Apa itu Moodle? Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu Moodle Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya

Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment atau Moodle adalah salah satu platform yang saat ini banyak digunakan untuk menciptakan aplikasi e-learning. Mulai banyak yang menggunakan platform ini dikarenakan pengguna aplikasi e-learning semakin banyak jumlahnya sehingga terbuka peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

Bagi yang belum pernah menggunakan platform ini sebaiknya lihat ulasan berikut agar mengetahui fitur platform, kelebihan dan juga kekurangannya.

Sejarah dari Platform Moodle

Platform Moodle diciptakan pertama kali oleh Martin Dougiamas saat sedang menempuh pendidikan pascasarjana di salah satu universitas terbaik di Australia yaitu Universitas Teknologi Curtin. 

Sejarah dari Platform Moodle

Pada tahun 2002, Martin berhasil merilis versi awal platform ini dan mendapatkan gelar sebagai web master dan administrator system untuk instalasi web CT. Setelah versi pertama platform ini dikeluarkan mulai banyak yang menggunakan dan sampai sekarang platform ini sudah berkembang sangat pesat dan itulah sejarah Moodle.

Fitur Yang ada di Moodle

Platform ini setidaknya mempunyai 6 fitur utama yang memiliki fungsi berbeda-beda. Penjelasan mengenai fitur platform ini bisa langsung dilihat di bawah ini.

Fitur Yang ada di Moodle

Personalized Dashboard

Fitur ini merupakan dashboard Moodle yang sudah terintegrasi dengan sangat baik. Pada menu beranda atau halaman utama di platform ini sudah tersedia berbagai macam informasi penting seperti informasi kalender kegiatan dan juga daftar pengguna aktif platform yang sedang online.

Tampilan beranda platform ini bisa dicustomisasi oleh pengguna sesuai dengan ketentuan dan hak yang dimiliki pengguna. Ada tiga macam hak akses yang bisa dikelola oleh platform ini yaitu hak akses sebagai guru, administrator dan juga murid. Setiap user platform ini mempunyai peran dan fungsionalitas yang berbeda-beda.

Baca Juga:  6 Pekerjaan Coding yang Populer dan Gaji Yang Didapatkan

File Management

Fitur kedua Moodle adalah sebuah fitur yang berfungsi menambahkan sebuah file yang namanya sama seperti dengan mata pelajaran setiap pengguna. Untuk menambahkan file dengan fitur ini caranya adalah melakukan drag file dan kemudian drop file maka file yang akan ditambahkan bisa masuk secara otomatis. Fitur ini tidak hanya bisa menambahkan file baru tetapi juga bisa menambahkan folder dan juga alamat URL.

Peer Assessment

Fitur ini merupakan fitur unik yang dimiliki Moodle karena fitur ini bisa membuat pengajar meminta peserta atau siswa untuk memberikan nilai kepada siswa lain. Pengajar bisa bebas mengatur fitur ini dengan melibatkan peserta agar bisa mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Progress Tracking

Fungsi fitur Moodle yaitu mengawasi dan juga memberikan hasil evaluasi untuk setiap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Dengan adanya hasil evaluasi tersebut sehingga pengajar bisa langsung memberikan penilaian yang baik berdasarkan informasi atau data valid yang sudah didapatkan.

Inline Feedback

Untuk penjelasan apa itu Moodle ini adalah sebuah platform yang memiliki fitur inline feedback. Fitur ini akan membantu pengajar mengetahui teknik pembelajaran yang digunakan bagus atau tidak. Pengajar bisa mengetahui hal tersebut dikarenakan fitur ini bisa memunculkan hasil evaluasi secara langsung di aplikasi browser.

Fungsi Moodle

Fungsi Moodle ada banyak, di antaranya adalah memudahkan pencipta aplikasi dalam membuat tampilan sistem pada aplikasi manajemen pembelajaran online yang berbasis web. Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan platform untuk dijadikan model pembelajaran secara daring atau jarak jauh yang bisa diakses oleh pengajar dan juga murid saat proses sedang berlangsung.

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Moodle 

Setiap platform pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan seperti halnya platform Moodle ini. Penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Moodle bisa dilihat secara lengkap berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Moodle

Kelebihan Moodle

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki platform ini yang membuat banyak orang ingin menggunakannya dan berikut penjelasannya.

Aman dan Terintegrasi

Sistem keamanan yang dimiliki platform ini sangatlah bagus karena selalu rutin melakukan update untuk menjamin keamanan data milik pengguna dan juga menghindari praktik pencurian data saat mengakses platform ini.

Baca Juga:  SMTP: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya

Sistem integrasi platform ini juga sangat bagus karena memiliki fitur external collaborative tools yang bisa membuat pengguna lebih mudah menggunakan platform Moodle. Meskipun platform ini terbilang aman tapi ada baiknya untuk ikut kursus IT di Coding Studio agar bisa menggunakan platform Moodle dengan benar.

Menyediakan Dukungan Plugin 

Moodle juga menyediakan dukungan untuk berbagai macam plugin agar pengguna bisa menambahkan berbagai macam fungsi dan fitur pada aplikasi. Jumlah plugin yang dimiliki platform ini mencapai 1677 plugin yang bisa digunakan pengguna untuk memenuhi kebutuhan administrasi, penilaian dan lain sebagainya. 

Bersifat Open Source

Kelebihan Moodle adalah gratis, platform ini bisa diunduh dan diakses secara gratis atau memiliki sifat open source. Cukup dengan mengakses halaman website resmi platform ini bisa langsung mengembangkan tampilan media pembelajaran online sesuka hati.

Mudah Digunakan 

Pemula yang baru pertama kali menggunakan platform Moodle tidak akan mengalami kesulitan karena platform ini sudah menyediakan banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengemukakan portal pembelajaran atau membuat media pembelajaran untuk kelas berskala kecil.

Kekurangan Platform Moodle

Meskipun platform ini memiliki banyak kelebihan tapi platform Moodle juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya adalah membutuhkan hardware yang bagus meskipun platform ini bisa dipakai di smartphone ataupun di komputer.

Kekurangan lain dari Moodle adalah harus digunakan oleh orang yang berpengalaman. Sebab untuk bisa memakai platform ini harus memahami sistem dengan baik agar nantinya media pembelajaran yang dibuat bisa sesuai dengan kebutuhan dan bisa melakukan maintenance dengan baik.

Related Articles