Apa itu Cloudflare? Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu Cloudflare Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Cloudflare adalah sebuah jaringan yang digunakan untuk mengirim konten di mana jaringan ini berperan sebagai proxy yang bisa menghubungkan sebuah website dengan pengguna internet. Biasanya yang menggunakan jaringan ini ingin membuat loading website yang dimiliki menjadi lebih cepat.

Agar bisa membuat hal tersebut terjadi sebaiknya baca ulasan mengenai fungsi dan kelebihan Cloudflare berikut ini.

Fitur Utama Yang Dimiliki Cloudflare

Cloudflare memiliki banyak sekali fitur unggulan yang bisa dipakai pengguna secara bebas seperti beberapa fitur yang akan diulas berikut ini.

Fitur Utama Yang Dimiliki Cloudflare

Mirroring

Konten yang ada di website bisa menjadi Mirror di setiap data center yang ada di Cloudflare. Hal inilah yang nantinya bisa membuat website menjadi lebih teroptimasi dengan cepat saat ada pengunjung yang lokasinya jauh dari server utama.

Caching

Fitur Cloudflare ini bisa menghemat bandwidth hosting pengguna terutama saat web hosting yang dipakai memiliki limit pada bandwidth. Adanya fitur ini bisa membuat koneksi milik pengguna berjalan dua arah yaitu ke server dan juga ke web visitor.

Analytics

Fitur ini membantu pengguna dalam melakukan monitoring terhadap semua aktivitas yang terjadi di website milik pengguna. Aktivitas yang di monitoring contohnya adalah jumlah request yang ada selama 24 jam terakhir dan juga jumlah unit visitor. Selain itu, juga bisa membantu menganalisis informasi mengenai bandwidth yang dimiliki selama 24 jam penuh.

Railgun

Fitur railgun yang ada di Cloudflare adalah salah satu fitur unggulan karena mampu meningkatkan kecepatan website milik pengguna sampai 300%. Meskipun fitur ini sangat berguna tapi tidak semua pengguna bisa menggunakannya karena hanya pengguna yang menggunakan Cloudflare versi berbayar saja yang bisa memakai fitur ini.

Baca Juga:  Data Engineer: Pengertian, Tugas, Skill dan Toolsnya

Firewall

Pengguna Cloudflare tidak perlu merasa takut data yang ada di website hilang karena Cloudflare sudah memiliki fitur firewall yang dapat melindungi website dari peretas. Selain bisa melindungi, juga bisa memblokir IP yang berasal dari negara lain sehingga pengguna bisa menentukan pengunjung mana saja yang bisa mengakses website.

Fungsi Utama Cloudflare

Selain memiliki banyak sekali fitur ternyata Cloudflare juga memiliki banyak fungsi yang bisa dirasakan oleh pengguna. Penjelasan mengenai fungsi Cloudflare bisa dilihat berikut ini.

  • Memonitoring traffic yang dianggap berbahaya di website
  • Meningkatkan kinerja website karena server proxy yang digunakan tersebar di banyak negara
  • Meningkatkan kecepatan akses pada visitor website
  • Bisa mengurangi penggunaan sumber daya server
  • Bisa dimanfaatkan menjadi cache content statis untuk web situs

Kalau ada yang masih bingung apa itu Cloudflare sebaiknya ikuti kursus IT yang diadakan oleh Coding Studio. Untuk kursusnya sendiri diadakan secara online dan para staf pengajar di Coding Studio merupakan praktisi yang berpengalaman.

Kelebihan dan juga Kekurangan Cloudflare

Kelebihan dan juga Kekurangan Cloudflare

Cloudflare meskipun banyak yang menggunakan tapi jaringan ini masih tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dirasakan pengguna waktu menggunakan jaringan ini. Kelebihan dan kekurangan Cloudflare tersebut bisa dilihat langsung berikut ini.

Kelebihan Cloudflare

Kelebihan jaringan ini tidak hanya memiliki banyak fitur tapi ada juga kelebihan lainnya seperti yang ada di bawah ini.

  • Bisa menyembunyikan alamat IP dari web hosting pengguna sehingga hacker merasa kesulitan tidak dapat menyerang server yang digunakan pengguna.
  • Bisa membuat web cache sehingga resource untuk membuat website bisa menjadi lebih cepat dan mengurangi beban server.
  • Pengguna bisa menggunakan nameservers yang disediakan jaringan dan bisa juga menambahkan host DNS record di sana.
  • Cloudflare adalah sebuah layanan yang menawarkan fitur-fitur gratis untuk digunakan pengguna yang ingin menambahkan domain lebih dari satu dalam waktu yang sama.
  • Bisa memberikan perlindungan secara maksimal pada semua serangan DDoS dengan cara mengubah web security pengguna.
  • Memberikan pelayanan terbaik dalam bentuk cache data saat website pengguna sedang mengalami down sampai akhirnya normal kembali.
  • Bisa membantu pengguna memblokir akses dari negara tertentu sehingga data-data di website menjadi lebih aman.
Baca Juga:  Apa Itu Virtex? Tujuan dan Cara Mengatasinya

Kekurangan Cloudflare

Meskipun kelebihan Cloudflare ada banyak, tapi ada juga kekurangan yang nantinya bisa dialami langsung pengguna saat menggunakannya. Seperti saat terjadi kendala atau error pada Cloudflare biasanya website tidak dapat diakses sama sekali meskipun hosting milik pengguna sedang berjalan normal.

Kekurangan lainnya adalah mempunyai mode “I’am under attack” yang membuat Cloudflare mengubah status keamanan website pengguna dengan melakukan pengeblokan serangan DDoS yang menyerang website termasuk crawl robots yang berasal dari search engine

Cara Membuat Akun Cloudflare 

Cara Membuat Akun Cloudflare 

Untuk bisa memiliki akun di Cloudflare caranya tidak begitu sulit, tinggal ikuti beberapa cara membuat akun di Cloudflare berikut ini.

Akses Website Cloudflare

Sebelum membuat akun harus mengunjungi terlebih dahulu situs Cloudflare kemudian klik “Under Attack?” yang posisinya berada di bagian pojok kanan atas halaman awal Cloudflare. Jika sudah, tinggal membuat akun dengan menulis alamat email dan password yang digunakan. Selanjutnya pilih menu “Create account now” untuk membuat akun baru.

Memasukkan Domain 

Setelah akun berhasil dibuat selanjutnya tinggal memasukkan domain untuk situs dengan memilih menu “Add site”. Cloudflare selanjutnya akan scan catatan DNS yang berasal dari domain website, biasanya proses ini memakan waktu sampai 1 menit. Kemudian tinggal klik next saja setelah proses scan selesai.

Memilih Plan dan Melakukan Verifikasi 

Langkah terakhir membuat akun di Cloudflare adalah memilih paket yang disediakan Cloudflare sesuai dengan kebutuhan dan klik menu “Confirm Plan”. Pengguna tinggal menunggu proses verifikasi selesai biasanya akan memakan waktu sampai 72 jam. Kalau sudah selesai, pengguna sudah bisa menggunakan akun untuk berbagai macam kebutuhan.

Related Articles