Apa itu User Experience (UX)? Pengertian, Manfaat dan Cara Penerapannya

Apa itu user experience? User Experience adalah cara seorang pengguna berinteraksi dengan produk digital. Misalnya saat menggunakan website, user experience ini merupakan sebuah pengalaman yang didapatkan pengguna saat menggunakan website tersebut. 

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan user experience ini. Untuk tahu manfaat dan cara penerapan pengalaman pengguna ini bisa baca ulasan berikut.

Manfaat Dari User Experience

Selain bisa memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna aplikasi ataupun website, ternyata ada beberapa manfaat user experience lainnya yang bisa dirasakan oleh pengguna seperti yang akan diulas di bawah ini.

Manfaat Dari User Experience

Mempermudah user saat menggunakan aplikasi 

Aplikasi yang dibuat oleh developer diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi atau menyelesaikan semua permasalahan pengguna yang sedang dihadapi. Dengan memanfaatkan riset user experience ini bisa membuat aplikasi lebih mudah digunakan oleh siapa saja untuk memenuhi kepentingannya.

Memberikan informasi akurat sesuai keinginan pengguna

User experience bisa membantu para developer supaya mampu membuat aplikasi yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna secara jelas dan akurat. Tanpa melakukan riset UX terlebih dahulu, biasanya informasi yang ditunjukkan aplikasi tidak selamanya sesuai dengan keinginan pengguna.

Memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna

Pengertian user experience yaitu sebuah metode yang bisa memberikan pengalaman yang terbaik untuk semua pengguna. Hasil dari riset user experience ini dipakai developer untuk memperbaiki kualitas aplikasi ataupun website sehingga pengguna tidak pernah mengalami kekecewaan saat menggunakan aplikasi tersebut.

Meningkatkan jumlah penjualan 

Pengguna yang merasakan kemudahan saat menggunakan aplikasi nantinya akan lebih merasa puas menggunakan layanan atau aplikasi yang dibuat oleh pemilik aplikasi. Dengan meningkatnya rasa kepuasan konsumen maka secara otomatis penjualan akan meningkat drastis dan inilah yang membuat pendapatan menjadi meningkat.

Baca Juga:  Belajar Desain Grafis Otodidak? Ini Dia Tipsnya!

Bidang yang Terkait Dengan UX

Ada banyak bidang terkait dengan user experience yang mampu menciptakan desain berpusat pada pengguna dengan memanfaatkan beberapa strategi itu. Bidang-bidang yang memanfaatkan UX ini bisa dilihat daftarnya di bawah ini.

  • Project Management
  • Usability Evaluation
  • Information Architecture
  • User Interface Design
  • Interaction Design
  • Visual Design
  • Content Strategy
  • Web Analytics
Mengenal Cara Penerapan UX

Mengenal Cara Penerapan UX

Setiap developer atau perusahaan pasti memiliki konsep dasar yang berbeda dalam pengembangan user experience usaha mereka masing-masing. Meskipun agak berbeda cara penerapannya tetapi pada umumnya cara penerapan user experience seperti di bawah ini.

Research 

Dalam mengembangkan UX sangat diperlukan informasi yang berhubungan dengan semua hal yang dikembangkan. Misalnya saja kebutuhan produk yang diinginkan pengguna yang bisa membuat semua pengguna merasa senang. 

Untuk mendapatkan informasi tersebut dilakukanlah riset. Agar bisa melakukan riset yang benar dan bisa membuat desain antarmuka (UI) maupun UX yang proper maka bisa mengikuti kursus UX di Coding Studio.

Analisa 

Setelah data dan juga informasi susah diperoleh semuanya, selanjutnya tinggal membuat rangkuman dadi informasi tersebut agar bisa langsung melakukan analisa berdasarkan informasi yang terkumpul. Analisa ini dilakukan agar bisa mengetahui dan memahami kebutuhan para pengguna juga masalah yang dihadapi pengguna.

Membangun UX dan IU design 

Langkah membangun user experience adalah membuat prototipe dan juga wireframe. Prototipe ini merupakan model sederhana sebuah produk sebelum nantinya akan dilanjutkan ke model yang jauh lebih detail.

Baca Juga : Prototype: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat

Selain perlu membuat design UX juga perlu membuat IU design yang berguna dalam hal visualisasi pengolahan website sehingga tampilan website menjadi lebih menarik.

Pengembangan 

Pada tahapan ini tim pengembang akan mulai bekerja mengembangkan aplikasi yang sedang dirancang. Pengembangan ini meliputi membuat tampilan aplikasi, menciptakan fitur aplikasi dan lain sebagainya sehingga terciptalah aplikasi.

Evaluasi 

Tahap user experience adalah evaluasi yang merupakan tahapan yang terakhir dilakukan sebelum aplikasi dirilis. Pada tahap ini pembuat aplikasi akan melakukan usability testing supaya bisa mengetahui produk atau aplikasi yang sudah dibuat benar-benar membantu pengguna atau tidak. Kalau ternyata sudah sesuai harapan barulah aplikasi dirilis.

Baca Juga:  Integrated Digital Marketing Adalah: Pengertian dan Strateginya

Contoh Penerapan User Experience 

Ada beberapa contoh user experience yang saat ini sudah digunakan oleh pengguna seperti, aplikasi ojek online yang menyediakan berbagai macam fitur menarik yang dapat digunakan oleh pengguna. Contoh fiturnya adalah pesan makanan, pesan kendaraan roda dua dan pesan kendaraan roda empat.

Contoh lainnya adalah aplikasi dompet elektronik yang menyediakan fitur scan barcode yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan segala macam transaksi secara online. 

Perbedaan UX dan UI

Perbedaan UX dan IU

UX dan IU merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena saling berkesinambungan tetapi bukan berarti tidak ada perbedaan dari keduanya. Karena ada beberapa perbedaan user interface dan user experience yang sering dijumpai seperti yang ada di bawah ini.

Baca Juga : User Interface Design vs User Experience, Apa Pentingnya?

Tujuan desain

Hal yang membedakan antara UX dan IU terletak pada tujuan desainnya. Desain UX dibuat untuk memberikan pengalaman yang dapat menyenangkan hati pengguna saat menggunakan sebuah produk. Sedangkan desain UI tujuannya hanya untuk mempercantik tampilan produk saja.

Proses desain

Proses desain UX lebih berlandaskan riset dari pengguna sehingga produk yang dihasilkan merupakan produk yang benar-benar dibutuhkan. IU sebenarnya sama-sama melakukan riset untuk membuat desainnya hanya saja risetnya hanya untuk menciptakan desain produk yang menarik dan sesuai konsep saja.

Komponen desain 

Komponen desain yang ada IU hanya berfokus pada keindahan tampilan produk saja seperti gambar, warna, video animasi dan lain sebagainya. Sedangkan komponen desain user experience adalah meliputi seluruh komponen pada produk sepeti fitur, navigasi, tampilan interface sampai branding.