Customer Value Adalah: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tipsnya

Customer Value Adalah Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tipsnya

Customer value adalah bagian penting dalam memenuhi harapan dan juga kebutuhan pelanggan serta untuk mempelajari perubahan pelanggan dari waktu ke waktu. Pelaku bisnis sangat disarankan untuk memahami customer value karena bisa membantu mengembangkan bisnis di era digital saat ini. Agar lebih memahami customer value bisa lihat ulasan singkat berikut ini.

Apa Itu Customer Value?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai customer value maka perlu mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa itu customer value? Customer value merupakan tingkat kepuasan dan manfaat yang bisa diperoleh konsumen terhadap produk maupun penggunaan layanan bisnis yang diberikan melalui tindakan tertentu. Tindakan tersebut diantaranya adalah pemberian produk atau melakukan pendaftaran.

Sebagai seorang pelaku bisnis sangat diwajibkan untuk benar-benar mengetahui bagaimana caranya menghitung tingkat kepuasan dan tahu bagaimana caranya meningkatkan customer value agar bisnis yang dijalani bisa cepat berkembang.

Manfaat Customer Value

Untuk bisa membangun customer value memang membutuhkan waktu yang cukup lama tapi ada manfaat customer value yang nantinya bisa dirasakan pelaku bisnis seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Manfaat Customer Value

Meningkatkan kepuasan konsumen

Bisnis yang dijalankan jangan memperhatikan customer value nantinya bisa mendapatkan keuntungan berupa meningkatnya kepuasan konsumen. Jika konsumen sudah merasa puas dengan produk yang dibeli ataupun dengan layanan yang diberikan pelaku bisnis nantinya ada peluang konsumen tersebut akan melakukan pembelian produk lagi sehingga keuntungan pelaku bisnis bisa bertambah.

Memberikan pengalaman belanja luar biasa kepada konsumen

Konsumen juga bisa merasakan pengalaman berbelanja yang positif, konsumen yang merasakan pengalaman seperti ini akan bisa mendatangkan keuntungan jangka panjang untuk pelaku bisnis. Konsumen yang selalu merasa senang saat berbelanja produk maupun saat menggunakan layanan bisnis pasti akan terus membeli produk.

Baca Juga:  Video Advertising Adalah: Pengertian, Macam dan Tipsnya

Meningkatkan loyalitas konsumen

Manfaat lain customer value adalah bisa membuat loyalitas konsumen menjadi meningkat. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, menyebutkan bahwa konsumen yang memperoleh pengalaman berbelanja positif akan lebih setia dengan brand produk tertentu. Dengan meningkatnya loyalitas konsumen tersebut bisa membuat pelaku bisnis merasa tenang karena konsumen tidak mungkin akan pergi ke pesaing.

Meningkatkan efisiensi

Customer value juga bisa membantu pelaku bisnis untuk lebih memahami produk dan layanan mana saja yang bisa membuat pelanggan merasa puas dan mendatangkan banyak keuntungan. Dengan mendapatkan informasi tersebut nantinya pelaku bisnis bisa lebih fokus mengalokasikan dana yang dimiliki untuk mengembangkan produk 

Fungsi Customer Value

Fungsi Customer Value

Selain memiliki banyak manfaat ternyata fungsi customer value juga tidak kalah banyak dan berikut adalah beberapa fungsi dari customer value.

  • Membantu proses pembuatan strategi bisnis
  • Mengidentifikasi apa yang menjadi keinginan konsumen
  • Memudahkan menetapkan harga produk ataupun layanan bisnis
  • Meningkatkan layanan kepada konsumen
  • Membantu proses mengalokasikan dana

Fungsi yang sudah disebutkan di atas tadi akan benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik apabila pelaku bisnis sudah mengetahui secara pasti semua hal yang ada hubungannya dengan customer value.

Parameter Customer Value

Ada beberapa faktor atau parameter yang mempengaruhi customer value dan untuk tahu apa saja parameter customer value ini bisa lihat daftarnya berikut ini.

  • Kualitas produk
  • Pengaruh sosial
  • Harga produk
  • Layanan bisnis
  • Branding produk
  • Jumlah pendapatan calon konsumen
  • Dan lain sebagainya

Semua parameter yang sudah disebutkan tadi tidak semuanya bisa dikontrol pelaku bisnis jadi pelaku bisnis bisa fokus pada beberapa parameter untuk meningkatkan customer value. Agar lebih mudah mengontrol parameter ada baiknya untuk ikut kursus IT di Coding Studio.

Cara Analisa Customer Value

Selain harus memahami parameter juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan analisis customer value agar tahu caranya menambah customer value. Langkah menganalisa value ini bisa dilihat selengkapnya berikut ini.

Cara Analisa Customer Value

Mengidentifikasi penilaian konsumen 

Untuk bisa mengidentifikasi bagaimana penilaian konsumen terhadap sebuah produk caranya cukup mudah tinggal memberikan pertanyaan kualitatif dan pertanyaan kuantitatif untuk melakukan evaluasi nilai layanan atau nilai produk yang dijual. Pada saat melakukan proses ini bisa memberikan penilaian skala 1 sampai 10 untuk produk yang dijual.

Baca Juga:  Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator

Mengukur total customer cost

Langkah berikutnya dalam proses menganalisa customer value adalah mengukur customer cost agar nantinya bisa mengategorikan antara intangible cost dan juga tangible cost. Dengan melakukan langkah ini nantinya pelaku bisnis jadi bisa menghitung total biaya moneter dan membandingkan biaya tersebut dengan biaya lainnya.

Contoh Customer Value

Contoh customer value yang bisa ditemukan sehari-hari adalah ada seorang penjual ayam geprek yang membuat berbagai macam varian menu sambal untuk menemani menu ayam geprek dengan harga satu porsi 15 ribu. Konsumen yang sudah pernah membeli ternyata tidak kembali lagi.

Penjual lalu melakukan evaluasi dan memberikan promo menarik yaitu dengan mengurangi bahan sambal dan memberikan sambal gratis dengan biaya operasional yang sama. Dengan melakukan inovasi seperti ini membuat konsumen yang datang setiap harinya semakin bertambah jumlahnya.

Tips Menambah Customer Value

Ada beberapa tips menambah customer value yang bisa dipraktikkan oleh pelaku bisnis, diantaranya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen baru maupun konsumen lama. Contoh pelayanan yang harus diberikan adalah menyediakan layanan customer service yang bisa digunakan konsumen untuk menanyakan informasi seputar produk maupun layanan bisnis.

Tips lain untuk meningkatkan customer value adalah gunakan strategi promosi yang unik. Contohnya memberikan diskon untuk produk keluaran terbaru agar lebih cepat terjual dan lebih cepat dikenal masyarakat luas sehingga produk tersebut bisa bersaing dengan produk lain yang dijual kompetitor.

Related Articles