User Persona Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

User Persona Adalah Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Pembuatan atau pengembangan produk digital sangat erat hubungannya dengan pengguna yang tentunya memiliki karakteristik masing-masing. User persona adalah sebuah alat yang bisa membantu para developer untuk mengembangkan produk digital yang mudah digunakan dan berkualitas. Pengetahuan mengenai user persona ini menjadi sangat penting kaitannya dengan pembuatan produk digital, berikut ini penjelasannya. 

Pengertian User Persona

Memahami apa itu user persona sangat penting untuk bisa menjadi semacam acuan dalam pengembangan sebuah produk digital. User persona itu sendiri merupakan profil dari pengguna yang sudah ditargetkan sebelumnya yang diwujudkan dalam bentuk tokoh fiksi. Ada banyak informasi atau data yang ada di dalamnya untuk menentukan arah pengembangan produk digital itu sendiri. 

Pengertian User Persona

User persona biasanya dibuat didasarkan pada riset lapangan terhadap beberapa pengguna yang menjadi target pasar produk digital. Persona ini sendiri memang bertujuan untuk bisa lebih memahami karakter yang menjadi acuan bagi para developer produk digital. Jadi nantinya produk digital akan bisa mudah digunakan dan juga sesuai dengan harapan dari para pengguna. 

Manfaat Membuat User Persona

Banyak sekali perusahaan produk digital yang membangun user persona ini, karena memang bisa menghadirkan banyak manfaat. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih manfaat user persona yang mungkin tidak banyak orang ketahui. 

1. Memahami Pengguna Lebih Baik 

User persona adalah alat untuk perusahaan bisa lebih memahami pengguna dengan lebih baik dan juga pastinya lebih detail. Profil akan menampilkan karakteristik, kebiasaan, pola perilaku, kebutuhan, sampai kepada permasalahan yang sedang dihadapi. Jadi nantinya perusahaan bisa membuat produk digital yang tepat untuk pengguna. 

2. Membantu Pembuatan Desain yang Tepat 

Profil user ini juga membantu pembuatan desain produk digital yang tepat, karena tentunya disesuaikan dengan data dari user. Perusahaan jadi bisa merumuskan sebuah desain yang mudah digunakan, fungsional, namun juga disukai oleh para pengguna. 

3. Membantu Identifikasi Masalah atau Kendala 

Baca Juga:  Brand Personality: Pengertian, Fungsi, Macam dan Contohnya

Bila sudah lebih memahami pengguna, maka perusahaan bisa membuat simulasi pengujian produk digital untuk mengetahui masalah atau kendala. Simulasi dengan user persona sudah pasti sangat membantu perusahaan mengidentifikasi awal masalah atau kendala pada produk. 

Jenis Persona Pengguna

Jenis Persona Pengguna

Bila melihat dari pembuatan user persona ini, maka kita bisa menemukan beberapa jenis user persona yang bisa dibuat oleh perusahaan. Berikut ini kami akan coba menjelaskan satu per satu. 

1. Proto Persona 

Proto persona merupakan user persona yang dibuat berdasarkan asumsi dari tim developer tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Persona ini biasanya dibangun di awal projek untuk membantu dalam pembuatan rancangan produk digital yang akan dibuat. Proto user persona adalah jenis yang paling simpel namun tidak terlalu akurat, namun bisa diupdate dengan melakukan riset. 

2. Riset Persona 

Riset persona adalah persona yang dilakukan melalui riset yang panjang untuk memahami detail dari pengguna produk digital. Persona jenis ini memiliki data yang sangat akurat, sehingga kita bisa benar-benar mengandalkannya sebagai data acuan pengembangan produk. Biasanya cara mendapatkan persona ini dengan melakukan observasi, wawancara dan lain sebagainya. 

3. Role Based Persona 

Role based persona yakni pembuatan profil pengguna didasarkan pada pekerjaan atau aktivitas harian dari pengguna. Melihat dari pekerjaan atau aktivitas harian bisa membantu kita menentukan kebutuhan dan juga keinginan dari pengguna tersebut. 

4. Demografi Persona 

Demografi merupakan jenis persona yang paling banyak digunakan saat ini, karena mencakup data yang lengkap. Contoh user persona demografi akan menampilkan nama, alamat, pendidikan, usia, jenis kelamin dan lain sebagainya. Setelah itu akan dibuat semacam list untuk mendeskripsikan karakteristik dari persona yang dibuat dengan melihat demografinya. 

Cara Tepat Membuat User Persona

Cara Tepat Membuat User Persona

Pembuatan user persona ini sendiri harus dilakukan dengan cara yang tepat, supaya bisa menghasilkan persona yang nyata. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara membuat user persona yang baik untuk bisa menjadi acuan dalam pengembangan produk digital. 

1. Melakukan Riset 

Baca Juga:  UX Designer: Pengertian, Tugas dan Cara Memulai Kariernya

Riset adalah langkah pertama untuk bisa membuat user persona yang akurat, nyata dan bisa diandalkan untuk pengembangan. User persona adalah profil lengkap yang bahkan bisa mendeskripsikan pengguna dengan baik, jadi riset adalah kuncinya. Riset ini bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari observasi dan lain sebagainya demi mendapatkan data yang lengkap. 

Langkah membuat user persona paling awal adalah menentukan dulu target pasarnya dan kemudian baru lakukan riset pengguna tersebut. 

2. Mengumpulkan Data 

Setelah riset kalian harus mengumpulkan data riset untuk setiap target pengguna yang diinginkan oleh perusahaan tadi. Lebih baik kalau membuat list mulai dari rentang umur, kebutuhan, permasalahan, sampai kepada latar belakang pendidikan. Setelah itu rangkum juga beberapa data seperti pola perilaku dan lain sebagainya untuk bisa menggambarkan profil pengguna dengan baik. 

Data yang sudah terkumpul inilah yang nantinya akan menjadi dasar pada cara membangun user persona untuk interaksi dengan produk. Pisahkan user persona yang sudah terbangun, bisa menggunakan rentang umur atau juga dengan latar belakang pendidikan. Nanti kita bisa membuat beberapa user persona dengan karakteristik yang terbangun berdasarkan pola perilaku dan cara berpikir. 

Membangun user persona adalah langkah penting dalam pembuatan produk digital dan juga pada tahap akhir yakni pengembangan produk digital. Mempelajari cara membuatnya dengan baik sangat penting dan Coding Studio menjadi tempat kursus yang paling tepat. Materi yang diberikan lengkap dengan mentor berpengalaman.

Related Articles