WordPress Adalah: Manfaat Kelebihan dan Jenisnya

wordpress adalah

Website merupakan salah satu yang sangat penting untuk bisnis ataupun pribadi. Salah satu jenis website yang banyak dimanfaatkan yaitu ada WordPress. WordPress saat ini menjadi andalan untuk website pribadi.

Apa Itu WordPress

wordpress adalah

WordPress adalah salah satu CMS atau Content Management System yang memiliki fungsi sebagai sebuah platform pembuatan website. CMS ini merupakan salah satu platform yang menawarkan layanan gratis tetapi memiliki kualitas website yang baik.

Pengguna juga bisa dengan mudah memodifikasi WordPress yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing seperti contohnya untuk fitur tambahan bisa dengan mudah ditambahkan oleh pengguna.

Pada awalnya WordPress banyak digunakan untuk perorangan kini sudah mulai banyak perusahaan yang menggunakan WordPress juga. WordPress ini menjadi salah satu yang populer di antara CMS lain.

Bagi Anda yang pemula maka harus mengetahui alamat yang biasanya digunakan untuk dapat mengakses WordPress. Alamat yang digunakan untuk mengakses WordPress adalah WordPress.org dan juga WordPress.com.

Manfaat dari WordPress

wordpress adalah

Setelah mengetahui apa itu WordPress maka Anda juga perlu mengetahui fungsi dan manfaat dari WordPress. Salah satu manfaat dari WordPress adalah menampilkan sebuah tulisan pada website sederhana. Tetapi tak hanya itu saja kini WordPress memiliki berbagai manfaat dan fungsi lainnya di antaranya sebagai berikut.

·       Membangun website portofolio

Apabila Anda ingin memamerkan karya yang sudah buat sebelumnya maka Anda bisa membuat website portofolio dengan menggunakan WordPress. Pembuatan portofolio dengan menggunakan website WordPress ini akan membuat karya Anda bisa dilihat oleh banyak orang.

Hal ini nantinya bisa membuat Anda untuk menambahkan berbagai fitur di dalamnya seperti galeri yang dengan mudah tampilannya bisa diatur. Hal ini tentu saja memudahkan semakin banyak orang untuk bisa melihat hasil karya Anda sendiri.

Baca Juga:  Apa Itu Full Stack Developer dan Skill-skill yang Wajib Dimiliki

Membuat website perusahaan apabila ingin membuat sebuah website perusahaan yang tampak lebih profesional maka Anda bisa menggunakan WordPress. CMS akan menyediakan berbagai fasilitas yang sesuai untuk website WordPress ini.

Salah satunya yaitu ada banyak pilihan tema yang bisa dipilih untuk Website bisnis Anda. Tema yang sudah disediakan juga sangat mudah untuk diatur. Sehingga apabila Anda ingin mendapatkan tampilan dengan tema yang dipilih maka hanya tinggal klik saja.

·       Membuat website forum

Fungsi dari WordPress adalah selanjutnya untuk membuat sebuah website komunitas. CMS ini bisa dibuat untuk membangun sebuah forum online yang memungkinkan untuk Anda mendapatkan beberapa fitur seperti website forum dengan sangat mudah.

Sebagai contoh Anda bisa memperbolehkan pengunjung website untuk membuat akun, untuk mengomentari postingan dari pengunjung lain, dan bahkan menambahkan postingan.

·       Membangun website berita dan blog

Manfaat yang paling umum dari WordPress adalah untuk sebuah blog dan berita. WordPress ini memang awalnya sebagai blogging platform yaitu fitur blog yang sudah tidak lagi diragukan.

Cara membuat blog baru di WordPress adalah salah satu hal yang perlu dipahami oleh setiap orang yang ingin membuat blog melalui WordPress ini. Halaman editor web WordPress ini tidak hanya sekedar untuk memasukkan teks dan juga media visual saja.

Bahkan jika Anda sudah mahir dalam menggunakannya Anda bahkan bisa menyisipkan konten dari platform lainnya seperti contohnya YouTube.

WordPress ini juga memiliki berbagai fitur seperti contohnya fitur untuk kategori konten. Fitur kategori ini bisa digunakan Anda untuk mengelompokkan konten menjadi lebih mudah.

·       Membuat toko online

Manfaat selanjutnya dari WordPress adalah yaitu bisa untuk berjualan online. Menggunakan marketplace online saja tetapi untuk berjualan Anda bisa menggunakan website dengan berbagai kemudahan seperti branding promosi dan pengaturan. WordPress ini bisa menjadi platform untuk Anda berjualan online dengan menampilkan produk yang akan dijual.

CMS menawarkan fitur khas dari toko online seperti di antaranya pengaturan untuk metode pembayaran, pengelolaan pesanan, perhitungan ongkos kirim secara otomatis, dan lain sebagainya. Semua bisa dilakukan dengan mudah menggunakan WordPress ini

Baca Juga:  Cumulative Layout Shift: Pengertian dan Cara Optimasinya

Kelebihan WordPress

wordpress adalah

Joomla dan WordPress adalah salah satu contoh dari CMS yang banyak dijadikan sebagai pilihan. Hal tersebut salah satunya karena WordPress memiliki banyak kelebihan. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari WordPress.

1.      Lebih hemat biaya

Apabila Anda memilih untuk menggunakan WordPress maka bisa diakses secara gratis. Tidak perlu lagi bingung untuk memikirkan biaya lisensi dan lain sebagainya.

WordPress ini bisa dibuat dengan biaya yang sangat murah. Jika ingin menggunakan hosting maka pilihlah layanan yang memiliki harga terjangkau.

2.      Update yang praktis

WordPress ini merupakan platform yang hadir dengan keamanan dan juga kecepatan yang baik. Selain itu fitur yang ada di WordPress juga lebih canggih.

Setiap versi terbarunya WordPress akan menawarkan peningkatan. Update besar seperti WordPress 5.9 memberi fitur terbaru serta kemudahan yang jauh lebih baik untuk menata tampilan dari sebuah website.

Yang terpenting yaitu untuk mengupdate WordPress ini tidak perlu repot hanya cukup klik tombol update saja.

3.      Instalasi mudah

Jika anda merupakan pengguna terbaru dari WordPress maka anda tidak perlu khawatir saat akan menginstall WordPress. Karena Anda tidak akan mengalami kesulitan pada saat menginstallnya hanya perlu beberapa langkah mudah untuk bisa menginstall sendiri.

Yang lebih menarik yaitu beberapa penyedia hosting bahkan sudah menawarkan untuk menginstall WordPress dengan satu kali klik saja.

4.      Memiliki banyak fitur tambahan

Kelebihan selanjutnya dari WordPress adalah memiliki banyak fitur tambahan dari plugin yang membantu untuk membuat website yang lebih fungsional. Plugin di software tambahan yang bisa Anda install di WordPress Anda.

Setiap plugin akan memiliki fungsi yang tersendiri seperti contohnya memiliki fungsi untuk menambahkan fitur ke website serta membantu meningkatkan kinerja dari website.

5.      Tampilannya mudah diganti serta diatur

Bagi Anda yang ingin menggunakan WordPress maka kelebihan selanjutnya yaitu memiliki tampilan website yang sangat mudah untuk diganti dan diatur. WordPress menjadi salah satu platform yang juga memberikan kemudahan dalam pengaturan tampilan.

Jenis WordPress

WordPress ini memiliki dua jenis yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Salah satu jenis dari WordPress adalah WordPress.com yang merupakan platform untuk membuat website secara gratis.

Baca Juga:  Website Developer: Definisi, Ruang Kerja dan Tugas-tugasnya

Layanan WordPress ini merupakan fasilitas hosting yang diberikan pihak WordPress untuk pelanggan yang tidak mau repot dalam membuat website.

Situs WordPress.org merupakan situs yang ditujukan untuk pengguna yang ingin membeli serta mengelola domain mereka sendiri. Bisa dibilang bahwa jenis WordPress ini merupakan WordPress yang berbayar.

WordPress adalah salah satu platform yang saat ini banyak digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami dengan detail apa manfaat serta kelebihan yang dimiliki oleh WordPress.

Itulah beberapa informasi yang harus Anda ketahui terkait dengan WordPress. Bagi Anda yang ingin membuat website maka bisa mencoba menggunakan WordPress ini.

Setiap kelebihan yang dimiliki oleh WordPress ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan platform website.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang juga

Related Articles