Firewall Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Firewall Adalah Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Firewall adalah sistem keamanan yang fungsinya melindungi jaringan komputer agar terhindar dari serangan luar. Misalnya serangan dari malware, virus, cyber attack dan sebagainya yang bisa menghampiri sewaktu-waktu. Serangan ini dapat menimbulkan kerugian untuk penggunaannya.

Apalagi jika Anda memanfaatkan internet untuk melakukan transaksi keuangan dengan memasukkan informasi kartu kredit dan nomor ponsel pada platform tertentu. Hacker bisa dengan mudah mencuri data-data penting Anda untuk keuntungan pribadi.

Pengertian Firewall

Seperti penjelasan sebelumnya, firewall adalah sistem keamanan yang berguna untuk melindungi jaringan komputer dari berbagai serangan. Peran firewall dalam jaringan komputer di sini sebagai tembok pembatas dari jaringan internet.

Pengertian Firewall

Melalui tembok pembatas ini, Anda bisa mengatur berbagai data, aktivitas dan informasi yang boleh masuk ke dalam jaringan internet menuju ke komputer. Secara garis besar, seperti itulah pengertian firewall.

Fungsi Firewall

Mengetahui apa itu firewall mungkin masih kurang cukup tanpa memahami fungsinya secara lebih lanjut. Yuk simak berikut ini penjelasan tentang fungsi firewall.

Fungsi Firewall

Melindungi Data

Ketika Anda mengakses internet tanpa mengontrol aktivitas lalu lintasnya, maka peluang terkena peretasan data. Biasanya hacker melakukan peretasan untuk memperoleh informasi penting Anda.

Namun hal ini bisa Anda cegah dengan cara mengaktifkan sistem perlindungan yang berasal dari firewall. Sehingga Anda bebas mengakses internet secara aman dan nyaman.

Block Konten

Firewall juga berfungsi memblokir konten web yang berasal dari alamat spesifik dalam perangkat komputer. Anda bisa mengatur sendiri akses alamat URL yang boleh dan tidak boleh pada perangkat Anda.

Monitoring Bandwidth

Selanjutnya, firewall berguna untuk membatasi sekaligus memonitor bandwidth. Anda bisa menetapkan batasan pada tiap konten, baik berupa gambar, musik, video ataupun hiburan. Kemudian Anda tentukan sendiri manakah konten yang sesuai dengan keinginan, misalnya konten kursus IT Coding Studio.

Baca Juga:  9 Hacker Indonesia Paling Ditakuti Kepresidenan dan NASA

Akses Layanan VPN

Terdapat fasilitas fitur VPN yang berguna untuk mengakses berbagai jenis konten atau web yang sudah diblokir pihak provider. Hal ini penting untuk meningkatkan produktivitas serta sistem sharing data yang Anda implementasikan.

Manfaat Firewall

Manfaat Firewall

Lebih lanjut, apa saja sih manfaat firewall yang bisa Anda dapatkan? Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Komputer Lebih Aman

Manfaat pertama dari firewall adalah menjadikan komputer lebih aman. Sebab, perannya sebagai tembok pembatas yang mampu menahan serangan berbagai jenis malware. Terlebih saat ini, hampir semua komputer pasti terkoneksi ke jaringan internet.

Web Bersih

Bukan hanya memberikan perlindungan pada komputer saja, namun juga menjadikan web tetap bersih dan bebas dari serangan. Sebab, terdapat firewall yang gunanya untuk melindungi server agar web di dalamnya bersih.

Menghindari Kerugian

Firewall mampu melindungi data pribadi Anda dari serangan hacker. Jika Anda tidak menggunakannya, kemungkinan besar terdapat orang yang mencuri data pribadi untuk kepentingan mereka. Bahkan bisa juga digunakan untuk melakukan penipuan atas nama diri Anda.

Baca Juga : 5 Jenis Cyber Attack yang Rentan Terjadi!

Belum lagi jika terjadi pembobolan kartu kredit yang semakin menguras kantong Anda. Hal ini tentu saja sangat merugikan Anda secara pribadi.

Mencegah Konten Berbahaya

Selanjutnya, firewall juga bisa mencegah akses konten yang berbahaya. Yang mana peran firewall bisa memblokir berbagai konten yang tidak Anda inginkan. Misalnya untuk anak di bawah umur, Anda bisa mengatur konten berbahaya untuk tidak bisa diakses oleh mereka.

Jenis-Jenis Firewall

Berikut ini jenis-jenis firewall yang harus Anda pahami.

Next Generation

Next generation bentuk terbaru yang memiliki tiga fitur penting, yaitu pengecekan, evaluasi dan penentuan identitas paket. 

Packet Filtering Firewall

Pengecekan paket sistem berupa validasi alamat IP, tipe, nomor port dan lainnya. Kelebihannya adalah ringan serta tidak terlalu berpengaruh terhadap performa sistem.

Proxy

Populer dengan sebutan application level gateway yang memproses nilai dari sumber paket dan isinya. Nantinya muncul perbedaan saat Anda menggunakan proxy firewall.

Baca Juga:  Framework Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Stateful Inspection

Fungsi utama dari jenis ini adalah pengecekan sumber paket serta membuka isinya. Secara otomatis akan meningkatkan sistem keamanan sekaligus performa komputer.

Cara Kerja Firewall

Cara kerja firewall sebenarnya tidak terlalu rumit. Komputer memiliki ribuan port yang dapat Anda gunakan mengakses berbagai informasi yang berasal dari internet.

Ketika perangkat terkoneksi ke internet, lalu firewall menyaring berbagai data yang Anda akses secara otomatis. Sehingga komputer terjaga dari potensi serangan hacker yang mampu mencuri data-data Anda.

Konfigurasi Firewall

Firewall berperan penting dalam keamanan jaringan sehingga perlu konfigurasi secara tepat agar terlindungi dari serangan siber dan kebocoran data.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengonfigurasikan nama domain dengan alamat IP agar keamanan terjaga. Konfigurasi ini bisa berdasarkan jenis jaringan, misalnya privat atau publik. Anda bisa mengaturnya untuk mengizinkan atau memblokir akses agar terhindar dari potensi peretasan ataupun malware.

Contoh Firewall

Contoh firewall paling sederhana yaitu Windows Firewall yang sudah terpasang bagi seluruh komputer pada Sistem Operasi Windows secara default. Windows Firewall merupakan jenis host-based yang berguna untuk melindungi komputer dari berbagai jaringan yang terkoneksi.

Tiap kali Anda menginstall software baru pada perangkat, program ini akan berjalan secara otomatis memeriksanya, apakah terdapat hal yang mencurigakan. Jika iya maka akan muncul pada tampilan jendela peringatan.

Itulah penjelasan tentang firewall adalah sistem keamanan layaknya tembok pembatas dari komputer dan jaringan internet. Untuk membangun sebuah firewall perlu keahlian IT yang bisa Anda dapatkan dengan kursus IT Coding Studio yang menyediakan paket kursus online dengan dukungan tenaga pengajar profesional.

Related Articles