10 Cara Mempercepat Loading Website atau Blog

10 Cara Mempercepat Loading Website atau Blog

Kecepatan loading website sangat berpengaruh terhadap user experience sehingga Anda sebagai pengelola website perlu mengetahui bagaimana cara mempercepat loading web. Tentu sangat disayangkan jika website yang telah dibangun lama ternyata memiliki bounce rate atau tingkat pentalan tinggi. Hal ini dapat disebabkan karena faktor konten dan desain website yang kurang menarik.

Pentingnya Meningkatkan Loading Website

Pentingnya Meningkatkan Loading Website

Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa sangat penting untuk meningkatkan kecepatan loading website.

Memberikan Kepuasan Audiens

Kepuasan audiens menjadi salah satu kunci sukses dalam membangun website. Jika audiens sepuas dengan pengalaman dalam mengakses website Anda maka memungkinkan mereka untuk datang kembali mengakses website tersebut atau merekomendasikannya kepada orang lain.

Meningkatkan Peringkat SEO

Kecepatan website sangat berpengaruh terhadap peringkat SEO situs Anda. Semakin cepat loading website maka banyak para pengunjung yang betah mengakses website tersebut sehingga Google mengindeksnya sebagai website berkualitas.

Menurunkan Tingkat Bounce Rate

Bounce rate merupakan indikator kritis untuk mengetahui efektivitas halaman website dalam mempertahankan kunjungan audiens. Loading web yang lambat menjadi salah satu penyebab tingginya bounce rate. Pengunjung cenderung tidak suka terlalu lama menunggu sehingga mereka memutuskan untuk meninggalkan website tersebut jika loading terlalu lama.

Cara Efektif Mempercepat Loading Website

Cara Efektif Mempercepat Loading Website

Lalu bagaimana cara mempercepat loading website secara efektif? Berikut beberapa tips untuk mempercepat website.

1. Optimasi ukuran gambar

File gambar dengan ukuran terlalu besar menyebabkan halaman website mengalami loading lambat. Untuk itu coba menerapkan strategi optimasi gambar secara efektif dengan kompresi gambar tanpa mengurangi kualitas visualnya.

Baca Juga:  Struktur Data: Pengertian, Tipe dan Kegunaan

Gunakan juga Format gambar yang tepat misalnya format JPEG untuk gambar warna-warni dan detail, format PNG untuk gambar sedikit warna dan membutuhkan lapisan transparan.

2. Optimasi tema website

Salah satu cara untuk mempercepat loading website yaitu melakukan optimasi tema website, karena tema menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Usahakan memilih tema website yang atraktif dari segi visual dan memberikan pengaruh pada kecepatan loading web.

Tema dengan banyak fitur memang memudahkan proses setting layout tetapi server harus bekerja lebih keras sehingga menyebabkan waktu.

Jadi tidak masalah jika Anda menggunakan tema website dengan beberapa fitur saja, tetapi kecepatan loading website optimal. Jangan lupa untuk tetap memilih tema website yang eye catching.

3. Maintenance website

Website yang sering dilakukan maintenance ternyata memiliki performa yang lebih baik termasuk dalam hal kecepatan loading website. Adapun maintenance website yang dapat dilakukan diantaranya menghapus revisi postingan lama, menghapus komentar spam dan menjaga WordPress dan plugin up to date.

Hal ini dilakukan agar menjaga performa website tetap stabil. Dengan begitu loading website menjadi lebih cepat dan para pengunjung pun lebih betah berlama-lama di website.

4. Memperbarui versi CMS

Mengubah CMS ke versi terbaru merupakan salah satu kunci cara mempercepat loading website. Jika Anda masih menggunakan CMS Classic Editor, cobalah ubah ke versi Gutenberg. Caranya yaitu klik “Writing” di menu Setting, kemudian ubahlah opsi default editor menjadi Block Editor.

5. Aktifkan Chacing

Chacing merupakan proses penyimpanan data halaman web sementara di browser sehingga browser tidak harus meminta data di halaman yang diakses berulang kali. Untuk itu, cobalah untuk mengaktifkan cache pada website sehingga resource server semakin sedikit yang digunakan.

6. Menghapus Plugin yang Tidak Digunakan

Untuk mempercepat loading website salah satunya dengan menghapus blue bin yang sudah tidak digunakan. Meskipun plugin memberikan kemudahan yang menggiurkan, tetapi hal ini menjadi salah satu penyebab loading website menjadi lambat.

Pasalnya, jumlah plugin sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading, baik plugin aktif maupun tidak aktif. Untuk itu, pertimbangkan untuk menghapus plugin yang tidak digunakan sehingga dapat mengoptimalkan loading website.

Baca Juga:  Widget Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

7. Perbarui versi PHP

Memperbarui versi PHP menjadi hal yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan performa website. Pembaruan PHP dapat membuat loading website menjadi lebih cepat karena versi PHP terbaru mengalami perbaikan dan optimasi yang membuat meningkatnya kecepatan eksekusi script PHP. Hal ini membuat laman web lebih cepat diakses sehingga memberikan user experience lebih memuaskan.

Pembaruan PHP juga memberikan keamanan yang lebih tinggi karena versi PHP terbaru memperoleh perbaikan keamanan reguler. Cara ini dapat mengurangi risiko eksploitasi kerentanan oleh penyerang sehingga website tetap aman.

8. Optimasi Database

Cara mempercepat loading website juga dapat melalui optimasi database. Jika sudah menggunakan WordPress dalam beberapa waktu, maka database akan menyimpan banyak informasi yang sudah tidak dibutuhkan. Untuk itu Anda dapat melakukan optimasi database dengan menyingkirkan semua informasi yang sudah tidak diperlukan.

9. Memilih Hosting yang Tepat

Cara ini menjadi salah satu kunci terbaik untuk meningkatkan kecepatan website, yaitu memilih hosting yang tepat. Hosting merupakan layanan dari fasilitas pengelolaan data untuk aplikasi maupun situs berbasis web yang dapat ditampilkan ke layar pengguna.

Loading website tidak dapat lebih cepat jika tidak menggunakan hosting berkualitas. Untuk itu, pilihlah layanan cloud hosting yang menggunakan standar kecepatan tinggi dengan berbagai fitur. Misalnya Time Machine Backup, LiteSpeed Enterprise, Selectable all PHP ver & modules, Ruby on Rails, MySQL, SVN dan lain-lain.

10. Optimasi Widget yang Digunakan

Untuk meningkatkan kecepatan loading website, Anda juga perlu melakukan optimasi widget yang digunakan. Beberapa widget butuh loading CSS atau JavaScript saat sedang menjalani render. Hal ini biasanya terjadi di widget Twitter, Facebook dan Google+.

Jika website tidak akan dilakukan update yang sering, maka bisa langsung upload ke server. Jadi tidak harus bergantung dengan server eksternal, sehingga waktu loading website dapat mengalami peningkatan.

Itulah beberapa cara mempercepat loading website yang dapat Anda lakukan sehingga performa website menjadi lebih optimal dan membuat user experience lebih memuaskan. Anda perlu banyak memahami tentang bagaimana cara untuk optimasi website, baik itu melalui mempercepat loading website, menyediakan konten berkualitas dan lain-lain.

Baca Juga:  Cara Menjadi Web Developer yang Handal

Untuk itu, kini hadir Coding Studio yang merupakan lembaga kursus IT yang dibuka untuk setiap kalangan sehingga dapat mengupgrade skill digital dengan optimal. Bagi Anda yang ingin mengembangkan kemampuan sebagai ahli IT, developer website dan sejenisnya, bisa langsung bergabung dengan kelas kursus IT online di Coding Studio yang tentunya akan didampingi oleh mentor profesional dan berpengalaman.

Related Articles