Brand Positioning Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Strateginya

Brand positioning adalah suatu langkah yang dilakukan oleh perusahaan maupun pemilik usaha untuk merencanakan produk serta strategi pemasaran yang bertujuan untuk mencapai kesan khusus, sehingga bisa diingat terus menerus oleh konsumen. 

Selain itu, brand positioning juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan citra merek Anda. Nah, setelah Anda cukup memahami apa itu brand positioning, simak juga tipe, manfaat, jenis dan informasi lainnya di bawah ini. 

Tipe Brand Positioning

Ada sejumlah tipe atau jenis brand positioning yang dapat digunakan di dunia pemasaran, seperti: 

Tipe Brand Positioning 

1. Kategori Produk 

Jenis yang satu ini biasanya fokus dengan kategori maupun segmen produk tertentu yang jadi keahlian mereknya. Contohnya adalah brand Nike yang merupakan salah satu merek produk olahraga yang terpercaya bagi penggunanya. 

2. Keunggulan Produk 

Umumnya keunggulan produk berfokus dengan kelebihan atau keunggulan produknya dibandingkan merek lain yang ada di pasar yang sama. Contohnya adalah brand Apple mempromosikan dirinya sebagai merek yang eksklusif dan inovatif yang memiliku produk dengan kualitas dan fitur lebih unggul dibandingkan dengan merek lainnya. 

3. Manfaat Pelanggan 

Jenis brand positioning yang satu ini biasanya berfokus dengan keuntungan maupun manfaat yang didapatkan pelanggan dari pengguna produk Anda. Contohnya adalah merek Sunsilk mempromosikan sebagai merek perawatan rambut yang memberikan manfaat untuk rambut dengan berbagai permasalahan yang dialami, seperti rambut rontok, ketombe, kusut dan sebagainya. 

4. Keunikan Brand 

Keunikan brand biasanya berfokus pada keunikan atau karakteristik suatu merek yang dapat membedakan merek Anda dengan merek lainnya. 

5. Kepribadian atau Citra Merek 

Jenis lainnya dari Brand positioning adalah kepribadian atau citra merek, yang biasanya berfokus dengan kepribadian suatu merek yang dingin ditampilkan ke konsumen. 

6. Nilai atau Harga 

Jenis satu ini berfokus dengan nilai maupun harga yang ditawarkan oleh merek Anda dibandingkan dengan pesaingnya. 

Baca Juga:  Executive Summary: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Nah, itulah beberapa contoh jenis atau tipe dari brand positioning yang tersedia dengan strategi pemasaran yang berbeda, sehingga bisa mencapai tujuan posisi merek sesuai dengan keinginan di mata konsumen. 

Manfaat Brand Positioning

Manfaat Brand Positioning

Brand positioning mempunyai beberapa manfaat penting untuk suatu merek, seperti: 

1. Memperkuat Citra Merek 

Brand positioning dapat memperkuat cita merek Anda serta membentuk persepsi yang baik di benak para konsumen dengan cara memilih posisi yang tepat pada merek Anda. Hal ini tentu bisa membantu loyalitas pelanggan lebih kuat dan meningkatkan nilai merek Anda. 

2. Membedakan Merek Anda dengan Pesaing 

Brand positioning juga bisa membedakan merek Anda dari pesaing dengan mudah. Hal ini juga bisa membantu untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan dan memperluas jaringan pelanggan. 

3. Meningkatkan Daya Saing 

Dengan adanya brand positioning, maka bisa meningkatkan daya saing merek Anda serta mendapatkan keuntungan dari peluang bisnis yang tersedia. Tentunya hal ini bisa meningkatkan pangsa pasar serta keuntungan bisnis menyeluruh. 

Begitulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki posisi merek yang secara jelas. 

Mengapa Brand Positioning Penting untuk Bisnis? 

Brand positioning merupakan salah satu hal penting untuk bisnis sebab dapat membantu dalam membedakan merek yang dimiliki dengan pesaing di pasar. Posisi merek yang kuat bisa membantu perusahaan dapat membedakan layanan atau produk mereka serta membuatnya lebih menarik bagi konsumen. 

Hal ini bisa membantu perusahaan dalam membangun kepercayaan serta loyalitas pelanggan hingga membantu mereka untuk memahami apa yang dapat membedakan mereka dari pesaingnya lebih mudah. 

Strategi Brand Positioning

Contoh strategi menerapkan brand positioning yang bisa Anda coba adalah: 

1. Segmentasi Pasar 

Segmentasi pasar bisa membantu perusahaan Anda lebih fokus dengan upaya komunikasi dan pemasaran di kelompok masyarakat yang paling tertarik dengan merek yang dimiliki. Cara menerapkannya adalah dengan memahami pasar serta target pasar dengan baik. 

2. Fokus dengan Keunggulan Produk 

Strategi penting brand positioning adalah perusahaan perlu memahami pesaing dan pasar mereka. Hal ini dapat melibatkan menganalisis pesaing, melakukan riset dan juga menentukan kebutuhan atau keinginan target pasar. 

Baca Juga:  B2C: Definisi, Contoh serta Manfaatnya dalam Bisnis Pemasaran

3. Fokus dengan Pengalaman Pelanggan 

Fokuslah dengan pengalaman pelanggan, sehingga perusahaan perlu memahami keinginan dan kebutuhan pelanggannya agar memberikan pengalaman yang memuaskan. 

Nah, seperti itulah beberapa contoh strategi dalam menerapkan brand positioning yang bisa Anda lakukan. 

Cara Membuat Brand Positioning 

Cara Membuat Brand Positioning

Cara atau panduan membuat brand positioning yang tepat adalah: 

1. Meriset Pasar 

Dengan meriset pasar, Anda bisa mencari kompetitor jadi lebih mudah dalam menentukan sejumlah aspek, termasuk di brand positioning. 

2. Menemukan Masalah Utama Konsumen 

Cara membuat brand positioning adalah Anda harus menemukan masalah utama konsumen agar bisa memberikan solusi yang tepat dari masalah tersebut. Dengan memberikan solusi pada masalah konsumen bisa meningkatkan peluang bisnis Anda. 

3. Menumbuhkan Citra Produk 

Anda juga harus menumbuhkan cita produk dengan cara menjelaskan kelebihan yang dimiliki produk Anda. Hal ini membuat masyarakat lebih mudah mengingat produk Anda, seperti membuat kemasan yang unik maupun berbeda dari yang lainnya. 

Itulah dia beberapa panduan dalam membuat brand positioning yang perlu Anda pelajari. 

Contoh Brand Positioning

Contoh dari brand positioning yang paling mudah Anda lihat adalah dari perusahaan produk-produk yang mewah, seperti DIOR, LV, Gucci dan yang lainnya. Meskipun mereka menjual produk dengan harga yang sangat fantastis, namun mereka memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini membuat target pasar tetap mau membeli produk yang mereka jual, meskipun dengan harga ratusan juta rupiah. 

Dari penjelasan di atas, pengertian brand positioning adalah suatu langkah atau strategi yang dilakukan olah perusahaan dalam merencanakan produknya dengan tujuan memberikan kesan khusus kepada mereka. Anda harus upgrade skill digital untuk menunjang kemajuan bisnis Anda dengan mengikuti kursus online melalui Coding Studio.