Layout pada Website: Definisi, Peran Dan Manfaatnya dalam Industri Bisnis

Layout pada Website Definisi, Peran Dan Manfaatnya dalam Industri Bisnis

Dalam dunia bisnis digital seperti saat ini, interaksi dengan konsumen atau pelanggan potensial sangat diperlukan untuk kesuksesan bisnis yang Anda kelola. Salah satu cara untuk memperkuat interaksi dengan konsumen atau pelanggan tersebut dapat Anda lakukan dengan penggunaan website.

Website yang Anda buat tersebut tentu juga harus mampu menarik pelanggan dengan strategi penggunaan Layout atau tata letak yang efektif. Apa itu Layout? Tata letak atau Layout adalah penyusunan tata letak maupun desain pada sebuah website dengan sedemikian rupa agar menghasilkan tampilan yang apik, menarik dan mampu memikat perhatian banyak orang.

Definisi Layout atau Tata Letak Pada Website dalam Industri Bisnis

Secara garis besar, Layout adalah komposisi desain baik itu teks, gambar maupun warna pada website yang menghasilkan visual atau tampilan yang menarik dan mampu mencuri perhatian banyak pengguna untuk mengakses website tersebut.

Pengertian Layout Website

Tujuan pembuatan layout seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah untuk menarik minat para pengguna atau pengunjung website agar tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut dalam website tersebut. Penggunaan Layout yang efektif memiliki peran yang sangat penting, terutama untuk website yang digunakan dalam industri bisnis.

Elemen-Elemen yang terdapat pada Layout sebuah website

Supaya website bisnis Anda bisa mengeluarkan potensinya dengan maksimal, elemen Layout pada website bisnis Anda harus Anda perhatikan dengan seksama. Ada beberapa elemen yang terdapat pada layout website seperti dijabarkan pada pembahasan berikut ini.

1. Area Navigasi atau Header.

Elemen pertama yang terdapat dalam Layout sebuah website adalah Area Navigasi atau disebut Header. Elemen ini berada di bagian paling atas halaman website dan biasanya meliputi Navigation Menu, logo dari perusahaan hingga informasi kontak akan perusahaan atau bisnis dalam website tersebut.

2. Logo dari bisnis atau perusahaan.

Logo dari bisnis atau perusahaan merupakan salah satu elemen yang harus Anda perhatikan dalam website bisnis Anda. Logo ini merepresentasikan bisnis yang Anda jalankan kepada para pengunjung dan pengguna yang ada. Dengan logo yang mudah diingat dan dicerna, pengguna dapat dengan mudah mengenali bisnis yang Anda jalankan.

3. Navigation Menu atau Menu Navigasi.

Dengan elemen berikut, memungkinkan pengunjung atau pengguna website lebih mudah dalam mengeksplorasi website bisnis tersebut. Melalui Navigation Menu, pengunjung dapat mengakses seluruh halaman dalam website dengan cepat dan mudah.

4. Content Area atau Bagian Utama dari Website.

Elemen berikutnya pada Layout adalah tempat dimana konten atau isi utama dari website Anda berada. Biasanya elemen yang satu ini berisikan berbagai teks, gambar maupun video yang berkaitan dengan bisnis yang Anda kelola atau jalankan.

5. Berbagai gambar serta video yang terkait dengan bisnis yang dikelola.

Supaya mampu menarik minat pengunjung dan pengguna website, elemen seperti gambar dan video merupakan bagian yang tidak boleh luput dari perhatian. Secara tidak langsung elemen tersebut menjadi aspek yang bisa meningkatkan minat dari para pengunjung dan pengguna website.

6. Tersedia CTA atau Call to Actions.

Prinsip dasar Layout adalah mampu memberikan tampilan menarik yang mampu mencuri perhatian dari para pengunjung untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan dalam website bisnis. Supaya memudahkan pengunjung website dalam membeli produk atau layanan yang ditawarkan, sediakan CTA atau Call to Actions untuk pengguna dan pengunjung website.

7. Manfaatkan ruang kosong atau whitespace yang ada pada website.

Supaya memberikan kesan yang rapi dalam website, manfaatkan ruang kosong atau whitespace yang ada pada website Anda tersebut. Hal kecil seperti pemanfaatan ruang kosong atau whitespace bisa membuat pengguna atau pengunjung website menilai jika bisnis Anda adalah bisnis yang profesional.

8. Sematkan tautan pencarian pada website.

Salah satu elemen yang memberikan kemudahan navigasi dalam website pada Layout adalah terdapatnya tautan pencarian. Tautan pencarian sedikit banyak akan mempermudah pengguna atau pengunjung website dalam mengeksplorasi website Anda sesuai dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan.

Elemen Layout Website

Cara Membuat Sebuah Layout Website Bisnis dengan Efektif dan Efisien

Supaya pembuatan Layout pada website dapat lebih efektif dan efisien, Anda perlu menyusun cara dan strategi yang tepat dan sesuai. Untuk bisa membantu Anda dalam membuat Layout, berikut beberapa cara membuat Layout website dengan efektif dan efisien yang bisa Anda terapkan secara langsung.

1. Rencanakan tujuan bisnis dan pahami target konsumen dalam bisnis Anda.

Sebelum melangkah lebih jauh ke pembuatan layout pada website bisnis Anda, ada baiknya susun dan rencanakan terlebih dahulu tujuan bisnis Anda terlebih dahulu. Setelah Anda sudah mengidentifikasi tujuan bisnis Anda, segera pahami target konsumen akan bisnis yang Anda jalankan.

Pemahaman akan target konsumen memudahkan Anda nantinya dalam pembuatan konten yang menarik dan lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan konsumen yang Anda miliki. Oleh sebab itu, Anda harus lebih cermat dalam memahami target konsumen dalam bisnis yang Anda jalankan.

2. Susun struktur dan navigasi website.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan penyusunan akan struktur halaman dan navigasi pada halaman website Anda. Pastikan Anda menggunakan struktur dan navigasi halaman website yang sederhana dengan tujuan memudahkan para pengunjung dan pengguna website nantinya.

3. Memiliki kemampuan yang adaptif dan responsif.

Layout yang efektif dan efisien adalah Layout website yang memiliki kemampuan adaptif dan responsif. Secara umum, kebanyakan pengguna atau pengunjung website lebih menyukai website dengan kecepatan membuka halaman yang cepat serta dapat diakses melalui berbagai macam perangkat.

4. Gunakan desain visual yang artistik.

Menarik tidaknya suatu website yang dikunjungi oleh pengguna jika dilihat dari Layout adalah bagaimana desain visual diaplikasikan pada website tersebut. Jika bisnis Anda memiliki ciri khas warna tertentu, pergunakan warna tersebut sebagai desain Layout agar citra bisnis Anda terlihat dan mudah dikenali serta mampu menarik perhatian para pengunjung.

5. Berikan konten-konten yang sesuai dan berkualitas.

Pastikan Anda menyuguhkan berbagai konten-konten menarik yang sesuai dan relevan dengan bisnis yang Anda kelola. Selain itu, setiap konten yang Anda suguhkan harus terjaga kualitasnya agar tetap mampu menarik minat pengunjung atau pengguna website setiap saat.

6. Manfaatkan alat analitik untuk mengevaluasi website Anda.

Evaluasi secara berkala pada website bisnis yang Anda kelola diperlukan untuk memantau perkembangan website Anda tersebut. Anda dapat menggunakan bermacam alat-alat analitik guna mencari bagian dari website yang mungkin butuh perbaikan secara optimal agar dapat bekerja dengan baik.

7. Selalu melakukan pembaharuan mengikuti tren yang berkembang.

Tren yang ada saat ini terus mengalami perubahan dan perkembangan tanpa Anda sadari. Demi keberlangsungan website Anda, pastikan Anda untuk selalu melakukan pembaharuan pada website Anda serta sebisa mungkin mengikuti perkembangan tren yang ada.

Pada dasarnya Layout adalah hal penting yang dapat menonjolkan website Anda, terutama dalam dunia bisnis. Pembuatan Layout yang tepat, efektif dan efisien sedikit banyak membantu Anda Mengembangkan bisnis yang Anda jalankan di masa yang akan datang.

Anda ingin menjadi professional dalam IT? Jangan lewatkan kesempatan emas ini! Kursus IT di Coding Studio telah membantu ribuan orang mencapai keberhasilan dalam dunia IT. Yuk ikuti kursus di Coding Studio sekarang dan rasakan perbedaannya. Instruktur terbaik akan membimbing Anda melangkah menuju kesuksesan. Jadi, jangan ragu lagi, daftarlah sekarang dan raih karir impian Anda!

Related Articles