Apa itu Reach? Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Apa itu Reach Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Reach adalah indikator penting dalam digital marketing yang berhubungan dengan sosial media, di mana informasinya bisa dijadikan semacam acuan. Reach sangat berguna untuk evaluasi dan untuk membuat perencanaan digital marketing yang lebih baik untuk perusahaan. Simak penjelasan kami mengenai reach mulai dari pengertian sampai dengan cara untuk meningkatkannya secara efektif.

Pengertian Reach

Pertama kalian perlu tahu dulu apa itu reach supaya kalian bisa memahaminya dengan baik dan juga memanfaatkan informasi tersebut. Reach merupakan jumlah total orang yang sudah melihat konten digital marketing yang kalian buat melalui sosial media yang digunakan. Reach sendiri tidak akan meningkat ketika orang yang sama menonton konten yang sama dua kali.

Pengertian Reach

Secara umum beberapa sosial media memang memiliki 3 jenis reach yang juga perlu untuk dipahami dengan baik. Berikut penjelasannya.

1. Organik

Reach organik berarti jumlah orang yang menonton konten tanpa ada bantuan apa pun dari fitur sosial media.

2. Berbayar

Reach berbayar itu berarti jumlah penonton yang didapatkan karena konten dipromosikan mempergunakan fitur ads atau iklan.

3. Viral

Reach jenis ini merupakan jumlah penonton yang berasal dari langkah share orang lain.

Manfaat Informasi Reach

Reach merupakan indikator yang sangat penting dalam digital marketing, karena memiliki cukup banyak manfaat untuk bidang digital marketing. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja manfaat mengukur reach. 

1. Evaluasi Kinerja 

Reach adalah alat yang bisa dipergunakan untuk melakukan evaluasi kinerja dari setiap program atau langkah dari digital marketing. Dari reach ini kita bisa tahu apakah langkah digital marketing sudah tepat atau mungkin perlu adanya perbaikan untuk hasil yang lebih baik. 

Baca Juga:  Kursus Cyber Security Academy

2. Identifikasi Target Penonton

Reach juga membantu identifikasi target penonton secara lebih pasti, sehingga sangat membantu proses digital marketing jauh lebih terarah. Mulai dari konten dan langkahnya akan bisa menyesuaikan dengan penonton dan kebutuhan mereka supaya lebih relate. 

3. Membantu Memilih Platform yang Tepat

Reach ini juga sangat membantu memilih platform yang tepat untuk melakukan digital marketing dengan lebih maksimal. Bila sudah tahu platform yang tepat maka bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan sumber daya untuk melakukan digital marketing. 

4. Memperbaiki Engagement

Reach juga memperbaiki engagement, karena memang reach ini adalah langkah awal untuk bisa mendapatkan engagement dalam satu konten. Pengukuran reach bisa membantu kita mengetahui kemungkinan engagement. 

Cara Sederhana Meningkatkan Reach 

Cara Sederhana Meningkatkan Reach 

Reach harus ditingkatkan untuk setiap langkah dalam digital marketing, dan cara meningkatkan reach sendiri ada beberapa. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa pilihan caranya. 

1. Membuat Konten yang Menarik

Konten yang menarik sudah pasti akan sangat membantu mendapatkan reach yang jauh lebih banyak dan juga lebih beragam. Konten yang menarik untuk setiap orang berbeda, sehingga mungkin perlu beberapa percobaan dan analisa menggunakan reach juga. 

2. Upload di Waktu yang Tepat

Upload pada waktu yang tepat sudah pasti akan bisa sangat membantu untuk mendapatkan reach yang jauh lebih banyak. Reach adalah jumlah penonton, sehingga upload pada waktu yang tepat sudah pasti akan jauh lebih mudah. 

3. Memanfaatkan Fitur Ads

Setiap sosial media saat ini sudah ada fitur ads yang bisa membantu konten kalian bisa ditampilkan ke lebih banyak orang. Bila bisa ditampilkan ke banyak pengguna sosial media, sudah pasti reach yang didapatkan akan jauh lebih banyak juga. 

Rumus Mengukur Reach 

Rumus pengukuran reach sendiri sebenarnya sederhana yakni dengan membagi impression dengan frequency dari konten yang kalian upload. Impression sendiri di beberapa sosial media bisa langsung ditemukan melalui mode analitik pada sosial media tersebut. Sementara untuk frequency sendiri rumusnya adalah impression dibagi dengan jumlah pengguna, ini merupakan rumus paling sederhana.

Baca Juga:  Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Contoh Penerapan Pengukuran Reach 

Ada beberapa contoh pengukuran reach yang bisa kita jumpai saat ini, karena memang sosial media pun ada banyak sekali. Reach adalah salah satu indikator yang dicari dan diperhatikan orang-orang untuk setiap sosial media yang ada saat ini. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Reach Media Sosial

Media sosial tentu saja memiliki reach yang bisa kalian akses dengan mudah melalui menu insight atau juga mode analitik. Hampir semua media sosial memang memiliki fitur ini untuk menjadi evaluasi dan petunjuk arah dalam membuat konten. 

2. Reach Web

Web juga sebenarnya memiliki reach, namun memang diperlukan adanya program khusus untuk menghitung reach web tersebut. Program analitik adalah program untuk mengetahui reach dari website. 

3. Fitur Ads

Fitur Ads di berbagai platform biasanya dilengkap dengan analitik untuk mengetahui informasi soal reach yang bisa didapatkan. Jadi data reach itu bisa langsung didapatkan melalui fitur Ads tersebut sebagai evaluasi kinerja iklan. 

Perbedaan Antara Reach dengan Engagement

Perbedaan Antara Reach dengan Engagement

Reach dengan engagement itu adalah 2 hal berbeda namun berhubungan satu sama lain dalam sebuah digital marketing. Reach merupakan jumlah penonton, sementara engagement itu adalah jumlah interaksi konten dengan penonton seperti like, komentar, dan share.

Jadi itulah perbedaan reach dan engagement, di mana reach bisa dibilang sebagai pintu pertama untuk mendapat engagement. Reach adalah indikator yang harus dipahami untuk bisa dimanfaatkan dan kemudian bisa ditingkatkan secara lebih maksimal.

Ingin belajar meningkatkan reach secara efektif? Kalian bisa kunjungi Coding Studio yang memberi materi yang lengkap dan juga mudah dipahami. Tunggu apa lagi daftar sekarang.

Related Articles