5 Tips Optimasi User Experience (UX) untuk Website SEO

5 Tips Optimasi User Experience (UX) untuk Website SEO

Laman website yang memiliki daya tarik secara visual merupakan sebuah tempat yang baik untuk memulai, meski begitu Anda tetap butuh adanya pengalaman pengguna yang baik untuk bisa mempertahankan jumlah pengunjung di website tersebut. Anda butuh tips optimasi user experience (UX) sehingga pengguna bisa memperoleh pengalaman yang baik dan menyenangkan saat berkunjung ke website tersebut. Penting untuk dianalisis, jika misalnya semakin lama jumlah pengunjung website Anda ternyata menurun setiap waktunya.

Tips Efektif Optimasi User Experience (UX) untuk Website

Saat mengelola sebuah website bisnis, biasanya Anda akan membuat sebuah konten pemasaran yang efektif untuk menghasilkan banyak peluang penjualan. Namun bagaimana jika yang terjadi adalah pengguna belum sempat menyimak konten pemasaran yang Anda buat karena loading laman yang berlangsung sangat lambat?

Seperti yang kita tahu, kebanyakan pengguna menginginkan untuk bisa mengakses sebuah laman website dengan cepat dan jika ternyata laman yang dikunjungi lambat atau tak responsif maka mereka akan langsung meninggalkannya.

Diketahui user experience (UX) dan optimasi SEO website menjadi 2 faktor yang sangat menentukan keberhasilan sebuah website bisnis. Di mana SEO memiliki fokus pada usaha untuk meningkatkan ranking atau posisi website di mesin penelusuran. Sedangkan UX sangat berhubungan erat dengan kualitas keterlibatan pengguna dengan website tersebut.

User experience merupakan satu hal yang dipakai untuk mengukur seberapa baik interaksi yang dilakukan pengguna dengan website. Termasuk ke dalam user experience diantaranya adalah tentang bagaimana pengguna merasakan pengalaman, melakukan interaksi dan mendapatkan manfaat dari website yang sedang dikunjunginya.

Jika pengguna mendapatkan kemudahan saat menggunakan dan mengakses website, puas dengan layanannya, website memiliki kecepatan yang bagus dan lengkap fiturnya maka bisa menjadi kriteria UX yang bagus.

Baca Juga:  B2C: Definisi, Contoh serta Manfaatnya dalam Bisnis Pemasaran

Untuk itu, Anda bisa menyimak setidaknya ada beberapa tips optimasi user experience (UX) pada website bisnis sehingga bisa memuaskan pengunjung yang datang.

Akses Website Mudah dan Cepat

Akses website mudah dan cepat

Salah satu hal yang sangat berpengaruh pada user experience pengguna pada sebuah website adalah ketika website tersebut bisa dengan mudah dan cepat untuk diakses. Anda harus mengoptimalkan website sehingga mempunyai loading yang cepat sehingga pengunjung tetap betah berada di website Anda. Cara untuk melakukannya pun terbilang cukup mudah yaitu:

  • Manfaatkan teknik caching
  • Pilih penyedia layanan hosting yang cepat
  • Maksimalkan ukuran file gambar dan script sehingga tak menghambat proses loading laman

Semakin cepat dan mudah akses sebuah website, dipastikan akan semakin bagus pengalaman pengguna yang diperoleh. Hal tersebut juga akan menjadikan pengguna tetap berada di laman website dan tertarik untuk mengeksplor lebih dalam.

Optimalkan desain agar lebih responsif

Penting untuk diketahui bahwa saat ini semakin banyak pengguna yang mengakses website dengan menggunakan beragam perangkat gadget. Maka Anda harus bisa memastikan website bisnis menjadi lebih responsif sehingga bisa beradaptasi dengan baik ketika diakses dengan berbagai perangkat tersebut. Laman website yang responsif akan menjamin pengguna memperoleh pengalaman pengguna yang lebih optimal serta konsisten.

Selain itu pastikan juga laman website Anda bisa dimuat dengan waktu yang cepat karena menurut penelitian, pengguna hanya butuh waktu 3 hingga 5 detik saja untuk memutuskan berpindah website. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi website agar lebih cepat dimuat, contohnya dengan gunakan penyedia layanan hosting yang berkualitas, pilih jenis server yang bisa menampung data website dan upload gambar atau video dengan ukuran yang kecil.

Buat Home Page yang minimalis namun menarik

Tips optimasi user experience (UX) berikutnya adalah untuk menjadikan halaman pertama website Anda atau Home Page dengan desain minimalis namun terlihat menarik. Laman Home Page menjadi halaman pertama yang akan diakses oleh pengguna ketika mereka berkunjung ke website Anda. Maka hanya dengan melihat tampilan laman Home Page saja, pengguna juga bisa memutuskan akan meneruskan penelusuran ke laman lainnya dalam website atau tidak.

Buat Home Page Minimalis

Pastikan untuk tidak meletakkan terlalu banyak informasi atau konten pada laman Home Page sehingga pengguna tak bingung mengakses informasi yang dibutuhkan. Anda bisa meletakkan informasi penting dari bisnis seperti nama serta logo perusahaan yang sedang dijalankan sehingga pengguna akan merasa lebih percaya dan nyaman untuk berinteraksi dengan website tersebut.

Baca Juga:  5 Istilah dalam Pemrograman Web yang Harus Diketahui Pemula

Sajikan konten dengan jelas, rapi dan mudah dipahami

Agar pengguna nyaman untuk menyimak konten yang ada di website Anda, usahakan untuk menyajikan jenis konten berkualitas yang tertata jelas, rapi dan mudah untuk dipahami. Misalnya jika konten Anda berbentuk informasi yang disajikan dalam bentuk teks panjang, sebaiknya buat dengan menggunakan poin-poin atau bulleted list.

Selain itu, menambahkan gambar dan video yang berkaitan dengan konten sangat penting untuk menunjang keberhasilan konten tepat pada sasaran. Sehingga pengguna bisa mengetahui informasi lengkap dari produk atau layanan tersebut untuk kemudian memiliki minat untuk membelinya.

Gunakan link dan pastikan link tidak rusak

Sudah banyak website yang memasukkan internal link ke dalam konten artikel di website mereka untuk tips optimasi user experience (UX). Namun sebaiknya pastikan link atau tautan yang dicantumkan bisa dibuka dengan baik. Jika ternyata tautan tersebut tak bisa dibuka maka akan sangat mengecewakan pengguna yang sudah mengklik tautan, karena mereka berharap memperoleh sesuatu yang diharapkan.

Sekian penjelasan singkat tentang tips optimasi user experience (UX) pada website bisnis. Jika bisa mempraktikkan beberapa tips efektif yang disebutkan di atas, maka Anda bisa meningkatkan pengalaman pengguna menjadi lebih baik.Jika ingin belajar lebih banyak tentang optimasi user experience, bisa langsung daftar kursus IT online di Coding Studio. Tersedia banyak materi kursus yang Anda butuhkan dan bisa diperoleh dari tenaga pengajar berpengalaman. Yuk daftar sekarang juga!

Related Articles