Forecast Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Forecast Adalah Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Forecast adalah istilah dalam dunia marketing yang gunanya untuk memperkirakan masa depan dengan perhitungan model matematika tertentu.

Orang-orang yang sudah lama bergelut di bidang pemasaran tentu sudah tidak asing dengan ini. Forecast biasanya dipakai oleh para eksekutif dan manajer perusahaan dalam membantu proses pengambilan keputusan.

Dengan demikian, apa itu forecast? Mari simak baik-baik penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Forecast

Forecast adalah prediksi atau perkiraan tentang masa depan berdasarkan data historis dan informasi yang tersedia. Teknik ini sering digunakan dalam bisnis sebagai alat untuk membantu dalam pengambilan keputusan serta perencanaan jangka panjang.

Pengertian Forecast

Teknik ini dipakai untuk memperkirakan kinerja keuangan perusahaan, permintaan pasar, hingga ketersediaan sumber daya di masa yang akan datang. 

Tujuan dari penggunaannya adalah untuk mengambil keputusan secara taktis dan strategis supaya keberhasilan perusahaan dapat tercapai.

Fungsi Penggunaan Forecast

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, teknik ini banyak membantu perusahaan dalam berbagai tujuan. Beberapa fungsi forecast yaitu sebagai berikut:

1. Memperkirakan permintaan pasar

Teknik ini dapat digunakan dalam memprediksi permintaan pasar di masa mendatang. Hal tersebut jelas membantu suatu bisnis untuk menyesuaikan produksi dan distribusi produk dengan kebutuhan pasar yang akan berubah dari waktu ke waktu. Tindakan ini juga bermanfaat supaya perusahaan bisa meminimalisir risiko kekurangan pasokan dan stok tidak terjual.

2. Mengelola sumber daya

Fungsi lainnya dari forecast adalah membantu perusahaan untuk mengelola sumber daya, seperti bahan baku, modal, dan tenaga kerja. Ketika kebutuhan sumber daya dapat diprediksi maka perusahaan bisa membuat rencana produksi yang tepat dan menghindari risiko biaya yang tidak perlu atau kekurangan sumber daya.

Baca Juga:  Apa Itu Cost Per Lead (CPL)? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

3. Melihat tren pasar

Identifikasi tren pasar dilakukan untuk memanfaatkan peluang serta meminimalkan risiko kerugian. Prakiraan ini membuat langkah perusahaan lebih jelas saat mengambil keputusan. Dengan ini, tren pasar yang diketahui nantinya bisa disesuaikan dengan strategi bisnis perusahaan.

4. Mengukur kinerja perusahaan

Metode ini juga dapat digunakan sebagai evaluasi kinerja dalam perusahaan. Suatu perusahaan dapat membandingkan hasil hitungan forecast dengan data aktual, sehingga kinerja tersebut dapat dinilai secara objektif. Jika hasilnya baik, maka perusahaan dapat melanjutkan strateginya dengan tambahan inovasi. Sebaliknya, jika hasilnya buruk, maka strategi bisa disesuaikan kembali dengan kondisi pasar.

5. Menentukan anggaran perusahaan

Perhitungan ini dapat digunakan dalam memprediksi pemasukan dan pengeluaran yang akan datang. Maka dari itu, perusahaan bisa membuat rencana anggaran yang lebih realistis dan mampu memaksimalkan biaya yang akan dikeluarkan.

Jenis-jenis Forecast

Jenis forecast terdiri dari beberapa macam yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda, diantaranya sebagai berikut.

Jenis-jenis Forecast

1. Production Forecast

Jenis yang satu ini dipakai dalam memperkirakan jumlah unit produksi yang dibutuhkan untuk memenuhi market demand di masa depan. Pengaturan produksi sangat penting untuk memastikan ketersediaan bahan baku serta mengatur bagian produksi agar bisa memenuhi market demand.

2. Sales Forecast

Sesuai namanya, prediksi jenis ini bertujuan untuk memperkirakan penjualan produk atau jasa perusahaan di masa yang akan datang. Teknik ini cukup penting dalam perencanaan bisnis, yang mencakup pengaturan stok dan produksi.

3. Workforce Forecast

Jenis forecast ini ialah perhitungan yang dapat dipakai untuk melakukan prediksi terhadap kebutuhan tenaga kerja yang akan datang. Jenis ini penting untuk merencanakan sumber daya manusia, mencakup pengembangan karyawan, pelatihan, dan pengaturan rekrutmen tenaga kerja perusahaan.

4. Demand Forecast

Jenis forecast ini digunakan dalam perkiraan market demand pada periode mendatang. Metode tersebut juga penting untuk pengaturan produksi pada pemasaran, penjualan, dan stok barang atau jasa.

5. Technology Forecast

Technology forecast adalah prediksi yang dilakukan untuk perkembangan teknologi masa depan yang akan berdampak pada bisnis. teknik ini digunakan untuk membuat rencana strategis dan inovasi produk perusahaan.

Baca Juga:  Brand Personality: Pengertian, Fungsi, Macam dan Contohnya

Prinsip Penggunaan Forecast

Dalam penggunaannya, teknik ini perlu pengaplikasian yang tepat supaya hasilnya tetap objektif dan akurat. Berikut ini beberapa prinsip forecast yang harus Anda ikuti, yaitu:

  • Menggunakan data akurat dan relevan berdasarkan kondisi yang dihadapi
  • Menggunakan metode forecast yang tepat sesuai karakteristik data dan tujuan penghitungan
  • Melakukan evaluasi dan perbaikan pada hasil penghitungan secara berkala
  • Proses penghitungan melibatkan berbagai tim divisi untuk memastikan hasilnya akurat
  • Menggunakan bantuan teknologi seperti software untuk meminimalisir human error
Cara Membuat Perhitungan Forecast

Cara Membuat Perhitungan Forecast

Dalam praktiknya, cara menghitung forecast itu berbeda tergantung pada tujuan dan metode yang Anda gunakan. Begitu juga dengan rumus forecast, pada prinsipnya Anda harus memilih metode yang paling sesuai untuk kondisi perusahaan Anda.

Contoh forecast dalam penjualan adalah dengan menyimpulkan hasil penjualannya. Misalnya Anda akan menggunakan metode Delphi. Cara membuat forecast ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen. Seluruh jawaban dari kuesioner tersebut perlu disederhanakan terlebih dahulu, baru setelah itu Anda dapat menentukan hasil kesimpulan.

Ada juga metode kuantitatif yang dapat digunakan dalam prediksi penjualan. Umumnya, cara menghitung prediksi pada penjualan memakai penghitungan statistik, yang mana cara ini membutuhkan beberapa tools atau software agar hasilnya maksimal dan akurat.

Kesimpulan 

Dengan demikian, bisa disimpulkan forecast adalah prediksi terhadap masa depan dalam konteks perencanaan strategi bisnis. Jika Anda tertarik untuk mengetahui strategi bisnis lainnya seperti digital marketing, Anda bisa mengunjungi Coding Studio untuk mengikuti program pelatihan berbasis online dengan kurikulum standar industri. Tingkatkan skill-mu sekarang juga di Coding Studio Academy.

Related Articles