Virus Worm Adalah? Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Tips Menghindarinya

Virus Worm Adalah Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Tips Menghindarinya

Worm adalah malware yang bisa menggandakan diri lalu menyebarkannya ke dalam semua jaringan tanpa adanya campur tangan dari pengguna. Berbeda dengan jenis malware lain, virus wom tidak harus melampirkan diri ke dalam program ataupun file host.

Jenis virus ini cukup populer karena sering kali menginfeksi sistem dan program komputer. Serangan dari worm sendiri bisa berimbas pada kerusakan file yang terdapat dalam komputer, misalnya error ketika membuka file.

Apa Itu Worm?

Jadi, apa itu worm? Ini merupakan sebuah malware yang bisa menggandakan diri yang mana hasilnya serupa dengan induknya. Ketika sudah menggandakan diri, kemudian worm menyebar ke dalam komputer lain tanpa membutuhkan bantuan pengguna. Namun melalui jaringan seperti MAN, LAN, WAN dan jaringan internet.

Apa Itu Worm

Masuknya virus worm adalah suatu hal yang berbahaya karena bisa mengakibatkan dampak buruk. Misalnya ketidaknyamanan ketika menggunakan perangkat, kerusakan sistem hingga merusak hardware.

Jenis Worm

Jenis worm terbagi ke dalam empat jenis berdasarkan cara penyebarannya, sebagaimana penjelasan berikut ini.

Email worm

Email worm merupakan virus yang menyebar dengan memanfaatkan email sebagai media penyebarannya. Biasanya email mempunyai baris subjek yang membuat korban tertipu dan membukanya.

Virus ini biasanya tersemat berupa file ekstensi, misalnya mp4.exe yang membuat Anda berpikir jika lampiran tersebut adalah file media, bukan virus.

Instant Messaging Worm (IM Worm)

IM Worm akan menyerang dengan cara mengirim URL yang berbahaya. URL ini juga sering kali disertai pesan singkat yang mampu membangkitkan rasa ingin tahu. Misalnya “Dapatkan voucher gratis di sini!”. Sehingga banyak orang yang tergiur dan klik URL yang sebenarnya adalah virus worm.

Baca Juga:  Belajar Kursus Cyber Security dan Cara Kerjanya

Internet Worm

Internet worm ini merupakan jenis paling independen ketika proses infeksi dan penyebarannya. Ketika Anda menggunakan komputer yang sudah terinfeksi untuk jelajah web, maka worm bisa memindai kerentanan tersebut.

P2P Worm

P2P (Person to Person) worm merupakan media penyebaran dengan cara pertukaran file antara pengguna komputer. Tanpa Anda sadari, sudah mengirimkan file yang berisi virus worm kepada teman Anda melalui instant messenger atau kontak email.

Cara Kerja Virus Worm

Cara Kerja Virus Worm

Setelah Anda memahami worm adalah virus yang berbahaya untuk komputer, selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara kerja virus komputer ini. Cara kerja virus worm yaitu dengan memanfaatkan kesalahan konfigurasi yang terdapat dalam jaringan komputer dan loophooles dalam sistem operasi lalu memanfaatkan kelemahan dari aplikasi tersebut.

Baca Juga: Bandwidth Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Saat proses penggandaan, virus worm memanfaatkan sumber daya dari bandwidth jaringan. Inilah yang mengakibatkan saat worm bekerja, maka perangkat komputer Anda akan panas padahal sedang menjalankan program ringan.

Ciri-Ciri Serangan Worm

Ciri-Ciri Serangan Worm

Ciri serangan worm bisa Anda identifikasikan melalui beberapa tanda berikut ini.

  • Ada aktivitas yang tidak biasa dalam komputer
  • Menurunnya performa komputer, loading yang lambat dan terlampau sering lag
  • Terdapat program berjalan otomatis meskipun Anda tidak mengonfigurasikannya
  • Sistem operasi tidak merespons dan mengalami freeze
  • Sering menerima notifikasi dari firewall
  • Terdapat berbagai error aplikasi, hardware dan sistem operasi
  • Terlalu banyak chat dan email yang terkirim otomatis, padahal Anda tidak mengirimkannya
  • Terdapat file yang berubah bentuk hingga terhapus
  • Banyak add ons yang terinstall dalam web browser padahal Anda tidak melakukannya
  • Ada file dan ikon yang asing sering muncul dalam browser ataupun komputer

Contoh Serangan Worm

Worm adalah bentuk nyata yang bisa Anda lihat melalui beberapa contoh berikut ini.

Morris Worm

Contoh serangan worm pertama adalah jenis internet worm yang muncul pertama kali tahun 1988. Virus ini merupakan proyek penelitian Robert Morris, mahasiswa pascasarjana Cornell University. Dalam percobaan ini, worm sudah menginfeksi 600 komputer dengan persentase 10 persen dari total komputer.

Baca Juga:  Apa Itu Adware? Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

Storm Worm

Storm worm merupakan virus yang mengandalkan email untuk menyebarkannya. Kasus ini pernah terjadi Januari 2007 di Eropa. Korban serangan ini menerima email yang isinya hoax mengenai badai yang berpotensi terjadi di Eropa.

Baca Juga: Waspada Phising! Kenali Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

Sejak inilah, email banyak hacker manfaatkan agar bisa memikat pengguna untuk membuka lampiran file yang berupa virus. Jika file ini dibuka, worm secara otomatis akan menyebarkannya pada daftar kontak yang Anda miliki.

Tips Menghindari Worm

Agar Anda terhindar dari dampak buruk dari virus worm ini maka bisa simak tips menghindari worm berikut ini.

Jangan Membuka Link Mencurigakan

Jika Anda menerima chat atau email, pastikan terlebih dahulu siapa pengirimnya. Apabila Anda tidak mengenali si pengirim, sebaiknya waspadai pesan tersebut. Terlebih jika link tampak mencurigakan, biasanya merupakan malware yang berbahaya untuk sistem komputer Anda.

Jangan Akses Internet yang Tidak Aman

Saat Anda berada di ruang publik, sering kali menyediakan WiFi yang tersedia untuk pengunjung. Meskipun WiFi gratis, namun jaringan WiFi umum ini sebenarnya tidak aman.

Sebab, risiko terserang virus menjadi semakin besar, terlebih jika jaringan WiFi tersebut tidak menggunakan password. Hal ini semakin memudahkan worm menyusup ke dalam komputer Anda. Barulah worm menyebar ke dalam komputer lainnya yang terdapat dalam jaringan WiFi ini.

Menggunakan Antivirus

Pastikan Anda menggunakan antivirus dan rutin melakukan update. Antivirus akan membantu melindungi komputer Anda dari ancaman virus yang akan masuk. Jika tampak aktivitas mencurigakan, maka antivirus akan menampilkan notifikasi.

Itulah penjelasan tentang worm adalah jenis virus yang dapat menggandakan diri untuk menyerang sistem komputer Anda. Pastikan Anda memahami tentang IT untuk menguasai tentang malware dan virus, caranya dengan mengikuti kursus Coding Studio

Related Articles