Brotli Compression: Pengertian, Cara Kerjanya dan Kelebihannya

Brotli Compression Pengertian, Cara Kerjanya dan Kelebihannya

Kecepatan website sangat berpengaruh ke user experience beserta SEO sehingga mampu meningkatkan engagement bahkan sales revenue dan conversion rate ikut meningkat. Salah satu cara meningkatkannya dengan menggunakan Brotli Compression.

Pertanyaan seputar apa itu Brotli Compression tentu kerap ditanyakan terutama bagi Anda yang awam akan hal ini. Sebenarnya Brotli merupakan alat kompresi data yang nantinya berpengaruh pada kecepatan loading web.

Untuk informasi lebih jelas mengenai pengertian, manfaat, cara kerja, cara cek, dan juga kelebihannya maka simak informasi berikut ini.

Pengertian Brotli Compression

Brotli adalah suatu algoritma kompresi data yang sifatnya open source dan dikembangkan dua engineer Google. Algoritma tersebut pertama dirilis pada tahun 2015.

Pengertian Brotli Compression

Beberapa di antara Anda pernah mendengar gzip yang merupakan salah satu dari algoritma kompresi paling banyak digunakan. Namun sekarang terdapat algoritma kompresi populer lainnya dan salah satunya yakni Brotli.

Brotli memang dirancang melakukan text compression serta bisa mengecilkan ukuran pada file sebanyak 20%-30% lebih kecil dibandingkan gzip. Untuk kecepatan encodingnya tergolong lambat dari gzip namun untuk kecepatan decodingnya setara dengan gzip.

Apa Manfaat Brotli Bagi Website?

Brotli memiliki kemampuan kompresi baik sehingga performa website lebih bagus sehingga proses loadingnya menjadi lebih cepat. Kecepatan web menjadi hal penting karena memang banyak audiens tidak senang menunggu lama.

Jika kecepatan loading web lama maka conversation rate bisa mengalami penurunan. Jadi manfaat dari Brotli ini bisa mengurangi kemungkinan penurunan conversation rate tadi.

Cara Kerja Brotli Compression

Setelah mengetahui secara singkat apa itu Brotli maka sekarang informasi mengenai cara kerjanya. Untuk lebih jelasnya berikut caranya.

Cara Kerja Brotli Compression

a. Pengenalan Pola Data

Ketika akan melakukan kompresi data maka Brotli mengidentifikasikan pola data ke teks. Pengindentifikasian tadi dapat berupa pengulangan kata-kata, karakter, ataupun segmen data lainnya yang mampu dikompresi secara baik.

Baca Juga:  First Input Delay: Pengertian dan Cara Optimasinya

b. Penggantian Pola

Setelah identifikasi dilakukan maka pola tadi akan diganti menjadi kode yang jauh lebih pendek, kode tadu direpresentasikan ke kamus yang telah dibangun sebelumnya, pergantian pila dapat mengurangi ukuran data.

c. Mengurangi Redudansi

Redudansi data dilakukan dengan cara menghilangkan informasi yang memang tidak dibutuhkan ataupun dengan cara merepresentasikan informasi ke dalam format yang memang lebih efisien.

d. Pengompresan Lossless

Memiliki artian data yang didekompresi tetap identik dengan data aslinya. Sehingga Anda tidak kehilangan informasi ketika memakai Brotli.

e. Pemulihan Data

Ketika data sampai pada pihak penerima, maka data akan didekompresi lagi pada bentuk semula memakai kamus yang serupa dengan kompresi. Data akan identik sehingga Anda tidak akan kehilangan informasi.

Cara Mengecek Brotli

Setelah memahami apa itu Brotli Compression maka berikut adalah cara cek Brotli yang bisa dilakukan. Banyak web browser yang bisa digunakan untuk pengecekan dan salah satunya yakni Firefox.

  • Masuk ke Firefox kemudian buka Application Menu dan pilih More Tools –> Web Developer Tools.
  • Masuk ke Network.
  • Nanti akan menemukan Accept Encoding dan perhatikan di bagian Headers. Ketika telah mencakup br, maka artinya telah mendukung Brotli.

Tidak hanya browser akan tetapi server yang dituju juga sudah mendukung kompresi memakai Brotli. Pastikan jika layanan hosting yang digunakan memakai server dengan dukungan Brotli.

Pengecekan Brotli pada website cukup memasukan URL pada website ke dalam tool Brotli Test yang berasal dari KeyCDN.

Ketika hasil pada kolom hijau bertuliskan “Brotli compression is supported”, itu artinya kompresi Brotli dapat berjalan secara baik.

Kelebihan Brotli untuk Website

Kelebihan Brotli untuk Website

Apa itu brotli compression sudah bisa dijawab dengan baik yang mana ini merupakan tools untuk meningkatkan kecepatan loading web. Tidak hanya itu saja Brotli juga mempunyai kelebihan lain dan berikut informasinya.

a. Tingkat Kompresi Lebih Baik

Kompresi lebih baik dibandingkan metode kompresi lainnya jadi file teks (JavaScript, CSS, dan HTML) menjadi lebih kecil untuk ukuran, mempercepat loading web, dan menghemat bandwidth sehingga web lebih responsif.

Baca Juga:  UX Designer: Pengertian, Tugas dan Cara Memulai Kariernya

b. Peningkatan Kecepatan

Ukuran file lebih kecil maka waktu loading akan berkurang dengan signifikan. Ini berdampak pada pengurangan tinggal pantulan atau bounce rate serta meningkatkan retensi pengunjung.

c. Dukungan Browser

Sudah banyak browser web modern yang mendukung. Keuntungannya tidak perlu dilakukan penginstalan perangkat tambahan ataupun konfigurasi apapun supaya bisa memanfaatkan kompresi Brotli.

d. Dukungan Server Web

Server web populer juga banyak yang sudah mendukung sehingga pengaktifan Brotli lebih mudah serta pengiriman konten web lebih optimal.

e. Efisiensi Pemakaian CPU

Pemakaian CPU efisien jadi Anda bisa menjalankan operasi kompresi secara baik tanpa perlu mengorbankan kinerja yang memang signifikan.

f. Keamanan

Keamanan yang baik membantu melindungi web dari ancaman keamanan yang bisa saja memanfaatkan celah di proses kompresi.

Pastinya dengan seluruh keunggulan tadi, sebagai pengguna website Anda akan memperoleh pengalaman yang pastinya lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien ketika akan mengakses konten pada website. Pastinya penerapan Brotli menjadi suatu langkah pentung pada upaya peningkatan kinerja serta daya saing web di dunia maya.

Itulah informasi mengenai Brotli sehingga pertanyaan seputar apa itu Brotli Compression sudah bisa Anda ketahui. Pengetahuan semacam ini pastinya perlu diketahui terutama bagi para pemilik website supaya bisa diakses dengan cepat.

Jika tertarik mengetahui seputar IT dan tidak terbatas hanya pada Brotli saja maka Anda perlu mengambil kursus di Coding Studio. Banyak materi kursus menarik dan tentunya bermanfaat, untuk biaya jangan khawatir karena sangat terjangkau.

Related Articles