Open DNS: Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Di era digital saat ini, akses internet menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Namun dibalik kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh internet terdapat juga risiko soal keamanan, privasi dan efisiensi. Untungnya ada solusi yang dapat membantu mengatasi masalah ini, salah satunya dengan menggunakan Open DNS.

Open DNS adalah layanan sistem Domain Name System (DNS). Sebelum kita masuk ke dalam cara menggunakan Open DNS mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Open DNS, sejarah dan fungsi dari Open DNS yang memberikan Anda manfaat sebagai pengguna internet untuk memastikan keamanannya.

Pengertian Open DNS

Pengertian Open DNS

Open DNS adalah sistem yang menyediakan layanan resolusi nama domain menjadi alamat Internet Protocol (IP) yang dapat dimengerti komputer atau perangkat. Dibandingkan dengan DNS standar yang disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP), Open DNS memiliki kemampuan lebih unggul untuk menyediakan fitur-fitur keamanan tambahan, kontrol orang tua, pemantauan aktivitas dan meningkatkan kinerja akses internet.

Sejarah Open DNS

Open DNS didirikan pada Juli 2006 oleh David Ulevitch. Tujuan utama layanan ini untuk meningkatkan kinerja akses internet dengan menyediakan alternatif DNS yang lebih cepat dan aman dibandingkan dengan layanan DNS bawaan penyedia internet.

Sekarang Open DNS mulai memperluas jangkauan layanan dengan menambahkan fitur-fitur keamanan seperti perlindungan dari situs web berbahaya, proteksi dari serangan malware, kontrol orang tua dan untuk memantau aktivitas internet terhadap konten-konten yang tidak aman.

Peran Open DNS dalam Internet

Fungsi utama Open DNS adalah meningkatkan keamanan internet penggunanya. Open DNS membantu pengguna untuk dapat memblokir akses ke situs berbahaya yang dapat membahayakan perangkat atau mencuri data pribadi pengguna. Open DNS mempercepat waktu resolusi nama domain sehingga pengguna dapat mengakses situs web dengan lebih cepat, lancar dan aman.

Baca Juga:  Disrupsi Digital Adalah: Pengertian, Dampak dan Cara Menghadapinya

Fungsi Open DNS

Berikut beberapa manfaat dan fungsi Open DNS:

Perlindungan Terhadap Serangan Malware

Open DNS memiliki fitur yang dapat memblokir akses ke situs yang menyebarkan malware yang berhubungan dengan aktivitas phishing, web berbahaya dan konten tidak aman. Open DNS melindungi perangkat pengguna dari infeksi malware dan menjaga keamanan sistem secara keseluruhan.

Perlindungan Terhadap Serangan Malware

Open DNS memiliki fitur yang dapat memblokir akses ke situs yang menyebarkan malware yang berhubungan dengan aktivitas phishing, web berbahaya dan konten tidak aman. Open DNS melindungi perangkat pengguna dari infeksi malware dan menjaga keamanan sistem secara keseluruhan.

Pemantauan Kontrol Orang Tua

Open DNS adalah layanan yang menyediakan fitur kontrol orang tua untuk membatasi konten tidak aman yang dapat diakses oleh anak-anak atau anggota keluarga. Fitur ini menciptakan lingkungan internet yang aman dan efisien.

Pemantauan Jaringan

Open DNS menyediakan fitur pemantauan jaringan yang memungkinkan pengguna untuk melihat lalu lintas data dan aktivitas jaringan secara terperinci. Hal ini membantu pengguna dalam memahami penggunaan internet mereka, mengidentifikasi potensi masalah dan mengoptimalkan kinerja jaringan.

Cara Menggunakan Open DNS

Cara Menggunakan Open DNS

Setelah kita membahas arti dari Open DNS dan fungsi dari Open DNS sekarang kita akan membahas cara menggunakan Open DNS. Yuk kita simak cara menggunakannya.

Registrasi dan Konfigurasi Akun Open DNS

  • Kunjungi web Open DNS dan buat akun dengan alamat email dan kata sandi yang Anda pilih.
  • Setelah mendaftar, verifikasi akun Anda melalui tautan yang dikirimkan ke alamat email yang Anda daftarkan.
  • Masuk ke akun Open DNS menggunakan akun yang telah Anda buat.

Pilih Layanan Open DNS

  • Setelah masuk, pilih jenis layanan Open DNS yang ingin Anda gunakan.
  • Pilihan seperti Family Shield (kontrol orang tua) atau Home (pengaturan kustom).

Penyesuaian Pengaturan DNS pada Router (Pengaturan Global)

  • Masuk ke halaman administrasi router menggunakan alamat IP router dan akun admin.
  • Cari bagian pengaturan DNS, biasanya berada di bagian seperti “Internet” atau “Network”.
  • Isi alamat server DNS Open DNS:
DNS Utama: 208.67.222.222

DNS Cadangan: 208.67.220.220
  • Simpan pengaturan dan reboot ulang router untuk menerapkan perubahan.
Baca Juga:  5 Jenis Cyber Attack yang Rentan Terjadi!

Penyesuaian Pengaturan DNS pada Perangkat

1.  Windows

Buka Pengaturan pilih Jaringan dan Internet kemudian ke Ubah pengaturan jaringan lalu Ubah opsi adapter

Klik kanan pada koneksi aktif, pilih Properties.

Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu ke menu Properties.

Gunakan opsi “Use the following DNS server addresses” dan masukan DNS Server OpenDNS

2.  Mac

Buka Preferensi Sistem kemudian pilih Jaringan lalu Pilih koneksi dan Advanced.

Di tab DNS, klik “+” untuk menambahkan DNS Server Open DNS

3.  Android

Buka Pengaturan pilih Jaringan dan Internet pilih Wi-Fi lalu tekan pada jaringan yang terhubung kemudian pilih Ubah jaringan.

Pilih “Advanced Options” dan ubah pengaturan DNS ke Open DNS

4.  iOS

Buka Pengaturan pilih Wi-Fi kemudian tekan i ikon kecil di sebelah jaringan terhubung kemudian pilih Konfigurasi DNS.

Pilih “Manual” dan tambahkan server DNS Open DNS
Mengoptimalkan Pengalaman Online dengan Open DNS di Coding Studio

Mengoptimalkan Pengalaman Online dengan Open DNS di Coding Studio

Open DNS adalah layanan yang dapat membantu Anda untuk dapat fokus pada pengembangan kode tanpa khawatir tentang risiko-risiko keamanan yang mungkin mengintai di internet. Anda juga dapat mengakses sumber daya online dengan lebih cepat dan lancar, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses pengembangan.

Di Coding Studio, kami memahami bahwa betapa pentingnya keamanan dan kinerja internet dalam mendukung produktivitas dan kreativitas dalam mengembangkan aplikasi dan web. Itulah mengapa kami merekomendasikan penggunaan Open DNS kepada semua klien dan pengguna kami. Jika ingin lebih mengerti mengenai Open DNS, Anda bisa mengikuti kursus di Coding Studio.

Related Articles