Pitching adalah: Pengertian, Tujuan, Tips dan Cara Melakukannya

Pitching adalah Pengertian, Tujuan, Tips dan Cara Melakukannya

Dalam dunia bisnis, pitching memiliki peranan yang sangat penting karena ikut menentukan berhasil atau tidaknya presentasi yang dilakukan di hadapan para penanam modal. 

Pitching mempunyai fungsi yang sangat penting sehingga untuk melakukannya harus diawali dengan persiapan yang optimal. Di antara tahapan persiapan pitching adalah seperti mengumpulkan data yang dibutuhkan dan membuat kerangka pitch yang menarik. 

Pengertian Pitching

Pitching adalah sebuah langkah untuk mempresentasikan atau menjelaskan sebuah ide bisnis pada pihak potensial seperti investor dengan tujuan secara khusus. 

Pengertian Pitching

Adapun ide bisnis yang dipresentasikan bisa beragam jenisnya, dari mulai ide produk yang akan dijual, ide bisnis startup kekinian, perencanaan bisnis dan lain sebagainya. Tujuan dilakukannya pitching secara sederhana adalah untuk memperoleh klien atau pelanggan dan juga untuk mendapatkan pendanaan bisnis. 

Singkatnya apa itu pitching merupakan langkah yang dilakukan oleh pebisnis untuk menjelaskan tentang ide bisnis baru dan menjadi upaya untuk memperoleh dukungan dari klien atas ide yang disampaikan. 

Tujuan Melakukan Pitching

Di bawah ini adalah beberapa tujuan pitching dilakukan dalam sebuah bisnis.

Tujuan Melakukan Pitching

Menambah relasi bisnis

Pitching dalam bisnis bisa dilakukan dengan tujuan untuk menambah relasi bisnis. Maka banyak pebisnis yang melakukan strategi pitching di sebuah acara yang mempunyai audiens dalam jumlah banyak. Dalam acara tersebut ada banyak kesempatan bagi pebisnis untuk bisa menarik lebih banyak pelanggan sekaligus untuk memperoleh lebih banyak penanam modal. 

Menunjukkan kredibilitas bisnis

Pebisnis yang akan melakukan pitching setidaknya harus menguasai beberapa keahlian seperti riset, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, komunikasi dan public speaking. Jika pitching bisa dilakukan dengan baik, maka secara tidak langsung hal tersebut menunjukkan kredibilitas sebuah bisnis yang akan membuat investor berminat pada bisnis tersebut. 

Baca Juga:  Remarketing: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Strateginya

Mendapatkan dukungan dana

Tujuan utama dari dilakukannya strategi pitching adalah untuk mendapatkan dukungan dana setelah dilakukannya presentasi ide bisnis terbaru pada investor. Jika investor tertarik, selanjutnya akan melakukan pendanaan yang bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. 

Membantu meningkatkan penjualan

Melakukan strategi pitching juga diklaim bisa membantu untuk meningkatkan penjualan. Seperti misalnya dengan melakukan kerja sama, melakukan bundling limited edition hingga berkolaborasi dengan tokoh entertainment populer. 

Semua hal yang disampaikan dalam langkah melakukan pitching bisa membantu meningkatkan penjualan sehingga semua pihak yang terlibat dalam bisnis mendapatkan keuntungannya masing-masing. 

Setelah menyimak beberapa hal yang menjadi tujuan dari dilakukannya strategi pitching, Anda pastinya lebih paham tentang betapa pentingnya pitching dalam sebuah bisnis. Bahkan dengan adanya pitching, seorang pebisnis bisa lebih mengenal siapa calon audiens bisnisnya yang berpotensi untuk menjadi rekan atau investor bisnisnya. 

Tips Dalam Melakukan Pithcing

Tips melakukan pitching agar berhasil sesuai dengan yang diharapkan diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Usahakan untuk bisa mengenali target audiens dengan benar seperti mengetahui apa yang mereka butuhkan, apa harapan mereka dan masalah yang dihadapinya
  • Tentukan hal unik dan yang menjadi ciri khas dari produk atau layanan bisnis Anda yang membedakan dengan milik bisnis yang lain
  • Tampilkan jenis strategi yang digunakan untuk mengembangkan bisnis diantaranya dengan menggunakan cara marketing konten
  • Persiapkan pitch deck yang akan dipakai untuk presentasi dengan matang dan sebaik-baiknya
  • Jika memungkinkan, usahakan untuk melengkapi presentasi dengan demonstrasi produk yang ditawarkan pada audiens
  • Sajikan metode pemaparan produk dengan cara yang lebih interaktif sehingga audiens akan terlibat secara tidak langsung
  • Jangan lupa untuk memberikan CTA yang berkesan pada audiens
Cara Tepat Melakukan Pitching

Cara Tepat Melakukan Pitching

Bagaimana caranya untuk melakukan pitching dengan baik dan benar? Cara untuk melakukan pitching adalah yang tepat adalah sebagai berikut.

Kenali siapa audiens bisnis Anda

Lakukan penelitian terutama dengan tujuan untuk mengenal siapa yang menjadi audiens dalam bisnis Anda. Dalam hal investasi, calon investor harus bisa dikenali dengan baik agar supaya bisa bekerja sama secara optimal. Di antara hal yang bisa ditanyakan adalah seperti jenis industri yang diinvestasikan, latar belakang dan budaya bisnis investor hingga tahapan berinvestasi. 

Baca Juga:  Forecast Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Siapkan pitch deck secara matang

Pitch deck adalah slide yang digunakan untuk presentasi yang berisi pemaparan deskripsi bisnis, ide dan peluang bisnis yang ingin ditawarkan pada investor. Setidaknya dalam sebuah pitch deck harus terdiri dari introduction, problem, solusi, peluang pasar, produk yang dijual, validasi produk, tim bisnis, persaingan pasar dan perkiraan biaya yang dibutuhkan. 

Jelaskan produk dan layanan dengan baik

Hindari untuk terlalu fokus pada presentasi ide bisnis pada investor. Pada kenyataannya, banyak investor yang justru lebih berfokus tentang bagaimana mereka mendapatkan untung dari bisnis yang Anda tawarkan tersebut. Sehingga sangat penting untuk bisa menjelaskan produk dan layanan dengan baik serta benar. 

Paparkan detail bisnis dan peluangnya

Ketika melakukan pitching sangat penting untuk bisa memaparkan detail bisnis dan peluangnya secara terperinci. Detail tersebut meliputi ukuran pasar, rencana pebisnis untuk membuat pelanggan loyal, sikap pebisnis terhadap persaingan bisnis, rencana untuk mendapatkan keuntungan bisnis dan berapa jumlah modal yang dibutuhkan dalam bisnis. 

Lakukan presentasi dengan manajemen waktu yang efektif

Buat presentasi untuk cara melakukan pitching yang menarik sekaligus dengan mengelola waktu yang disediakan dengan sebaik-baiknya. Pastikan untuk membuat pitching dengan tampilan visual yang khas dan menarik sehingga bisa membuat investor antusias untuk menyimak.

Agar pitching bisa mencapai tujuannya, hindari beberapa kesalahan dalam pitching berikut ini:

  • Presentasi dilakukan dengan monoton, hanya membaca yang tercantum di dalam slide presentasi sehingga kurang interaktif
  • Kurang latihan presentasi sehingga membuat presentator terlihat grogi dan tidak menguasai materi
  • Presentasi dilakukan tanpa melakukan riset terlebih dahulu
  • Presentasi tidak dilakukan secara runtut sehingga tidak mudah dipahami audiens

Demikian penjelasan singkat tentang pitching adalah strategi penting untuk dilakukan dalam bisnis. Jangan lupa untuk tingkatkan skill Anda dalam bidang IT dengan mengikuti kursus online di Coding Studio.

Related Articles