Pitch Deck: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Pitch Deck Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Secara umum, pitch deck adalah sebuah cara yang dipakai bisnis maupun startup untuk menarik minat pelanggan atau investor dalam pemaparan rencana bisnis. 

Maka bisa dipahami, pitch deck harus ada saat Anda sedang membangun sebuah bisnis dan memerlukan dukungan dana untuk pengembangan. Bisnis atau startup yang baru saja mulai dibangun tentunya memerlukan modal yang tak sedikit jumlahnya. 

Pengertian Pitch Deck Dalam Bisnis

Pengertian Pitch Deck Dalam Bisnis

Seorang pebisnis yang baru mulai berkecimpung dalam bidang bisnis harus bisa memahami tentang apa itu pitch deck. Bahwa pitch deck adalah sebuah presentasi singkat yang dilakukan oleh pebisnis tentang rencana yang disusunya dalam bisnis. 

Namun meski bentuknya adalah presentasi singkat, konten yang harus dimasukkan ke dalam slide harus singkat, padat dan jelas untuk menjelaskan perencanaan bisnis dengan menarik. 

Manfaat Pitch Deck

Manfaat Pitch Deck

Adapun manfaat pitch deck untuk perusahaan adalah sebagai berikut.

Menjadi daya tarik audiens

Adanya pitch deck adalah mempunyai manfaat untuk menjadi daya tarik bagi audiens sehingga antusias pada produk bisnis. Audiens bisnis tersebut meliputi mitra bisnis, konsumen hingga calon investor lainnya yang potensial untuk pengembangan bisnis. 

Untuk membangun brand awareness

Pembuatan pitch deck yang menarik akan bermanfaat untuk membangun brand awareness dari audiens sehingga perusahaan bisa mencapai tujuannya. 

Menguatkan branding perusahaan

Pitch deck juga bisa dipakai untuk menguatkan branding yang sedang dilakukan oleh perusahaan baik yang baru berdiri maupun yang sedang mengembangkan bisnisnya. 

Menambah jumlah modal

Semakin banyak investor yang tertarik pada bisnis maka akan semakin bertambah juga jumlah modal yang datang pada sebuah bisnis. 

Baca Juga:  Core Value: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Menyampaikan pesan bisnis pada audiens

Pesan yang disampaikan meliputi hal yang menjadi nilai penting yang harus dipahami dengan baik dari produk atau layanan bisnis Anda. Maka Anda harus bisa membuat sebuah pitch deck yang terlihat kreatif, menarik dan profesional. 

Elemen Utama Pitch Deck

Elemen Utama Pitch Deck

Dari penjelasan di atas, kiranya bisa dipahami bahwa tujuan pitch deck yang utama adalah untuk membuat bisnis mendapatkan kepercayaan investor untuk memberikan dukungan dana pada bisnis. 

Beberapa elemen penting yang harus tersedia dalam kerangka pitch deck adalah sebagai berikut. 

Judul

Usahakan untuk membuat judul dengan singkat, padat dan jelas agar supaya lebih mudah dipahami audiens. Bagian ini juga disebut dengan elevator pitch yang di dalamnya berisi nama dan jenis bisnis.

Permasalahan

Sebuah bisnis biasanya muncul dari permasalahan yang sedang dihadapi. Pada bagian ini juga akan menjelaskan pada audiens tentang siapa saja yang akan menjadi target pasar dalam bisnis tersebut. 

Solusi permasalahan

Penjelasan tentang bagaimana bisnis yang Anda tawarkan bisa menjadi solusi terbaik dari permasalahan tersebut. Bagian ini juga berisi tentang penjelasan lengkap dari produk atau layanan dari bisnis Anda. 

Rencana bisnis

Elemen yang berikutnya adalah untuk menjelaskan bagaimana perencanaan bisnis secara lengkap. Dari mulai bagaimana bisnis menjual produk atau layanan, harga dan perkiraan keuntungan, struktur biaya, rencana keuangan dan rencana cadangan dalam bisnis. 

Potensi pasar

Kemudian dalam pitch deck juga sangat penting untuk bisa menjelaskan potensi pasar ke depannya. Presentasi dengan pitch deck harus bisa dilakukan untuk menarik minat dan meyakinkan investor bahwa bisnis kita menjanjikan. 

Strategi bisnis

Elemen ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara bisnis untuk bisa bersaing di pasar bisnis. 

Persaingan bisnis

Anda bisa membandingkan produk bisnis dengan produk serupa lainnya, namun dengan memaparkan apa saja kelebihan, keunikan dan perbedaan dari produk lainnya tersebut. 

Tim bisnis

Dalam elemen ini, Anda bisa meyakinkan investor bahwa bisnis tersebut dikelola dengan baik dan benar oleh tenaga kerja yang profesional. 

Baca Juga:  Keyword Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Risetnya

Rencana keuangan bisnis

Berisi perkiraan biaya dan rencana keuangan yang akan dibutuhkan bisnis untuk membantu meyakinkan investor. Pihak investor pasti akan membutuhkan data dan informasi yang jelas serta terperinci mengenai rencana keuangan bisnis. 

Informasi tambahan

Elemen yang terakhir biasanya berisi informasi tambahan yang dibutuhkan untuk penjelasan lebih lanjut. Bagian ini meliputi alternatif exit strategy, model bisnis hingga strategic partnership

Setelah mengetahui elemen apa yang penting untuk tersedia di dalam pitch deck, ada beberapa tips membuat pitch deck agar bisa membuatnya terlihat menarik. Diantaranya adalah dengan memasukkan demonstrasi produk atau layanan bisnis dalam bentuk gambar, video atau foto dengan kualitas HD. 

Penting untuk diketahui bahwa bukan hanya susunan pitch deck saja yang harus diperhatikan dengan baik. Namun pembuatan pitch deck juga harus bisa diolah dengan maksimal seperti untuk mempertimbangkan tampilan presentasi, pemilihan kalimat, ukuran font dan lain sebagainya. 

Selanjutnya akan dibahas cara membuat pitch deck yang menarik minat audiens.

  • Buat materi pitch deck yang singkat namun bisa memberikan penjelasan yang sederhana
  • Buat pitch deck dengan jumlah tak lebih dari 10 slide dan berdurasi waktu tak lebihi dari 20 menit dengan font maksimal 30
  • Masukkan unsur visual dalam pitch deck yang dibuat seperti ilustrasi, diagram dan gambar yang menarik
  • Usahakan untuk menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami investor
  • Sajikan data penting saja di pitch deck hanya sebagai data pendukung materi

Ada banyak sekali contoh pitch deck yang menarik dan biasanya memasukkan beberapa testimoni dari klien atau pelanggan yang sudah menggunakannya. Berikut adalah beberapa tips membuat pitch deck.

  • Sajikan data dan informasi langsung tepat pada sasaran
  • Pastikan slide presentasi tetap sederhana, berisi informasi yang dibutuhkan namun tetap menarik untuk disimak hingga akhir
  • Usahakan untuk mencantumkan data yang akurat yang didukung dengan data visual dan storytelling yang baik
  • Buat slide pitch deck yang memuat info dan data penting yang dibutuhkan investor
  • Selalu lakukan pembaruan pada pitch deck sehingga tetap relevan dengan beragam investor
Baca Juga:  Impression: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Menghitungnya

Sekian ulasan lengkap tentang pitch deck adalah satu hal yang harus ada dalam presentasi bisnis untuk menggaet investor sebanyak-banyaknya.

Jika Anda ingin meningkatkan keahlian dalam bidang bisnis digital bisa memilih untuk ikut kursus IT online di Coding Studio.

Related Articles