian field rows. Tujuannya yakni untuk meringkas yang caranya dengan mengelompokkan data di pivot table excel.

Melihat penjelasan di atas maka bisa ditarik kesimpulan jika pivot table adalah suatu fitur yang dapat memudahkan kalian dalam pengelolaan data dalam jumlah besar dan banyak.

Jika ingin menambah skill selain pivot table terutama di dunia IT maka jangan ragu mengikuti kursus di Coding Studio. Paket kursus beragam dengan harga yang sangat ramah di kantong merupakan salah satu keunggulannya.

Related Articles