Manfaat Cyber Security: Menjaga Keamanan untuk Perusahaan

Setiap perusahaan saat ini membutuhkan seorang cyber security untuk menjaga keamanan data dan mengembangkan keamanan perusahaan secara optimal. Terlebih, saat ini akses internet merupakan hal yang mudah dilakukan banyak orang, bahkan sudah menjadi hal yang wajib bagi seorang cyber security untuk menjamin keamanan data perusahaan dari kejahatan siber yang memiliki berbagai risiko.

manfaat cyber security

Melindungi Perusahaan dari Kejahatan Siber

Manfaat cyber security salah satunya adalah melindungi perusahaan dari kejahatan siber. Berbeda dengan ancaman fisik yang lebih mudah diantisipasi dan dipetakan secara lebih jelas, risiko keamanan siber tidak menentu karena bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Dalam kondisi paling parah, serangan siber ini bahkan bisa membuat suatu perusahaan merugi dan bangkrut.

Lantas, apakah ada cara mudah untuk mengatasinya? Bagaimana pula sebaiknya langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut? Nah, berikut 8 langkah antisipasi yang bisa diterapkan.

manfaat cyber security

Melatih pegawai perusahaan

Manfaat cyber security dalam keamanan siber, faktor manusia memang menjadi hal yang cukup krusial. Jika ada kesalahan, tentu bisa berakibat fatal yang membahayakan sistem perusahaan. Oleh karena itu, dalam setiap perusahaan ada baiknya mengantisipasi risiko tersebut dengan sejumlah pelatihan keamanan siber.

Pelatihan ini sudah pasti akan membantu karyawan dalam menangani berbagai kendala yang berkaitan dengan serangan siber. Adapun pelatihan yang bisa dilakukan yakni dengan tidak sembarangan membuka link pada email, tidak asal menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi yang asing, dan sebagainya.

Dengan adanya pelatihan cyber security ini, tentu saja akan menjadi manfaat cyber security untuk karyawan menjadi lebih siap dengan sejumlah risiko yang bisa saja terjadi. Selain itu, ada baiknya juga jika pelatihan diberikan oleh mereka yang sudah profesional sehingga pelatihan dapat lebih bermakna.

Baca Juga:  Hybrid Cloud adalah Sistem Cloud Dengan Banyak Keunggulan

Mencadangkan data secara berkala

Sejatinya, kita tidak akan dapat dengan mudah memprediksi kapan akan terjadi kegagalan sistem. Padahal, kegagalan sistem akibat kejahatan siber bisa mengakibatkan data-data perusahaan hilang. Ketika hal tersebut tiba-tiba terjadi dan Anda tidak memiliki cadangan data, maka akan berakibat fatal.

Oleh karena itu, manfaat cyber security ada baiknya jika Anda senantiasa melakukan pencadangan data secara berkala. Cara ini memang tidak serta merta terkait langsung dengan keamanan siber, namun langkah tersebut bisa sangat membantu untuk memulihkan data perusahaan jika terjadi serangan siber.

Dengan melakukan back up data secara rutin, semua informasi dan konfigurasi akan tersimpan dalam jaringan dan dapat diakses setiap waktu. Anda juga dapat memanfaatkan fitur automated back up yang banyak ditawarkan oleh platform CMS sehingga pencadangan dapat dilakukan secara berkala dengan cepat dan mudah.

Mengimplementasikan program deteksi ancaman

Manfaat cyber security

Anda mungkin sudah mengenal adanya program antivirus. Di skala yang lebih kecil, program ini memang dapat memberikan peringatan dan perlindungan yang memadai apabila ada potensi bahaya yang berisiko. Akan tetapi, untuk skala yang lebih besar program ini dapat memiliki kapasitas yang lebih untuk mendeteksi adanya kejanggalan dan ancaman serangan. Ini juga pengetahuan penting tentang manfaat cyber security.

Anda dapat mengaplikasikan program tersebut untuk mendeteksi ancaman cyber security yang jauh lebih komprehensif. Selain itu, program ini bisa mendeteksi berbagai ancaman asing. Untuk memasang program ini secara lebih maksimal, Anda juga dapat bekerja sama dengan vendor terkait dan terpercaya guna memastikan keamanan data dan menghindari risiko bisa saja terjadi secara tiba-tiba.

Menggunakan multi-factor authentication

Otentifikasi multifaktor yang menjadi manfaat cyber security ini merupakan suatu proses otentifikasi yang memerlukan lebih dari satu layer verifikasi. Umumnya, otentifikasi ini dipakai untuk masuk dan mengakses sistem dan suatu jaringan. Tentunya, dengan beberapa kali kode untuk sistem keamanan yang lebih baik.

Muti-factor authentication sejatinya bisa sesederhana memasukkan kata sandi yang dapat diingat secara mudah. Akan tetapi, otentifikasi ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan kode tertentu dari pesan teks dan aplikasi manajemen password. Dengan cara ini, tentu saja akun pengguna akan dinilai lebih aman dibandingkan dengan otentifikasi yang jauh lebih sederhana.

Baca Juga:  CSRF (Cross Site Request Forgery): Pengertian, Jenis dan Cara Mencegahnya

Otentifikasi dengan beberapa layer ini akan meminimalisir terjadinya peretasan karena akan membingungkan dari sisi hacker. Memang cara ini terkesan agak ribet meskipun tidak benar-benar ampuh, namun jika dilakukan maka keamanan data akan terbilang jauh lebih terjamin.

Menggunakan VPN di saluran koneksi

Virtual Private Network (VPN) bisa digunakan sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan keamanan siber dari suatu perangkat dan menjadi manfaat cyber security dari sistem aplikasi jaringan perusahaan. Hal ini karena VPN bekerja sebagai tameng yang akan melindungi Anda dari berbagai jaringan yang rentan terkena ancaman siber dengan cara kerja yang lebih sederhana.

Bisa dibilang, VPN akan membantu pengguna menjaga keamanan cyber security maupun keamanan perangkat dari berbagai serangan hacker dan ancaman siber lainnya. Cara kerjanya yakni dengan mentransfer semua data melalui aplikasi, kemudian akan dienkripsi sedemikian rupa melalui simbol-simbol rahasia untuk mendapatkan keamanan lebih.

Mengutamakan aset perusahaan

Para hacker sejatinya akan selalu berusaha mencari celah keamanan untuk menembus sistem yang sudah ada. Entah melalui jaringan router, firewall, bahkan berbagai perangkat lain yang terhubung pada suatu perusahaan. Apabila celah tersebut berhasil ditembus, maka hacker akan dapat mengakses jaringan dan mengubahnya ke kanal lain sebelum mencuri informasi penting dari internal perusahaan.

Oleh karena itu, sebagai pemilik perusahaan Anda wajib mengamankan seluruh aset tersebut dengan melakukan konfigurasi yang baik, pembaruan software dan hardware secara berkala, serta melindunginya dengan password yang kuat. Dengan begitu, keamanan data perusahaan yang penting akan selalu tetap aman tanpa perlu khawatir dengan serangan hacker.

Update software

Salah satu cara yang cukup sederhana dan manfaat cyber security yang dapat Anda lakukan untuk membuat cyber security perusahaan semakin meningkat yakni dengan memperbarui software secara berkala. Pasalnya, ancaman siber saat ini lebih banyak menargetkan perangkat dan jaringan dengan software yang usang.

Selain itu, software yang tidak update tentu akan lebih mudah dieksploitasi dan diambil oleh orang lain. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, selalu pastikan software dan semua perangkat yang perusahaan gunakan diperbarui secara rutin, terlebih software untuk penyimpanan informasi dan data di internet.

Baca Juga:  Kursus Cyber Security di Indonesia

Pengujian keamanan secara rutin

Langkah ini bisa menjadi salah satu langkah akhir yang tentu saja dapat memastikan apakah kelemahan pada sistem masih terjadi. Selain itu, Anda juga dapat memastikan manfaat cyber security apakah masih ada celah pada sistem yang rentan terkena peretasan.

Beberapa pengujian bisa dilakukan, mulai dari pengujian celah keamanan, batas perimeter, pengecekan penetrasi sistem, dan lainnya. Anda juga bisa bekerja sama dengan para ahli untuk memastikan keamanan tersebut berjalan dengan baik.

Demikian beberapa informasi mengenai cara meningkatkan cyber security di kalangan perusahaan. Tentunya, melindungi data-data perusahaan bukanlah tanggung jawab satu atau dua pihak, namun semua karyawan yang ada di dalamnya haruslah memiliki kesadaran yang tinggi terhadap risiko siber yang bisa saja terjadi. Nah, semoga informasi di atas bisa menjadi referensi dan cek link ini untuk belajar manfaat Cyber Security lebih lanjut ya!

Related Articles