Omnichannel Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Strateginya

Omnichannel Adalah Pengertian, Manfaat, Jenis dan Strateginya

Omnichannel adalah salah satu strategi penting dalam bisnis. Dengan perkembangan teknologi yang ada, hal tersebut juga memaksa semua orang untuk terus beradaptasi.

Mungkin, istilah tersebut belum pernah Anda dengar sebelumnya. Namun, bisa jadi Anda sering mengaplikasikannya tanpa sadar.

Lalu sebenarnya, apa itu omnichannel? Simak selengkapnya penjelasan berikut di bawah ini.

Pengertian Omnichannel

Secara bahasa, omnichannel berasal dari dua gabungan kata, yaitu omni berarti kesatuan atau keseluruhan sedangkan channel memiliki arti saluran.

Pengertian Omnichannel

Jika digabungkan sistem ini diartikan sebagai saluran keseluruhan atau saluran universal. Sistem tersebut menyatukan seluruh saluran komunikasi ke dalam satu bentuk. 

Pada intinya, omnichannel adalah penggabungan beberapa channel atau saluran komunikasi untuk saling terintegrasi ke dalam satu kesatuan sistem.

Hal tersebut memungkinkan saluran yang berbeda dapat bekerja pada waktu bersamaan sehingga dapat memudahkan pelanggan untuk mencari informasi produk atau jasa yang sedang mereka butuhkan. 

Manfaat Penggunaan Omnichannel

Dapat dikatakan bahwa sistem ini mempunyai peranan penting dalam membangun suatu bisnis, khususnya bisnis online. Berikut manfaat omnichannel jika Anda menerapkan sistem ini, di antaranya yaitu:

1. Mengintegrasikan banyak channel

Manfaat yang pertama dari omnichannel adalah bisa menyatukan berbagai saluran termasuk online maupun offline. Hal tersebut juga memudahkan bisnis Anda dalam memastikan jumlah stok barang yang tersisa, menghitung jumlah penjualan, dan juga melakukan analisis bisnis.

2. Pengalaman menyenangkan untuk pelanggan

Strategi omnichannel dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk konsumen. Pasalnya, sistem tersebut memakai strategi yang mengutamakan user experience dalam pengembangan channel penjualan.

3. Pembuatan strategi bisnis lebih mudah

Data yang telah terkumpul dari berbagai saluran penjualan dapat membantu Anda untuk membuat strategi bisnis menjadi lebih mudah. Dari data tersebut Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, preferensi, demografi, hingga perilaku atau kebiasaan mereka saat sedang berkunjung ke toko online Anda.

Baca Juga:  Apa Itu Sidebar? Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

4. Penjualan dan traffic meningkat

Data statistik menyebutkan, bisnis yang terintegrasi dengan omnichannel dapat menghasilkan peningkatan penjualan sebanyak 15-30%. Selain itu, traffic toko tersebut juga berpotensi mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Jenis-jenis Omnichannel

Terdapat beragam jenis omnichannel yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

Jenis-jenis Omnichannel

1. e-Commerce Omnichannel

Sesuai dengan namanya, saluran ini merupakan sistem e-commerce yang menggunakan pendekatan omnichannel dalam proses layanan serta penjualan produk kepada konsumen. Pendekatan ini bertujuan untuk mempermudah konsumen saat mengakses dan berbelanja di toko online Anda. Dengan konsistensi pada penggunaan pendekatan ini, bisnis Anda bisa memperoleh traffic bahkan peningkatan penjualan yang signifikan.

2. Social Media Omnichannel

Jenis ini merujuk pada pemanfaatan saluran media sosial sebagai bagian integral dalam strategi bisnis. Hal ini termasuk penyatuan strategi media sosial dengan saluran layanan pelanggan, saluran penjualan, dan promosi iklan agar memberikan pengalaman yang optimal pada konsumen di sosial media bisnis Anda.

3. Call Center Omnichannel

Jenis yang terakhir ini adalah saluran pusat layanan pelanggan yang mengadopsi pendekatan omnichannel dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Sistem ini memungkinkan Anda bisa merekam setiap percakapan yang terjadi antara call center dan konsumen, guna dijadikan bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas layanan. 

Cara Kerja dan Strategi Omnichannel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan omnichannel yaitu memungkinkan Anda menggabungkan satu akun utama agar dapat terintegrasi dengan berbagai platform lain yang Anda miliki. 

Cara kerja omnichannel yang bisa diterapkan misalnya saat konsumen meng-klik foto produk yang sedang dipromosikan, mereka akan dibawa ke saluran penjualan dengan berbagai pilihan platform yang berbeda. Sistem penggabungan ini dapat memudahkan pengunjung dalam mencari informasi dan deskripsi tambahan tentang suatu produk yang mereka butuhkan.

Dalam praktiknya, sudah banyak pengusaha yang melakukan strategi ini. Anda bisa menemukannya di akun-akun bisnis media sosial yang menghubungkan akun mereka dengan beragam toko online yang tersedia. Perusahaan besar juga mengadaptasi sistem ini contohnya seperti bisnis ritel, lembaga keuangan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Pelatihan UI UX Academy

Perbedaan Omnichannel dengan Multichannel

Perbedaan omnichannel dan multichannel adalah terletak pada sistem salurannya. Omnichannel merupakan sistem yang menjadikan semuanya terintegrasi secara terpadu, sedangkan multichannel menggunakan saluran yang berdiri secara mandiri.

Contohnya, sistem multichannel memungkinkan promosi satu produk atau jasa dilakukan di banyak media komunikasi. Sedangkan, omnichannel akan menggiring akan menggiring konsumen untuk mengakses ke media yang sama untuk melakukan pembelian.

Kelebihan dan Kekurangan

Adapun kelebihan dan kekurangan omnichannel yaitu sebagai berikut.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Omnichannel

Kelebihan pertama omnichannel adalah Anda tidak perlu memiliki banyak admin untuk masing-masing platform karena sistem ini akan membuat berbagai saluran komunikasi menjadi di satu wadah. 

Selanjutnya yaitu aksesnya real time, di mana Anda bisa mengumpulkan dan menyatukan data dari pelanggan walaupun berasal dari saluran dan sistem yang berbeda.

Dengan informasi yang diperoleh dari data konsumen, maka akan mudah untuk Anda memahami dan memberikan pelayanan yang tepat untuk mereka.

Kekurangan Omnichannel

Salah satu kekurangan yang ada dalam sistem ini adalah banyaknya saluran yang harus terus diawasi dan diperhatikan. Misalnya saluran dari media sosial tentu akan membutuhkan banyak konten promosi. Sehingga setiap channel harus dipersonalisasi sesuai dengan karakter audiens.

Dapat disimpulkan bahwa sistem omnichannel adalah sebuah strategi marketing yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis dalam rangka meningkatkan penjualan. Selain itu, untuk menambah wawasan terkait digital marketing seperti social media marketing, KOL marketing, dan analisis bisnis lainnya, Anda dapat mengikuti kelas online di Coding Studio. Daftarkan segera diri Anda di Coding Studio.

Related Articles