11 Cara Membuat Website Mobile Friendly untuk SEO

11 Cara Membuat Website Mobile Friendly untuk SEO

Dalam era digital yang semakin maju, kehadiran situs web telah menjadi suatu keharusan bagi sebuah bisnis yang ingin memperluas jangkauan secara online. Namun, memiliki situs web saja tidaklah cukup. Dengan semakin banyaknya pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile, penting bagi setiap pemilik situs web untuk mengetahui cara membuat website mobile friendly.

Hampir sebagian besar pengguna internet sekarang ini menggunakan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Agar website Anda bisa diakses menggunakan perangkat mobile tanpa ada kendala, kali ini akan kita bahas mengenai cara membuatnya.

Apa Itu Website Mobile Friendly?

Website mobile friendly atau ramah bagi perangkat mobile adalah sebuah situs web yang secara khusus dibuat atau dirancang dan disesuaikan agar dapat diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Apa Itu Website Mobile Friendly

Hal ini dapat berarti bahwa desain situs tersebut sudah responsif, memiliki ukuran teks yang mudah dibaca dan memiliki berbagai elemen yang dapat diakses dengan mudah menggunakan perangkat mobile.

Dengan mengetahui cara membuat website mobile friendly, saat pengguna perangkat mobile mengaksesnya, situs web tersebut dapat memberikan pengalaman pengguna yang mulus tanpa harus melakukan zoom in atau zoom out agar kontenya bisa terbaca. Dengan situs web yang dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat mobile, kenyamanan dan aksesibilitas pengguna sudah pasti akan meningkat.

Apakah Website Anda Sudah Mobile Friendly

Apakah Website Anda Sudah Mobile Friendly?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memeriksa apakah situs web Anda sudah ramah bagi pengguna perangkat mobile atau tidak. Anda dapat menggunakan berbagai alat online gratis seperti Google’s Mobile-Friendly Test atau responsinator.com untuk menguji kegunaan dan kinerja situs web Anda di perangkat mobile. Jika situs web Anda tidak memenuhi standar mobile friendly, tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk memperbaikinya.

Baca Juga:  Apa itu Motion Graphic? Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Website Mobile Friendly

Cara Membuat Website Mobile Friendly

Beriku ini beberapa langkah mengenai cara membuat website mobile friendly:

1. Desain Responsif

Menggunakan desain responsif adalah kunci utama untuk membuat situs web Anda ramah mobile. Desain responsif memastikan bahwa tata letak situs web akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat pengguna, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang konsisten di semua perangkat.

2. Optimalkan Ukuran Gambar

Gambar yang besar dapat memperlambat waktu muat situs web pada perangkat mobile. Pastikan untuk mengoptimalkan ukuran gambar Anda tanpa mengorbankan kualitas visualnya. Gunakan format gambar yang ringan seperti JPEG atau PNG.

3. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Pilihlah jenis font yang mudah dibaca pada perangkat mobile. Ukuran font yang terlalu kecil atau jenis font yang rumit dapat menghambat pengalaman pengguna. Pastikan teks mudah dibaca tanpa perlu zooming.

4. Hindari Pop-up yang Mengganggu

Pop-up yang muncul secara tiba-tiba dapat mengganggu pengalaman pengguna pada perangkat mobile. Jika memungkinkan, hindari penggunaan pop-up atau pastikan pop-up tersebut mudah ditutup dengan ukuran yang sesuai untuk layar perangkat mobile.

5. Optimalkan Navigasi

Rancang menu dan navigasi situs web Anda agar mudah diakses dan dinavigasi dengan jari. Gunakan ikon menu hamburger atau navigasi sticky untuk membantu pengguna menemukan konten dengan mudah.

6. Percepat Waktu Muat

Waktu muat yang lambat dapat mengurangi kepuasan pengguna dan berdampak negatif pada peringkat SEO situs web Anda. Gunakan alat seperti Google PageSpeed Insights untuk mengidentifikasi dan memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi waktu muat situs web Anda.

7. Optimalkan Formulir

Jika situs web Anda menggunakan formulir, pastikan formulir tersebut dioptimalkan untuk penggunaan pada perangkat mobile. Buatlah bidang input yang cukup besar dan hindari penggunaan terlalu banyak bidang input yang dapat memakan banyak ruang pada layar kecil.

8. Uji Kecocokan Berbagai Browser

Pastikan situs web Anda dioptimalkan untuk berbagai jenis browser yang digunakan pengguna perangkat mobile. Uji kecocokan berbagai browser untuk memastikan bahwa situs web Anda dapat diakses dan ditampilkan dengan baik di semua perangkat dan browser.

Baca Juga:  Customer Value Adalah: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tipsnya

9. Optimalkan Video dan Audio

Jika situs web Anda menggunakan konten multimedia seperti video atau audio, pastikan untuk mengoptimalkan konten tersebut agar kompatibel dengan perangkat mobile. Gunakan format video yang dapat diputar dengan lancar pada berbagai perangkat mobile.

10. Gunakan Metode Redirect yang Tepat

Jika Anda memiliki versi desktop dan mobile dari situs web Anda, pastikan untuk menggunakan metode redirect yang tepat seperti responsive design atau canonical tags untuk mencegah duplikasi konten dan memastikan pengalaman pengguna yang mulus.

11. Pantau dan Evaluasi Kinerja

Terakhir, lakukan evaluasi dan pemantauan kinerja dari situs web Anda secara rutin menggunakan web analisis seperti Google Analytics. Perhatikan metrik seperti bounce rate dan waktu sesi untuk memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web Anda melalui perangkat mobile.

Kesimpulan

Mengetahui cara membuat website mobile friendly bukan hanya tentang memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, tetapi juga tentang meningkatkan visibilitas dan peringkat SEO situs web Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda siap menghadapi tantangan perangkat mobile dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal di semua perangkat. Dengan begitu, Anda dapat memperluas jangkauan online Anda dan meningkatkan keberhasilan bisnis Anda secara keseluruhan.

Pelajari lebih lanjut berbagai skill digital yang sangat berguna di era sekarang ini dengan mengikuti kelas Digital Marketing Coding Studio. Tidak hanya mengenai cara membuat website mobile friendly saja, tapi juga skill digital lain yang tidak kalah pentingnya.

Related Articles