Customer Loyalty: Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Customer Loyalty Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Customer loyalty adalah sebuah nilai yang memiliki makna tentang bagaimana konsumen menikmati produk atau layanan dari bisnis Anda. Bahwa semakin baik customer loyalty sebuah bisnis, hal tersebut menunjukkan kesetiaan konsumen pada produk atau brand tersebut. Maka bisa dipahami customer loyalty memiliki pengaruh pada keberhasilan bisnis untuk jangka panjang.

Pengertian Customer Loyalty

Dewasa ini ada banyak perusahaan atau bisnis yang terbukti masih bisa bertahan lama hingga jangka panjang. Hal tersebut tak lain berkat peran customer loyalty, karena jika tak ada konsumen yang setia atau loyal maka pasti akan menjadikan perusahaan tak bisa beroperasi dalam jangka waktu lama.

Pengertian Customer Loyalty

Maka sangat penting untuk perusahaan bisa memahami tentang langkah strategi yang tepat untuk melakukan pengelolaan customer loyalty secara optimal.

Secara umum, pengertian customer loyalty adalah sebuah bentuk perwujudan dari loyalitas konsumen pada sebuah produk, layanan dan brand secara kontinu karena berhasil menciptakan kepuasan sekaligus citra yang baik yang berkesan mendalam bagi konsumen.

Tentunya kita semua paham, teori yang berlaku ketika konsumen sudah cocok dan loyal pada satu merek maka mereka akan merekomendasikannya pada orang lain. Mereka berharap orang lain pun akan merasakan kepuasan yang sama dengan menggunakan produk atau layanan tersebut.

Tujuan Customer Loyalty

Setelah memahami apa itu customer loyalty, penting untuk mengetahui apa yang menjadi tujuan keberadaan customer loyalty. Tujuan customer loyalty khususnya dalam pengelolaan bisnis adalah untuk menekan biaya promosi atau pemasaran yang dibutuhkan.

Perusahaan atau bisnis yang memiliki customer loyalty adalah perusahaan atau bisnis yang tak membutuhkan promosi produk atau layanan yang berlebihan karena sudah memperoleh promosi produk yang dilakukan oleh pelanggan lama.

Manfaat dari Customer Loyalty

Manfaat dari Customer Loyalty

Manfaat customer loyalty ternyata cukup menjanjikan untuk sebuah bisnis, antara lain:

  • Bisa mengurangi biaya pemasaran dan akuisisi untuk pelanggan bisnis yang baru
  • Membantu untuk menciptakan sumber pendapatan yang lebih stabil sehingga bisa diandalkan untuk kelangsungan bisnis jangka panjang
  • Membantu tingkatkan kredibilitas bisnis sehingga tampil berkesan di mata konsumen
  • Untuk membantu meningkatkan pendapatan dari adanya peningkatan jumlah penjualan produk atau layanan
  • Membantu meningkatkan kadar kepercayaan dari pelanggan yang secara tidak langsung mendorong mereka untuk tetap loyal pada bisnis 
  • Bisa lebih memahami konsumen atau pelanggan selaku pengguna produk sehingga bisa melakukan inovasi produk sesuai kebutuhan mereka
  • Untuk mengurangi jumlah keluhan atau komplain yang datang pada bisnis
  • Tersedianya data pelanggan bisnis yang penting untuk melihat trend pasar sekaligus melihat adanya perubahan yang ada di dalam preferensi dari konsumen
  • Untuk membantu menjaga bisnis tetap stabil dan bertahan ditengah persaingan bisnis yang ketat
  • Untuk meningkatkan peluang pada strategi cross-selling dan upselling yang dilakukan produk dari brand yang sama
Cara Efektif untuk Meningkatkan Customer Loyalty

Cara Efektif untuk Meningkatkan Customer Loyalty

Untuk Anda yang sedang mencoba fokus pada pengembangan bisnis, bisa mencoba beberapa cara meningkatkan customer loyalty berikut ini:

Baca Juga:  Brotli Compression: Pengertian, Cara Kerjanya dan Kelebihannya

Selenggarakan loyalty program

Cara yang pertama adalah dengan menyelenggarakan loyalty program. Merupakan satu jenis program yang dilakukan untuk menjaga konsumen atau pelanggan yang sudah setia menggunakan produk. Program ini bukan hanya berfokus pada kepuasan konsumen lama saja, namun juga untuk membangun basis pelanggan potensial baru sehingga semakin menyukai produk bisnis Anda. 

Dengarkan konsumen sebaik-baiknya

Terdapat prinsip bahwa bisnis yang baik adalah jenis bisnis yang memiliki orientasi untuk memberikan kepuasan terbaik dari pelanggan. Jika perusahaan ingin produk atau layanan bisnisnya bisa diterima pasar dengan mudah, maka harus mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Anda akan membutuhkan data seperti siapa saja pelanggan loyal bisnis, apa yang menjadi kebutuhan mereka, jenis masalah yang sering ditemui dan solusi terbaik untuk menyelesaikannya. 

Ketahui alasan konsumen loyal pada produk Anda

Konsumen atau pelanggan bisa setia menggunakan satu produk atau brand adalah karena masalah yang dihadapi bisa diselesaikan dengan produk atau layanan tersebut. Sangat penting untuk mengetahui apa yang menjadi alasan konsumen loyal dan menyukai produk atau layanan bisnis Anda. 

Terus melakukan inovasi produk atau layanan

Cara untuk meningkatkan customer loyalty adalah dengan terus berupaya untuk memiliki inovasi pada produk atau layanan sehingga sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen. Diketahui bahwa inovasi dalam bisnis menjadi satu hal yang sangat penting khususnya dalam upaya untuk menjaga loyalitas konsumen bisnis. 

Jaga sesuatu yang baik dalam bisnis secara konsisten

Sudah banyak yang paham, konsep mempertahankan akan jauh lebih sulit ketimbang membuat hal yang baru. Jika Anda ingin meningkatkan customer loyalty maka sebaiknya bisa dengan konsisten untuk menjaga sesuatu yang baik dari bisnis. Terutama jika hal baik tersebut sudah mendapatkan kesan tersendiri di benak konsumen bisnis. 

Tingkatkan daya respon dengan menggunakan chatbot

Pelanggan akan merasa diperhatikan dan dilayani dengan cepat jika Anda bisa memberikan respon dengan cepat saat mereka menghubungi bisnis. Anda bisa menggunakan layanan chatbot sehingga memberikan pelanggan jawaban yang akan memuaskan pelanggan atas produk maupun brand bisnis. Penggunaan chatbot juga akan membuat pelanggan tak akan berpindah halaman atau produk hanya karena keterlambatan respon dari bisnis.

Baca Juga:  Mengenal UI Designer: Pengertian, Tugas dan Cara Memulai Karirnya

Jadi customer loyalty adalah satu hal yang penting dalam bisnis yang harus diperhatikan dengan baik. Jika Anda ingin meningkatkan loyalitas pelanggan, bisa mempelajari bagaimana cara membuat loyalty program yang efektif dengan kursus IT di Coding Studio.

Ada banyak sekali hal yang bisa dipelajari seputar keahlian dalam bidang digital marketing dengan panduan instruktur andal serta profesional di bidangnya. Yuk daftar kursus di Coding Studio sekarang juga!

Related Articles