Pengertian Statistik dan Statistika dan Contohnya

statistik dan statistika

Olah data statistik menjadi aspek penting dalam berbagai industri untuk membutuhkan perhitungan tepat dari berbagai jenis data, terutama bidang data science. Selain statistik, Anda juga pernah mendengar statistika. Meskipun terlihat sama, pengertian statistik dan statistika sangat jauh berbeda.

Data statistik umum digunakan untuk membantu seseorang agar bisa menemukan kesimpulan dari beberapa data. Kemudian, ada statistika yang kerap disebut beriringan dengan statistik karena terdengar mirip, dan sering kali dianggap sama pula.

Untuk mengetahui perbedaannya, kami akan jelaskan pengertian statistik dan statistika. Meskipun masih saling berhubungan satu sama lain, ada perbedaan mencolok di antara keduanya.

Pengertian Statistik dan Statistika

statistik dan statistika

Statistik dan statistika memang terdengar mirip dan sering kali salah dalam penggunaan istilahnya. Namun, pengertian dari statistik dan statistika memiliki perbedaan yang jelas.

Pengertian dari dua istilah tersebut telah banyak dijelaskan dalam kalimat yang berbeda meskipun memiliki makna yang sama. Termasuk pengertian dari statistik dan statistika yang dijelaskan dalam bidang matematika dan pengertian oleh para ahli.

Pengertian Statistik serta Statistika Menurut Ilmu Matematika

Pengertian statistik dan statistika dalam matematika yaitu:

· Statistik

Data yang dikumpulkan dalam bentuk angka yang disajikan dalam tabel hingga grafik, yang nantinya akan diolah datanya.

· Statistika

Ilmu dari cabang matematika yang mempelajari cara untuk merencanakan, mengumpulkan, menghitung atau mengolah data, menganalisis, menyajikan data hingga menarik kesimpulan dari hasil analisis data.

Pengertian dari Statistik dan Statistika Menurut Para Ahli

Setelah pengertian dalam ilmu matematika, berikut ini merupakan pengertian statistik dan statistika menurut para ahli:

Statistik

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Statistik adalah data dalam bentuk angka yang acak kemudian dikumpulkan, diolah atau dianalisis, lalu dikelompokkan agar bisa memberi informasi secara jelas mengenai suatu masalah.

  • Anto Dajan
Baca Juga:  Apa itu Neural Network? Pengertian, Sejarah, Konsep dan Contohnya

Statistik merupakan data kuantitatif, baik data yang masih acak belum disusun ataupun sudah tersusun dalam bentuk table.

  • Sugiyono

Statistik merupakan data serta alat di mana hal secara luas digunakan untuk menganalisis agar bisa menentukan sebuah keputusan.

Statistika

  1. Anderson dan Bancroft

Statistik adalah ilmu dan seni untuk mengembangkan metode paling efektif yang digunakan untuk mengumpulkan dan menafsirkan jenis data kuantitatif agar kesalahan yang terdapat pada kesimpulan bisa dilakukan estimasi menggunakan penalaran induktif berdasarkan pada peluang atau probabilitas matematika.

  • Prof. Dr. Sudjana, M. A., M.Sc.

Statistik yaitu pengetahuan yang berkutat pada metode pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, serta menarik kesimpulan berdasarkan kumpulan dari data serta analisis data yang dilakukan.

  • Prof. Dr. H. Agus Irianto

Statistik merupakan kumpulan dari cara ataupun aturan-aturan yang memiliki keterkaitan dengan pengumpulan, analisis, penarikan kesimpulan dari data-data yang disajikan dalam bentuk angka menggunakan asumsi tertentu.

Perbedaan Statistik dan Statistika

statistik dan statistika

Statistik digunakan sebagai penyebutan untuk sekumpulan data yang akan dilakukan olah data. Biasanya, statistik lebih merujuk pada sampel dan digunakan untuk estimasi parameter. Lain halnya dengan statistika yang merupakan metode yang digunakan dalam olah data statistik.

Ada perbedaan antara statistik dan statistika yang bisa Anda ketahui dari berbagai aspek, setelahnya Anda akan tahu bahwa perbedaan tersebut sangat mudah untuk dipahami. Lalu, apa saja aspek yang membedakan statistik dan statistika?

1. Perbedaan Pengertian

Pada poin sebelumnya telah diketahui pengertian menurut ilmu matematika dan para ahli. Selanjutnya, kita akan membahas pengertian statistik dan statistika secara umum.

Dari pengertian kedua istilah ini, tentu memiliki penjelasan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut!

  • Pengertian Statistik

Statistik merupakan istilah penyajian dari data yang akan diolah yang masih berupa karakteristik sampel berupa tabel, diagram, atau grafik. Kemudian karakteristik dari populasi disebut sebagai parameter.

Melalui statistik, Anda tidak perlu melakukan perhitungan terhadap keseluruhan populasi, cukup lakukan estimasi parameter saja.

  • Pengertian Statistika

Statistika adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari perencanaan, pengumpulan, analisis, kemudian menginterpresentasikan data. Singkatnya, statistika merupakan ilmu yang digunakan untuk menentukan metode dalam olah data.

Baca Juga:  Contoh Paper Kuliah dengan Struktur yang Benar

Terdapat dua jenis statistika berdasarkan cara olah datanya, meliputi statistika deskriptif dan inferensia.

2. Perbedaan Tujuan

statistik dan statistika

Setelah mengetahui perbedaan dari aspek pengertian statistika dan statistik, selanjutnya adalah perbedaan dari aspek tujuan. Meskipun keduanya memiliki keterikatan dari segi pengumpulan data, olah data, dan analisis, statistik dan statistika memiliki perbedaan tujuan.

  • Tujuan Statistik

Jika melihat dari pengertian statistik yang merupakan pengkajian data dalam bentuk tabel ataupun grafik.

Kemudian, tujuan dari statistik yaitu mendapatkan gambaran jelas dari data yang sebelumnya telah dikumpulkan dan diolah. Setelahnya, kita bisa menarik kesimpulan dari gambaran data tersebut.

  • Tujuan Statistika

Berbeda dengan statistik, definisi statistika adalah metode yang digunakan dalam pengolahan data statistik yang dikumpulkan sebelumnya. Metode statistika tersebut digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Kemudian hasil dari olah data ini disebut dengan data statistik.

Sehingga, bisa diketahui jika tujuan statistika adalah membuat data yang tadinya dikumpulkan secara acak berubah menjadi data statistik yang mudah dipahami.

3. Perbedaan metode

Selanjutnya, yang membedakan statistik dan statistika adalah penggunaan metode.

  • Metode Statistik

Penggunaan metode pada statistik yaitu kumpulan data dalam bentuk bilangan maupun non-bilangan. Nantinya metode ini berfokus untuk memperoleh data untuk kemudian diolah datanya menggunakan metode dari statistika.

  • Metode Statistika

Jenis metode yang digunakan oleh statistika adalah metode eksperimen dan survei. Dua metode tersebut digunakan agar bisa untuk identifikasi dan analisis objek yang berasal dari responden.

Metode pada statistika berfokus untuk mengolah data yang telah dikumpulkan, nantinya data ini dikeluarkan dalam bentuk statistik.

4. Perbedaan Contoh

Dari segi definisi, tujuan, dan metode yang digunakan adalah berbeda, maka contoh dari statistik dan statistika juga berbeda.

Contoh Statistik:

  1. Perhitungan yang tinggal di Kota Jakarta tahun 2022.
  2. Perhitungan angka infeksi Covid sejak tahun 2020 hingga 2022.
  3. Statistik jumlah daerah yang kekurangan air bersih.
  4. Data kepemilikan kendaraan bermotor di suatu daerah.
  5. Data peserta BPJS di suatu daerah.

Contoh Statistika:

  1. Perhitungan nilai ujian nasional rata-rata di suatu wilayah.
  2. Pengolahan data perekonomian di suatu wilayah untuk menentukan tingkat kemiskinan.
  3. Perhitungan rata-rata tingkatan usia penduduk di suatu wilayah.

Kesimpulan

Statistik dan statistika tidak lepas dari bidang yang berkaitan dengan data science, seperti bidang pendidikan, bidang geografis, bidang sosiologi, hingga bisnis. Maka dari itu, pemahaman terhadap statistik dan statistika perlu dipelajari dengan baik agar tidak salah dalam penerapannya. Dari cara pengumpulan data, analisis atau olah data, metode yang digunakan, hingga penarikan kesimpulan.

Baca Juga:  Manajemen Risiko: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Itu dia pengertian statistik dan statistika beserta perbedaan dan contoh penerapannya. Dapat disimpulkan dengan singkat bahwa statistika merupakan kumpulan data berupa angka dan statistika sebagai alat untuk mengolahnya. Semoga bermanfaat!

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles