Unique Selling Proposition (USP): Pengertian, Manfaat dan Tipsnya

Persaingan dalam dunia bisnis akan selalu ada dan setiap pebisnis akan berlomba-lomba untuk memperebutkan konsumen. Namun dari pesaing bisnis kita akan banyak belajar tentang seperti apa kualitas produk mereka dan bagaimana strategi marketing yang mereka terapkan. Jika Anda mampu mengidentifikasi apa itu Unique Selling Point (USP) maka hal tersebut akan menjadikan brand bisnis lebih menonjol dari pesaing bisnis. 

Pengertian Unique Selling Proposition (USP)

Apa itu Unique Selling Point atau Unique Selling Propostion merupakan satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap brand bisnis sehingga terlihat menarik di hadapan pesaing bisnis. Unique Selling Point adalah sebuah pertimbangan atau faktor yang dimiliki pihak penjual yang dijadikan alasan bahwa produk atau jasa yang mereka miliki jauh lebih baik dari pesaing bisnis. 

Manfaat Unique Selling Proposition (USP)

Manfaat Unique Selling Proposition (USP)

Bisa dikatakan USP memiliki peran sebagai “wajah” dari sebuah produk atau brand sehingga harus dibuat se-unik dan semenarik mungkin untuk menjadi daya tarik. USP yang dibuat harus bisa menggambarkan citra atau image dari sebuah brand bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat USP dalam bisnis yaitu: 

1. Untuk meningkatkan pendapatan bisnis 

Semakin akurat USP yang disajikan pada konsumen mengenai produk atau layanan bisnis akan berpengaruh pada jumlah peningkatan pendapatan bisnis. Konsumen akan melihat produk atau layanan bisnis Anda menjadi satu hal yang bagus dan berkualitas sehingga mereka berminat untuk membeli atau menggunakannya. 

2. Menjadi identitas bisnis 

Keberadaan USP dalam bisnis bisa menjadi identitas atau ciri khas bisnis Anda sehingga terlihat berbeda dari bisnis kompetitor. Anda bisa memasukkan di dalam USP seperti fitur yang unik, tampilan user interface yang mudah dipahami, produk dibuat dari bahan berkualitas dan lain sebagainya. 

3. Memudahkan brand bisnis untuk promosi 

Dengan adanya apa itu Unique Selling Point maka brand bisnis Anda akan lebih mudah untuk melakukan promosi. Misalnya jika bisnis Anda mempunyai konsumen yang sudah loyal, maka mereka akan mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda pada orang yang ada di sekitarnya. Umumnya jenis promosi seperti ini justru jauh lebih berhasil untuk menjadi strategi marketing.  

Baca Juga:  Mengenal Teori Gestalt Dalam Design UI serta Kelebihan dan Kekurangannya

4. Membangun citra atau image bisnis 

USP juga bisa digunakan untuk membangun citra atau image bisnis yang lebih baik dan positif. Jika bisnis Anda dipandang memiliki citra atau image yang bagus dan positif maka konsumen pun akan lebih loyal pada brand tersebut. Selanjutnya, upayakan untuk tetap memberikan produk berkualitas dan layanan terbaik di samping menawarkan jenis USP yang menarik. 

Cara Membuat Unique Selling Proposition (USP)

Cara Membuat Unique Selling Proposition (USP)

Jika sebuah bisnis berhasil membuat USP yang menarik, maka tak perlu khawatir lagi meski pesaing bisnis jumlahnya semakin bertambah. Hal tersebut dikarenakan produk atau layanan bisnis Anda sudah mempunyai keunggulan serta keunikan yang bisa menyasar target pasar yang lebih spesifik sehingga bisa menjual produk yang lebih menarik. 

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk membuat apa itu Unique Selling Point yang bisa menarik perhatian konsumen dengan ringkas, mudah dan tepat: 

  • Buat daftar manfaat atau keunikan dari produk serta layanan bisnis yang ditawarkan pada konsumen. Umumnya konsumen akan cenderung lebih tertarik untuk membeli produk jika memang mempunyai sesuatu yang mereka butuhkan. 
  • Lakukan riset pasar untuk mengetahui bisnis mana saja yang menjadi kompetitor dan lihat seperti apa USP yang mereka miliki. Dari data tersebut Anda bisa mengetahui bahwa meski produk atau layanan yang dijual sama, namun memiliki keunikan yang berbeda. 
  • Bandingkan produk bisnis dengan kompetitor dengan tujuan untuk melihat apa kelebihan dan kelemahan yang dimiliki produk bisnis Anda. Dengan begitu maka Anda jauh lebih mudah untuk menentukan USP yang menarik untuk bisnis.  

Tips Menentukan USP

Setelah mengetahui bagaimana cara menentukan USP yang menarik, Anda selaku pebisnis juga harus mengetahui apa saja tips untuk menentukan USP terbaik dalam bisnis. Tujuannya adalah agar bisnis bisa berkembang dan sukses sesuai yang diharapkan. Berikut ini beberapa tips menentukan USP di dalam bisnis: 

  • Ketahui apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen dalam bisnis Anda dan usahakan untuk memberikan layanan yang terbaik 
  • Pastikan untuk bisa memberikan layanan yang memuaskan untuk pelanggan baik secara fisik maupun batin 
  • Ketahui bagaimana cara pesaing bisnis Anda bekerja, caranya cukup mudah yaitu dengan mencoba untuk bertransaksi dengan pesaing bisnis sehingga bisa mengetahui apa yang menjadi keunggulan dalam bisnisnya 
Baca Juga:  Carousel Adalah? Definisi, Jenis Dan Tips Membuat Carousel

Contoh Unique Selling Point (USP)

Contoh unique selling point atau USP beberapa brand yang sudah popular dan sukses memiliki pelanggan yang loyal: 

  • Shopee 

Sebagai salah satu marketplace yang dikenal luas dan sudah memiliki banyak pengguna, Shopee semakin diminati karena memiliki USP berupa layanan COD dan gratis ongkir. 

  • Starbucks 

Terkenal sebagai produk kopi yang dijual dengan harga mahal, Starbucks berhasil memiliki cabang yang tersebar pada berbagai negara di dunia. Kuncinya adalah Starbucks mempunyai USP untuk menjual value yaitu kopi premium dengan kualitas kopi yang terjaga dengan baik. 

  • IKEA 

USP yang dimiliki oleh brand IKEA adalah popular dengan produksi barang dengan kualitas tinggi, awet dan tak mudah rusak namun dijual dengan harga terjangkau. 

Sekian penjelasan singkat tentang apa itu Unique Selling Point (USP) yang menjadi hal penting yang sebaiknya dimiliki setiap bisnis. Tanpa adanya USP, maka sebuah perusahaan atau bisnis tak akan bisa berkembang dan akan kesulitan untuk membuat konsumennya menjadi loyal pada produk atau layanan bisnis. 

Jika Anda ingin mempelajari lebih mendalam seputar USP bisa mengikuti kursus IT online di Coding Studio bersama dengan mentor ahli dan berpengalaman di bidangnya. Yuk segera daftar dan upgrade keahlianmu sekarang juga!