Apa Itu User Journey? Pengertian, Sejarah dan Manfaatnya

Apa Itu User Journey Pengertian, Sejarah dan Manfaatnya

User Journey adalah data yang bisa menjadi referensi bagi perusahaan untuk mengembangkan sistem operasional dan juga produk. Perusahaan saat ini sudah sangat menyadari betapa pentingnya pengalaman pengguna mulai dari menemukan sampai dengan menggunakan produk. Simak penjelasan mengenai User Journey yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan perusahaan baik langkah marketing sampai pengembangan produk. 

Pengertian User Journey

Bagi UX desainer tentu saja perlu benar-benar memahami apa itu User Journey untuk bisa memanfaatkan data tersebut dalam pengembangan produk. User Journey sendiri merupakan sebuah peta pengalaman pengguna produk pada saat menggunakan produk sampai selesai. Tapi secara luas peta dari User Journey ini sendiri bisa mencakup bagaimana pelanggan menemukan produk dan menggunakannya.  

Pengertian User Journey

Jadi perusahaan bisa juga membaca peta User Journey ini mulai dari bagaimana pengguna menemukan produk dan menentukan menggunakan produk. Setelah itu bagaimana pelanggan menggunakan produk mulai dari membuka produk sampai dengan selesai menggunakannya dan bisa merasakan produk dengan baik.  

Sejarah dan Perkembangan User Journey

Awal mula User Journey ini memang lebih berfokus bagaimana pelanggan menggunakan produk secara fisik dan menilai kegunaan dari produk tersebut. Namun setelah era digitalisasi tentu saja User Journey menjadi lebih luas bukan hanya kegunaan akan tetapi bagaimana kemudahan dalam menggunakannya. User Journey adalah alat untuk mendeteksi kemungkinan adanya kendala yang dirasakan oleh pengguna pada saat menggunakan produk. 

Perusahaan sudah menyadari pentingnya kenyamanan pelanggan mulai dari kegunaan produk, cara penggunaan produk dan layanan servis. Bila dilihat dari sejarah User Journey tentu saja saat ini sudah mengalami banyak perubahan dan evolusi seiring perkembangan perilaku manusia. 

Tahapan Melakukan User Journey

Tahapan user Journey sendiri perlu dipahami untuk bisa membantu kita membuat peta User Journey untuk mendapatkan datanya. Berikut ini kami akan jelaskan tahapannya. 

  1. Awareness 

Awareness adalah kesadaran atau pengetahuan dari pelanggan yang menjadi target pasar yang ditentukan akan produk yang dibuat oleh perusahaan. Langkah promosi di sini sangat menentukan, sehingga mampu membaca apakah langkah marketing yang dilakukan sudah tepat. 

  1. Pertimbangan 
Baca Juga:  User Flow: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Membuatnya

Pertimbangan di sini berarti target pelanggan sedang mempertimbangkan apakah akan mempergunakan produk kita atau tidak. Biasanya tahapan ini mereka akan membandingkan dengan brand lain dan mulai mencari informasi lengkap mengenai produk. Ketersediaan informasi mulai dari situs dan sosial media sangat membantu untuk memudahkan pengguna sampai kepada produk. 

  1. Penggunaan Produk 

Terakhir penggunaan produk, di mana mulai dari mendapatkan produk, penggunaan produk sampai mendapatkan manfaat dari produk tersebut. User Journey adalah alat untuk mendeteksi apakah pengguna mudah mendapatkan produk dan kemudian mudah dalam menggunakannya. 

Manfaat Menggunakan User Journey

Manfaat Menggunakan User Journey

User Journey merupakan peta yang sangat berguna dalam produksi dan juga pengembangan produk termasuk strategi pemasaran. Berikut ini beberapa manfaat User Journey yang sangat penting untuk bisa dipahami dengan baik. 

  1. Membantu Produksi 

Produksi menjadi hal yang utama, dengan adanya peta User Journey, maka perusahaan tahu arah produksi produk yang dihasilkan. Jadi nantinya produk yang dihasilkan itu bisa benar-benar sesuai dengan persona atau preferensi dari pengguna yang ditargetkan. 

  1. Membantu Mengembangkan Produk 

Manfaat yang paling utama adalah membantu mengembangkan produk, sehingga pengalaman pengguna bisa benar-benar meningkat. Setiap produk sudah pasti memiliki kelemahan dan User Journey ini sangat membantu kita memahami kelemahan tersebut sesuai preferensi pengguna. Banyak sekali contoh User Journey yang dipergunakan untuk mengembangkan produk. 

  1. Meningkatkan Layanan 

Selain untuk pengembangan produk, perusahaan juga bisa meningkatkan pelayanan seperti servis dengan adanya User Journey. Layanan servis dan lain sebagainya bisa ditingkatkan sesuai dengan pengalaman pengguna, sehingga pengguna bisa benar-benar dimudahkan. 

  1. Meningkatkan Loyalitas Pengguna 

User Journey adalah alat untuk membantu perusahaan mendapatkan loyalitas pengguna, karena memang fokusnya pada pengguna. Pembuatan produk, pengembangan sampai kepada layanan yang disediakan berfokus pada pengguna dari produk. 

  1. Mengembangkan Strategi Pemasaran Terbaik 

Data pada peta User Journey pun bisa membantu departemen pemasaran untuk membuat dan mengembangkan strategi pemasaran terbaik. Cakupan mulai dari menemukan sampai pertimbangan menggunakan produk bisa dipakai untuk membuat strategi pemasaran yang paling baik. 

Cara Tepat Membuat User Journey

Cara Tepat Membuat User Journey

Cara membuat User Journey sendiri memang memiliki beberapa tahapan yang bisa membantu kita mendapatkan gambaran dari pengguna. Berikut ini kami akan jelaskan tahapannya.  

  1. Pertama tentu harus menentukan dulu tujuan atau goals dari produk tersebut, di mana mulai dari menentukan kegunaan produk sampai kepada target pengguna. 
  1. Membuat persona pengguna untuk mengetahui pola perilakunya yang nantinya akan menggambarkan apa yang dibutuhkan dan harapannya. 
  1. Membuat beberapa skenario dari persona pengguna saat berinteraksi dengan produk mulai dari yang skenario terbaik sampai yang terburuk. 
  1. Mengidentifikasi masalah dan kendala yang mungkin terjadi pada skenario dan mulai membuat pengembangan produk, baik perubahan atau penambahan fitur. 
  1. Melakukan riset untuk mendapatkan data yang lebih realistis, salah satu caranya adalah dengan membuat survei atau sejenisnya. Jadi kita bisa tahu keresahan pengguna saat menggunakan produk dan mulai memperbaikinya. 
  1. Implementasikan perubahan atau pengembangan produk sesuai dengan data yang sudah didapatkan dari peta User Journey tersebut. 
Baca Juga:  User Persona Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Peta User Journey adalah sebuah alat penting yang harus dipelajari perusahaan saat ini bila ingin berkembang terutama dalam dunia digital. Bila ingin mempelajari mengenai User Journey secara digital, maka bisa memilih Coding Studio sebagai tempat kursus IT terbaik.

Related Articles