Digital Learning Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Digital learning adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk menyampaikan materi supaya tujuan pembelajarannya tercapai. Digital learning sangat bermanfaat sebab metode pembelajarannya jadi lebih praktis dan fleksibel. Metode pembelajaran ini juga dapat diterapkan untuk berbagai kalangan.

Sistem pembelajaran ini sangat mudah diakses dan juga terdiri dari sejumlah bentuk sesuai dengan strategi serta metode pembelajaran yang dipakai. Setelah Anda memahami pengertian digital learning, agar Anda lebih memahami metode digital learning, maka simak juga penjelasan selengkapnya mengenai manfaat, contoh dan lainnya di bawah ini.

Manfaat Digital Learning

Metode pembelajaran ini terus meningkat dan menjadi terobosan baru di dunia pendidikan dengan memanfaatkan teknologi serta media digital dalam menyampaikan materi. Nah, manfaat menggunakan metode pembelajaran digital learning antara lain:

Manfaat Digital Learning

1. Praktis dan Fleksibel

Metode digital learning lebih praktis dan fleksibel karena bisa melakukan interaksi tanpa harus bertemu secara langsung. Itulah sebabnya, baik dari pengajar atau karyawan tidak harus memakan waktu dan tenaga untuk bertemu.

Tempat melakukan kegiatan belajar mengajar akan lebih fleksibel sebab bisa dilakukan di mana saja. Pengajar dan karyawan juga tidak perlu menggunakan pakaian yang formal dan dandan rapi.

2. Mendapatkan Pengalaman Belajar yang Menyenangkan

Manfaat dari digital learning adalah karyawan atau pelajar akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Metode pembelajaran satu ini sudah meninggalkan cara yang lama, seperti menggunakan papan tulis, spidol, pulpen dan sebagainya. 

Dengan adanya digital learning dapat mengganti format media belajar yang menarik, seperti video, foto atau audio. Metode ini juga akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan untuk karyawan atau pelajar.

Baca Juga:  Fixed Mindset: Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

3. Bisa Melakukan Pendekatan yang Tepat

Jika dibandingkan dengan metode konservatif, metode ini memakai metode pendekatan yang sesuai dengan pelajar di masa kini. Hal ini bisa didapatkan sebab di metode ini akan memanfaatkan teknologi yang lebih canggih dan tidak membosankan. 

Cara penyampaian materinya juga sangat mudah dengan gabungan formal dan informasi sesuai dengan kebutuhan. Peserta juga lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh pengajar sesuai dengan gaya mereka. 

4. Lebih Personal

Cara penyampaian materi di metode ini dapat dilakukan dengan satu arah atau dua arah sesuai kebutuhan. Pengajar dan peserta juga bisa memanfaatkan fasilitas forum diskusi yang disediakan untuk melakukan interaksi seperti dalam kelas. 

Pesertanya juga bisa bertanya dan berdiskusi langsung dengan pengajarnya. Cara ini membuat pengajar maupun peserta bisa menjalin interaksi lebih personal dan juga mendalam. 

5. Ramah Lingkungan

Tidak adanya catatan, maka peserta tidak membutuhkan lagi banyak kertas, pulpen dan yang lainnya. Hal ini membuat metode digital learning jadi lebih ramah lingkungan sebab secara tidak langsung mengurangi penggunaan bahan-bahan tersebut. 

6. Hemat Waktu dan Biaya

Manfaat lain dari digital learning adalah lebih hemat waktu dan biaya. Hal ini karena pengajar dan peserta tidak perlu datang ke tempat kursus untuk mengikuti proses pembelajaran. Saat ada pergantian mata pelajaran maupun ruang kelas juga tidak perlu berpindah karena hal ini dapat memakan waktu. 

Karyawan akan membutuhkan biaya untuk membeli buku, fotokopi materi dan yang lainnya. Dengan adanya digital learning, biaya tambahan tersebut dapat dipangkas dan mereka bisa berinteraksi langsung memakai media digital tanpa harus melakukan perjalanan. Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan perangkat untuk mengikuti proses pembelajaran dengan metode ini. 

Nah, itulah beberapa contoh manfaat metode digital learning yang bisa didapatkan. 

Bentuk Digital Learning

Bentuk Digital Learning

Digital learning mempunyai sejumlah bentuk yang umum digunakan, seperti:

1. Webinar

Webinar merupakan seminar online yang dilakukan oleh peserta dengan mendengarkan presentasi secara langsung dari pengajar yang ahli dalam bidangnya. Saat proses pembelajaran, peserta bisa berinteraksi dengan pengajar melalui sesi diskusi atau tanya jawab yang disediakan.

Baca Juga:  Planning Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Membuatnya

2. Kursus Online

Kursus online adalah metode digital learning yang sangat umum dilakukan. Peserta bisa mendaftarkan diri di kursus online yang disediakan untuk mengikuti materi pembelajaran melalui video, modul, tes hingga interaksi dengan pengajar.

3. Blended Learning

Blended learning adalah bentuk pembelajaran digital learning yang dilakukan dengan proses belajar mengajar campuran. Bentuk metode pembelajaran satu ini, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online dan tradisional bergantian atau memakai sistem rotasi.

Ada beberapa pilihan tambahan belajar online untuk pengajar yang ingin atau membutuhkan waktu ekstra untuk belajar.

4. Adaptive Learning

Bentuk lainnya dari digital learning adalah adaptive learning, yang merupakan metode pembelajaran yang memakai algoritma khusus untuk membuat rencana belajar serta materi setiap pengajar. Pembuatan materi serta rencana pembelajarannya sesuai dengan data keperluan setiap pengajar maupun memakai teknologi artificial intelligence.

Begitulah beberapa bentuk dari metode pembelajaran digital learning yang harus Anda pelajari.

Contoh Digital Learning

Contoh Digital Learning

Contoh metode digital learning yang bisa ditemukan adalah kursus online yang bisa Anda ikuti melalui Coding Studio, yaitu platform kursus IT online. Adanya platform kursus online seperti ini berperan aktif untuk membantu masyarakat mengakses pembelajaran digital dengan mudah dan berkualitas.

Ada banyak pilihan kursus yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Melalui program kursus online yang ditawarkan, Anda bisa mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang IT, seperti digital marketing, software engineering academy, data analytic academy dan sebagainya.

Berdasarkan penjelasan di atas, digital learning adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital untuk menyampaikan materi.