Apa Itu Responsive Design Website? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Apa Itu Responsive Design Website Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Dilansir dari laporan Marketingdive, sejumlah 53% pengguna internet ternyata diketahui banyak yang memilih untuk meninggalkan website apabila loading-nya terlalu lama. Anda tentu juga setuju akan hal ini. Oleh karena itu responsive design website adalah solusi tepat yang harus dimiliki pemilik website.

Hal tersebut karena apabila desain website yang dimiliki tidak responsif, dampaknya kebanyakan akan kehilangan trafik dan konsumen. Lantas sebenarnya apa itu responsive design website. Yuk simak penjelasan berikut.

Pengertian Desain Web Responsif

Pengertian Desain Web Responsif

Responsive design website adalah teknik atau metode yang digunakan web designer dalam membuat layout website.

Fungsi Desain Web Responsif

Fungsi responsive design website adalah untuk membuat tampilan website bisa menyesuaikan diri pada masing-masing ukuran layar para pengunjung web. Berbagai tampilan yang disesuaikan diantaranya dari segi ukuran huruf, tampilan UI, gambar hingga tata letak disesuaikan dengan ukuran layar beserta resolusi perangkat yang digunakan.

Alasan Harus Menggunakan Desain Web Responsif

Mengapa responsive web design? Hal ini mungkin masih menjadi pertanyaan bagi Anda. Apabila website yang dimiliki hingga saat ini masih belum menggunakan desain web responsif maka perlu diketahui beberapa alasan di bawah ini.

Alasannya yaitu memudahkan para pengguna dalam mengakses website yang Anda miliki, tingkat bounce rate juga akan lebih rendah jika menerapkan metode ini. Fungsi lainnya dari responsive design website adalah bisa meminimalisir adanya konten yang serupa.

Tampilan responsif akan membuat perangkingan di page pertama Google menjadi lebih mudah. Terakhir hal yang paling diinginkan yaitu dengan menggunakan metode ini, Anda tidak perlu lagi melakukan redirect ketika mengunjungi web sehingga waktu loading-nya dapat lebih cepat.

Manfaat Responsive Web Design

Manfaat Responsive Web Design

Desain web responsif mempunyai manfaat yang penting bagi pemilik bisnis serta pengunjung website. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama yang dimiliki oleh desain web responsif.

– Menambah pengalaman pengguna

Pengalaman pengguna adalah kunci dibalik kesuksesan sebuah website. Apabila pengalaman pengguna baik maka website juga akan mendapatkan keuntungan. 

Dengan menerapkan tampilan yang responsif, para visitor akan merasa nyaman serta mudah berinteraksi. Hal inilah yang membuat tingkat kepuasan pengguna dinilai meningkat. 

– SEO menjadi meningkat

Perlu diketahui bahwa tampilan website yang responsif ternyata dapat mempengaruhi peringkat di mesin pencarian. Maka dari itu dengan menggunakan desain web responsif , visibilitas website Anda akan meningkat pada hasil pencarian. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi trafik website Anda. 

– Meningkatkan konversi 

Selanjutnya website yang responsif diketahui mempunyai kemampuan baik dalam mengubah visitor menjadi pelanggan. Adanya pengalaman pengguna yang baik serta navigasi yang lancar bisa memungkinkan pengunjung melakukan aktivitas yang diinginkan sesuai target yang ditentukan. Contohnya seperti pembeli yang membeli produk maupun melakukan pendaftaran.

Cara Kerja Responsive Web Design

Cara kerja desain web responsif ini melibatkan berbagai teknik contohnya media queries serta fleksibilitas elemen desain. Ketika pengunjung mengakses website yang Anda miliki maka berbagai elemen layaknya gambar, teks maupun layout akan menyesuaikan ukuran layar pada perangkat yang digunakan. Jadi dengan kata lain, website Anda akan secara otomatis beradaptasi sendiri supaya terlihat sempurna pada tampilan layar apa pun.

Apa Saja Indikator Responsive Web Design?

Untuk mengetahui bahwa website yang Anda miliki ini sudah benar-benar responsif maka Anda perlu mengetahui apa saja indikator penting di dalamnya.

– Layout fleksibel

Indikator pertama responsive design website adalah fleksibilitas layout. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa website yang responsif akan beradaptasi sendiri pada tampilan layar perangkat apa pun. Artinya berbagai elemen desain layaknya kolom, gambar atau teks harus bisa mengubah posisinya dengan lancar tanpa harus merusak tampilan maupun fungsionalitasnya.

– Ukuran font sesuai

Ukuran font yang pas akan mempengaruhi pengalaman pengguna dengan baik. Contohnya pada perangkat yang memiliki layar kecil, teks yang berukuran terlalu kecil akan sulit untuk dibaca begitu juga jika teksnya terlalu besar bisa mengganggu tampilan. Maka dari itu pastikan selalu bahwa ukuran font yang ada pada website yang Anda miliki selalu pas.

– Gambarnya bisa dioptimalkan

Gambar yang optimal juga akan mendukung responsivitas. Gambar yang berukuran besar akan memperlambat waktu pemuatan halaman apalagi jika koneksi internetnya melambat. Maka dari itu Anda harus mengompres dengan tepat gambar tersebut tanpa harus mengurangi kualitas dari visualnya.

– Memiliki warna yang kontras

Pastikan juga bahwa warna teks dengan latar belakang mempunyai kontras yang cukup. Dengan demikian teks akan mudah untuk dibaca.

Langkah Membuat Responsive Web Design

Langkah Membuat Responsive Web Design

Seperti yang telah diketahui, mempunyai desain web responsif akan memberikan banyak keuntungan. Untuk membuat website responsive sendiri bisa dilakukan sebagai berikut.

– Artikan meta tag

Ketika mengatur web supaya responsif, biasanya Anda perlu mengatur skala pada halaman HTML. Untuk melakukannya Anda membutuhkan meta tag viewport. Tag ini berfungsi dalam menjelaskan browser supaya menonaktifkan skala awal. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah artikan meta tag terlebih dahulu.

– Pilih struktur html website

Kedua tentukan struktur HTML yang terdiri dari header, isi konten, sidebar serta footer. Ukuran header biasanya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

– Buat media query pada CSS

Terakhir buatlah media query pada CSS. Cara ini berfungsi dalam memberi perintah browser supaya Anda dapat memakai CSS3.

Itulah penjelasan mengenai desain web responsif. Kini Anda sudah mengetahui responsive design website adalah metode yang digunakan developer dalam membuat tampilan web sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang hal ini? Maka dari itu Anda bisa mengikuti kursus online di Coding Studio dan ikuti kelas UI/UX Design Academy hanya di sini.

Related Articles