Cara Kerja Hacker dan Cara Terhindar dari Peretasan

Di era yang serba digital seperti saat ini, penasaran dengan gak cara kerja hacker? Ya, hacker atau peretas kerap dikenal sebagai orang yang meretas suatu web hingga aplikasi untuk keuntungan mereka sendiri. Adapun cara kerja hacker juga cukup beragam sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Cara Kerja Hacker dalam Meretas

cara kerja hacker

Sebagai seorang hacker, peretasan banyak dilakukan dengan membuka suatu situs atau melakukan aktivitas di internet sesuai target. Meski demikian, ada juga beberapa aktivitas lain yang tidak jarang dilakukan oleh para hacker tersebut. Berikut di antaranya.

Peretasan kata sandi

Meretas kata sandi sejatinya merupakan hal yang cukup sering kita temukan. Hacker tentu akan menggunakan beragam cara untuk mendapatkan kata sandi dari akun orang yang ingin diserangnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mencoba menebak setiap kombinasi dan kemungkinan password.

Hacker juga dapat menggunakan algoritma sederhana yang dapat menghasilkan campuran kombinasi berbeda antara angka, huruf, bahkan simbol untuk membantu upaya mereka dalam proses identifikasi kombinasi password tersebut. Tujuannya juga sama, yakni untuk membobol akun, baik email, media sosial, dan sebagainya.

Teknik atau cara kerja hacker lain yang juga seringkali digunakan, yakni dengan metode serangan kamus. Metode ini dilakukan dengan suatu program dengan cara memasukkan kata-kata umum ke dalam bidang kata sandi. Jadi, kita dapat melihat apakah kata-kata tersebut berfungsi atau tidak.

Infeksi dengan malware

Seorang hacker juga dapat menyusup ke dalam perangkat milik pengguna untuk memasang virus atau malware. Cara ini tentu terbilang cukup ekstrem karena hacker akan senantiasa menargetkan calon korbannya melalui berbagai perangkat seperti email hingga pesan instan.

Melalui notifikasi tersebut, pengguna akan mendapatkan pesan yang mengharuskan mereka mengklik atau mendownload suatu aplikasi atau file. File inilah yang kemudian akan menyebarkan virus malware yang dapat membuat komputer terinfeksi dan merusak sistemnya.

Baca Juga:  SOC Adalah: Pengertian, Fungsi, Peran dan Perbedaan dengan NOC

Memata-matai email

cara kerja hacker

Ada juga hacker yang senantiasa akan memata-matai email dari pengguna atau korbannya. Adapun cara kerja yang dilakukan yakni dengan membuat kode yang memungkinkan hacker dapat mencegat dan membaca email tersebut.

Saat ini, sebenarnya saat ini sebagian besar program email sudah menggunakan rumus enkripsi sehingga meskipun hacker dapat mencegat pesan, namun mereka tidak dapat membacanya. Meski demikian, bukan berarti Anda akan tetap aman karena hacker akan mencari celah sekecil apapun untuk memuluskan tujuannya.

Perekaman keyboard

Anda mungkin tidak menyadari, beberapa program khusus memungkinkan para peretas untuk melacak setiap kata dan tombol yang Anda input menggunakan keyboard komputer. Adapun cara kerja hacker menggunakan program ini yakni jika diinstall, maka segala ketikan yang Anda masukkan akan direkam sehingga peretas dapat menyusup untuk mencuri data dan privasi Anda.

Hal ini sudah pasti akan sangat berbahaya karena kita tidak selalu tahu apakah di komputer kita terdapat program tersebut. Selain itu, tentu saja Anda musti waspada dengan berbagai software yang tidak dikenal terutama yang membutuhkan akses keyboard.

Rekayasa sosial

Rekayasa sosial merupakan teknik manipulatif yang dirancang untuk mengeksploitasi kesalahan manusia guna mendapatkan akses ke informasi pribadi. Hacker biasanya juga akan menggunakan identitas palsu dengan berbagai trik psikologis sehingga Anda bisa langsung mengungkapkan informasi yang sifatnya privasi.

Beberapa data tidak jarang mereka curi, misalnya informasi keuangan, data-data gambar dan foto, maupun hal-hal pribadi lainnya. Hacker dengan cara kerja yang satu ini juga tidak jarang akan mengandalkan metode lain seperti phising, email spam, pesan instan, bahkan situs web palsu agar tujuannya tercapai.

Membuat komputer zombie

Komputer zombie atau bot merupakan komputer yang dapat digunakan oleh peretas guna mengirimkan spam atau serangan DDoS (Distributed Denial of Service). Tentunya, cara kerja seperti ini akan membuat para korban rugi karena datanya rentan terkena serangan dan spamming.

Bagaimana tidak, cara kerja hacker dengan cara ini cukup cerdik dan licik. Setelah korban meng-klik atau mengeksekusi kode yang tidak diketahuinya, maka koneksi dengan komputer peretas akan terbuka. Secara diam-diam, hacker akan mengendalikan komputer korban, menggunakannya tanpa tanggung jawab, bahkan dapat melakukan kejahatan dan menyebarkan spam.

Baca Juga:  Apa Itu Keylogger? Pengertian, Cara Kerja, Jenis dan Cara Menghindarinya

Program akses pintu belakang

Para hacker biasanya juga akan membuat suatu program untuk jalur yang tidak terlindungi ke dalam sistem dan komputer. Para hacker juga dapat memperoleh akses belakang dari sistem computer yang tidak terlindungi dengan maksimal.

Adapun akses pintu belakang yang dilakukan yakni dengan menginfeksi komputer atau sistem dengan Trojan yang dibuat oleh hacker untuk mendapatkan dan mencuri data penting tanpa disadari oleh para pengguna alias para korbannya.

Pemanfaatan wifi yang tidak aman

Alih-alih memakai kode yang berbahaya untuk menyusup ke dalam komputer seseorang, hacker mungkin hanya akan memanfaatkan jaringan nirkabel terbuka alias wifi. Terlebih, hal tersebut dikarenakan tidak semua orang benar-benar bisa mengamankan router mereka sehingga dapat dimanfaatkan oleh para hacker yang sengaja mencari koneksi terbuka yang tidak aman.

Aktivitas atau cara kerja hacker seperti ini kerap disebut dengan wardriving. Setelah hacker terhubung pada jaringan yang tidak secure atau aman, mereka hanya perlu melalui suatu keamanan tingkat dasar untuk mengambil alih akses ke suatu perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut.

Mudahnya Menghindari Cara Kerja Hacker yang Licik

cara kerja hacker

Serangan hacker dan kejahatan di dunia maya memang sangat berbahaya, namun bisa dihindari dengan mudah. Sayangnya, tidak banyak orang menyadari akan hal ini sehingga mereka seakan acuh tak acuh dengan bahaya tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa tips berikut untuk tetap mengamankan data-data yang sifatnya pribadi.

  • Tidak sembarangan membagikan data pribadi

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan untuk menghindari cara kerja hacker yakni dengan menjaga data-data pribadi supaya tidak diketahui oleh orang lain secara sembarangan. Jangan pernah memasukkan data pribadi apapun kecuali web tersebut sudah benar-benar dipastikan aman.

  • Menggunakan VPN

VPN merupakan layanan koneksi yang memungkinkan Anda untuk mengunjungi suatu website secara aman dan privat. Cara kerja VPN ini yakni dengan merubah lajur koneksi melalui server kemudian menyembunyikan atau menyamarkan pertukaran data yang dilakukan. Hal ini seringkali membuat hacker merasa sulit untuk menemukan celah informasi dan data yang Anda akses di internet.

  • Cek ulang perizinan aplikasi
Baca Juga:  Mengenal Jaringan 5G, Pengertian, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

Ketika akan menginstal suatu aplikasi, Anda biasanya akan diminta menyetujui suatu perizinan, entah izin kamera, lokasi, dan sebagainya. Ada baiknya Anda cek lagi dan tidak langsung mengizinkan semua akses kemudian disesuaikan kembali sesuai kebutuhan. Itulah beberapa penjelasan mengenai cara kerja hacker dan bagaimana meminimalisir pengaruh kerja hacker yang begitu membahayakan tersebut.

Nah, semoga informasi kami bermanfaat dan bisa membuka wawasan Anda mengenai hacker yang membahayakan! cek link ini untuk belajar lebih dalam cara kerja hacker.