Manajemen Pemasaran Adalah: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Cara Melakukannya

Manajemen Pemasaran Adalah Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Cara Melakukannya

Manajemen pemasaran adalah perencanaan, proses analisis, implementasi dan pengendalian dari program yang didesain untuk membangun, menciptakan serta menjaga pertukaran untuk memberikan keuntungan dengan pembeli. 

Manajemen pemasaran memiliki tugas untuk memasarkan produk demi mencapai tingkat keuntungan dalam jangka panjang serta menjamin kelangsungan hingga pengembangan perusahaan. Nah, setelah Anda memahami pengertian manajemen pemasaran, simaklah tujuan, fungsi dan cara melakukannya di bawah ini. 

Tujuan Manajemen Pemasaran

Ada beberapa tujuan manajemen pemasaran yang perlu Anda ketahui, seperti: 

Tujuan Manajemen Pemasaran

1. Meningkatkan Penjualan

Manajemen pemasaran bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa perusahaan. Caranya adalah dengan mengembangkan strategi pemasaran secara efektif, seperti iklan, promosi dan penjualan secara langsung. 

2. Menciptakan Nilai bagi Pelanggan

Manajemen pemasaran juga bertujuan untuk menciptakan nilai bagi pelanggan. Caranya adalah memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan hingga menyediakan produk maupun jasa yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. 

3. Meningkatkan Keuntungan

Tujuan berikutnya dari manajemen pemasaran adalah meningkatkan keuntungan perusahaan. Caranya adalah mengembangkan strategi pemasaran secara efektif untuk meningkatkan penjualan serta mengurangi biaya produksi. 

4. Meningkatkan Citra Perusahaan

Manajemen bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan yang baik. Caranya adalah mengembangkan strategi pemasaran secara tepat agar membangun citra positif bagi perusahaan di mata masyarakat atau pelanggan. 

Baca Juga:  SEO Writer Adalah: Pengertian, Tugas, Skill dan Tipsnya

Begitulah beberapa contoh tujuan dari manajemen pemasaran yang paling penting bagi perusahaan. 

Fungsi Manajemen Pemasaran

Fungsi menerapkan manajemen pemasaran bagi perusahaan adalah: 

Fungsi Manajemen Pemasaran

1. Segmentasi Pasar

Manajemen pemasaran berfungsi untuk segmentasi pasar, yang merupakan kegiatan pemasaran yang bisa dilakukan secara terarah untuk membagi pasar ke kelompok-kelompok secara berbeda. 

2. Analisis Pasar

Analisis pasar sebenarnya sangat penting dilakukan oleh perusahaan, namun sayangnya tidak semua perusahaan mempunyai bagian pemasaran maupun penjualan yang akan menjalankan fungsi manajemen pemasaran. 

3. Penempatan Pasar

Manajemen pemasaran juga berfungsi untuk penempatan pasar agar melakukan identifikasi posisi pesaing sebelum menentukan penempatannya. 

4. Menetapkan Pasar Sasaran

Menetapkan pasar sasaran termasuk fungsi penting dari manajemen perusahaan, seperti valuasi bagian pasar maupun ukuran serta pertumbuhan seperti data mengenai usia nasabah. 

Itulah beberapa fungsi dari manajemen pemasaran yang paling penting untuk diperhatikan. 

Konsep Manajemen Pemasaran

Sejumlah fitur dari konsep manajemen pemasaran yang cukup penting adalah: 

1. Memberikan Kepuasan Pelanggan

Konsep pada manajemen perusahaan yang penting adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan maksimal. Caranya adalah memahami kebutuhan sera membuat produk yang sesuai. 

2. Fokus dengan Kebutuhan Pelanggan

Manajemen pemasaran juga mempunyai konsep fokus dengan kebutuhan pelanggan, sehingga kebutuhan mereka perlu dipelajari dan jadi dasar dari seluruh kegiatan yang berkaitan dengan manajemen pemasaran, seperti distribusi, harga produk, perancangan produk dan sebagainya. 

3. Mencapai Tujuan Perusahaan

Konsep berikutnya adalah mencapai tujuan perusahaan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan dan pada proses memungkinkan perusahaan mendapatkan tujuan-tujuan, seperti pangsa pasar, pertumbuhan, jumlah laba yang wajar dan sebagainya. 

4. Inovasi

Inovasi perlu diperhatikan untuk memberikan kepuasan konsumen. Dengan cara ini, perusahaan mampu memahami konsumen, membuat desain produk yang sesuai serta menawarkan produk ke konsumen secara maksimal. 

Begitulah beberapa penjelasan mengenai konsep dari manajemen pemasaran yang bisa digunakan dengan baik oleh perusahaan. 

Tugas Manajemen Pemasaran

Tugas Manajemen Pemasaran

Tugas pokok dari manajemen pemasaran yang harus diketahui adalah: 

1. Merencanakan Kegiatan Pemasaran

Merencanakan kegiatan pemasaran merupakan salah satu tugas pokok dari manajemen pemasaran dengan cara merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan produk, cara pendistribusian, harga, promosi, target penjualan dan yang lainnya. 

Baca Juga:  Sampel adalah, Teknik Pengambilan Sampel dan Contohnya

2. Menganalisis Peluang Pasar

Tugas penting manajemen pemasaran adalah menganalisis peluang pasar. Anda dengan tim harus bisa melihat apa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat atau konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan cara riset dan segmentasi pasar dahulu supaya hasilnya cukup objektif. 

3. Mengkoordinasi dan Memotivasi Karyawan

Mereka juga bertugas untuk mengkoordinasi dan memotivasi karyawan. Anda harus paham perencanaan yang tidak bermanfaat apabila tidak diimbangi juga dengan koordinasi yang baik. Itulah sebabnya perlu memberikan arahan yang tepat dalam melakukan kegiatan pemasaran. 

4. Menyelenggarakan Kegiatan Pemasaran

Manajemen pemasaran harus menyelenggarakan atau merealisasikan di kegiatan yang sudah dirancang agar tujuannya dapat tercapai. Tim manajemen juga perlu memantau sebab pada prosesnya terdapat konsep pemasaran yang perlu diubah. 

Demikian beberapa contoh tugas pokok dari manajemen pemasaran yang wajib diketahui agar tujuan bisa dicapai dengan cepat. 

Contoh Manajemen Pemasaran

Sejumlah contoh penerapan manajemen pemasaran yang bisa Anda pelajari adalah: 

1. Menentukan Harga Produk atau Jasa

Contoh penerapan manajemen pemasaran yang paling umum adalah menentukan harga produk atau jasa. Biasanya mereka akan menentukan sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta kondisi pasar. 

2. Analisis Pasar

Menganalisis pasar juga jadi salah satu contoh dalam penerapan manajemen pasar yang cukup penting. Hal ini dapat dilakukan dengan cara wawancara, survei, observasi terhadap pelanggan dan sebagainya. 

3. Distribusi

Penerapan contoh dari manajemen pasar juga termasuk pada distribusi produk maupun jasa. Caranya adalah dengan memilih saluran distribusi secara tepat agar mencapai pelanggan secara efektif. 

4. Promosi

Contoh lainnya dari manajemen pemasaran adalah promosi produk maupun jasa. Caranya adalah dengan memakai sejumlah media, seperti brosur, iklan, media sosial dan sebagainya. 

5. Pelayanan Pelanggan

Contoh yang terakhir adalah pelayanan pelanggan dengan baik. Caranya adalah memberikan informasi secara jelas dan akurat mengenai produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan hingga memberikan layanan purna jual secara memuaskan. 

Jadi, manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, analisis dan pengendalian dari program-program yang sudah dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan. Tingkatkan skill digital marketing Anda agar tujuan perusahaan tercapai dengan mencoba kursus melalui Coding Studio.

Related Articles