Salah satu strategi pemasaran yang kini banyak dicoba kalangan pebisnis adalah dengan menggunakan brand story. Brand story adalah sebuah kisah tentang sebuah produk bisnis yang dibuat dengan otentik serta melibatkan emosional target bisnis. Tujuannya adalah untuk bisa mengenalkan brand bisnis pada target konsumen sekaligus mengarahkan mereka untuk tertarik dan melakukan pembelian atau penggunaan produk layanan bisnis tersebut.
Pengertian dan Tujuan Brand Story
Maka bisa dipahami tujuan dari dibuatnya brand story adalah untuk memperkuat identitas brand bisnis sekaligus untuk menjadi pedoman bisnis akan dibawa ke mana. Bahwa dengan adanya brand story, maka Anda tahu apa saja yang perlu diutamakan atau diprioritaskan tanpa melupakan nilai hidup yang dianut. Cerita bisnis jika dirangkai dan dibuat dengan baik dan benar bisa memberikan tujuan brand story bisa tercapai yaitu:
- Kejelasan dari tujuan, misi dan core value sebuah brand bisnis
- Untuk meningkatkan lead generation
- Untuk menjadikan calon konsumen merasa sayang jika mereka kehilangan pengalaman belanja produk atau layanan bisnis
- Menawarkan pengalaman berbelanja, bukan hanya sekedar menggunakan produk atau layanan bisnis
Manfaat Brand Story
Diketahui pengertian brand story bukan hanya menceritakan produk atau layanan dari sebuah brand saja, namun juga tentang hal yang jauh lebih luas. Oleh sebab itu, ada beberapa manfaat brand story untuk perusahaan atau bisnis yang penting untuk Anda ketahui, yaitu:
1. Membangun kepercayaan pelanggan
Bahwa sebuah brand story bisa menceritakan mengenai bagaimana proses brand bisnis tersebut untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk maupun layanannya. Misalnya saja dengan menggunakan brand story untuk menjelaskan bahwa semua produk yang dibuat menggunakan bahan ramah lingkungan, perusahaan yang memberikan gaji yang layak untuk pegawainya hingga produk yang dibuat dengan kualitas lebih tahan lama. Cerita bisnis tersebut akan membangun kepercayaan konsumen secara psikologis dengan menyentuh sisi emosional pembaca.
2. Membentuk image atau citra Perusahaan
Brand story adalah strategi yang bisa dimanfaatkan untuk mempengaruhi emosi dan pikiran konsumen untuk membentuk image atau citra positif masyarakat tentang brand bisnis tersebut. Anda bisa memasukkan kisah perjalanan bisnis yang bisa menarik sekaligus memberikan inspirasi bagi banyak orang.
3. Mendorong pertumbuhan bisnis
Jika brand story dari sebuah brand berhasil membangun emosi serta kepercayaan dari konsumen maka hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri untuk bisnis. Konsumen bisa melakukan transaksi berikutnya, bahkan juga akan merekomendasikannya pada orang lain yang ada di sekitarnya. Hal tersebut akan mendorong adanya pertumbuhan bisnis yang pesat.
Cara Membuat Brand Story
Membuat brand story bukanlah suatu hal yang sepele, karena Anda harus bisa membuat dan merangkainya dengan benar. Berikut ini adalah beberapa cara membuat brand story agar berhasil mencapai tujuannya:
- Tentukan apa yang menjadi alasan bisnis berdiri, misalnya dengan beberapa pertanyaan “apa tujuan bisnis ini?”, “mengapa kita ada?” dan lainnya
- Kenali produk bisnis dengan baik dengan menceritakan tentang bagaimana produk bisnis tersebut bisa menjadi solusi terbaik atas kebutuhan konsumen
- Ketahui sudut pandang konsumen, dengan menceritakan siapa yang menjadi target bisnis, berapa usianya hingga apa yang sedang diminati oleh konsumen dengan tujuan bisa menarik kesimpulan sudut pandang yang menarik pada brand story
Cara Menerapkan Brand Story
Cara penerapan brand story diantaranya adalah dengan menggunakan beberapa strategi agar proses marketing bisa lebih maksimal. Berikut tips efektif untuk menerapkan brand story adalah:
- Gunakan bahasa yang sederhana untuk lebih mudah dipahami oleh target konsumen dari berbagai kalangan
- Sesuaikan cerita dalam brand story dengan target calon konsumen yang dituju agar berhasil tepat pada sasaran
- Buat sebuah kisah yang bisa membangkitkan rasa emosional konsumen untuk menjadikan konsumen lebih mudah mengingat atau mengenal brand tersebut
- Usahakan untuk membuat narasi cerita tentang merek bisnis yang berbeda agar bisa memberikan kesan yang berbeda, lebih positif sekaligus memiliki daya tarik
Banyak juga bisnis atau perusahaan yang menerapkan strategi membangun brand story dengan cara meminta feedback dan berupaya melibatkan pelanggan secara aktif dalam perbincangan baik dalam forum maupun media sosial. Dari hal tersebut akan diperoleh informasi apa saja yang dirasakan oleh pelanggan, pengalaman untuk menggunakan produk atau layanan jasa dan lain sebagainya.
Contoh Brand Story
Contoh brand story yang banyak ditemukan di pemasaran bisnis adalah sebagai berikut:
Sebuah brand story yang dibuat dari perusahaan kertas, yang ingin memberitahukan pada pelanggan bahwa produk mereka berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan kampanye yang memperlihatkan bahwa mereka secara bertanggung jawab memperoleh bahan mentah dan melakukan wawancara karyawan kompeten dan berwawasan luas untuk mendukung praktik ramah lingkungan. Di dalamnya mereka juga membagikan info tentang beragam organisasi nirlaba yang mendukung mereka dengan gerakan menanam 1.000.000 pohon di tahun tersebut.
Secara otomatis brand story yang mereka bagikan akan sangat membantu perusahaan atau bisnis untuk membangun kepercayaan dengan konsumen. Selain itu, adanya brand story yang melibatkan karyawan dan pendidikan dengan mempunyai dukungan tim ahli dalam operasional perusahaan turut memberikan info penting pada konsumen. Perusahaan atau bisnis terlihat memiliki komitmen yang bagus di masa yang akan datang untuk ikut serta memperbaiki lingkungan alam.
Demikian penjelasan tentang brand story adalah sebuah strategi marketing yang efektif untuk bisnis Anda di masa kini. Anda juga bisa belajar lebih lanjut seputar branding atau praktik pemasaran bisnis khususnya untuk digital marketing dengan mengikuti kelas kursus IT online di Coding Studio. Ada banyak tutor profesional dan berpengalaman di bidangnya yang siap berbagi ilmu serta pengalaman yang dimilikinya. Yuk daftar sekarang juga.