Apa Itu Sidebar? Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Apa Itu Sidebar Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Pengertian Sidebar

Sidebar adalah kolom atau area di website yang terletak di sebelah kanan atau kiri konten utamanya. Manfaat dari sidebar di sebuah website adalah untuk meningkatkan engagement dan tampilannya terlihat lebih rapi.

Pengertian Sidebar

Peletakan sidebar sudah bervariasi, baik di sisi kiri atau kanan sesuai dengan desain dan fungsinya. Nah, setelah Anda mengetahui apa itu sidebar, simak juga manfaat, jenis dan contohnya di bawah ini.

Manfaat Sidebar

Penggunaan sidebar di suatu website tidak dapat disepelekan sebab memiliki beberapa manfaat, seperti:

Manfaat Sidebar

Membuat Tampilan Website Lebih Rapi

Di dalam situs bisa memiliki banyak konten dan supaya terlihat rapi bisa menggunakan sidebar. Sidebar bisa membantu pengelompokan konten, seperti kolom pencarian, related posts dan yang lainnya jadi tampilan website terlihat lebih rapi. 

Meningkatkan Engagement

Manfaat dari sidebar adalah bisa meningkatkan engagement sebab termasuk area yang menonjol di dalam suatu website. Anda bisa menavigasikan ke halaman lain maupun menyisipkan link akun sosial media yang dimiliki.

Mengoptimalkan Ruang Promosi

Sidebar juga termasuk ruang untuk promosi dan akan lebih optimal. Tampilan postingan terbaru di website Anda, channel sosial media atau konten terbaik. Jika Anda memiliki promosi atau event bisa memanfaatkan kolom sidebar.

Meningkatkan Konversi

Di sidebar Anda bisa membuat banyak hal, contohnya form subscribe, call-to-action dan yang lainnya. Pengunjung akan lebih ter arahkan dan konversi situs web Anda akan naik. 

Jenis Sidebar

Jenis Sidebar

Setelah Anda mengetahui pengertian sidebar dan manfaatnya, di bawah ada beberapa jenis dari sidebar yang bisa dibuat di situs Anda:

Baca Juga:  Flutter Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

1. Breadcrumb

Breadcrumb adalah elemen di website yang berfungsi untuk menunjukkan lokasi halaman situs web yang sedang dikunjungi oleh pengunjung saat itu. Apabila Anda ingin menampilkan elemen tersebut, bisa ditambahkan pada sidebar.

2. Profil Pemilik Website

Profil pemilik website juga termasuk ke dalam jenis sidebar yang paling umum ditemukan di website. Di sidebar ini, Anda bisa memasukkan informasi mengenai keahlian, profil Anda hingga menjelaskan apa yang Anda bagian di dalam website. Dengan adanya sidebar seperti ini, Anda dijadikan sebagai cara mendekatkan kepada audiens jadi mereka bisa akrab dengan Anda. 

3. Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan merupakan contoh sidebar yang penting untuk bisnis dan bisa Anda sajikan di dalam website. Testimoni atau review dari pelanggan bisa meningkatkan jumlah penjualan produk. Anda juga bisa menambahkan informasi lainnya untuk meyakinkan calon pelanggan, seperti foto profil pelanggan, nama akun media sosialnya dan namanya.

4. Shopping Chart

Jika Anda ingin pelanggan cepat melakukan transaksi atau pembelian produk melalui website, Anda bisa menambahkan sidebar shopping chart. Jenis sidebar ini akan menampilkan ikon keranjang dan isinya daftar produk yang Anda jual dan bisa mereka pilih sesuai dengan keinginan.

5. Filter Produk

Pelanggan bisa menemukan kategori produk sesuai dengan keinginan mereka di website. Nah, biasanya akan tersedia filter produk dan jika Anda klik akan muncul jenis produk yang sesuai, seperti warna, produk, ukuran, harga dan yang lainnya. Bagi Anda yang ingin mengembangkan website untuk bisnismu bisa mengikuti kursus di Coding Studio.

6. Populer, Latest, Related Post

Saat audiens mengunjungi situs web Anda, tentunya ingin mereka berlama-lama mengaksesnya dan salah satu caranya dengan memberikan rekomendasi konten menarik lain yang dapat dibaca. Anda bisa menarik perhatian pengunjung dengan meletakkan postingan tersebut di sidebar. 

7. Akun Media Sosial

Jenis dari Sidebar adalah media sosial dan Anda bisa membuat pengunjung mengunjungi akun sosial media yang Anda miliki sehingga tidak hanya di website saja. Pengunjung bisa terhubung dengan akun sosial media dengan mudah dan bisa dijadikan sebagai ajang promosi channel Instagram, Youtube, TikTok dan sebagainya.

Baca Juga:  Mengenal Unified Modeling Language (UML) beserta Contohnya

8. Progress Bar

Bagi Anda yang ingin mempunyai tampilan website full screen yang sederhana, namun bisa menyampaikan informasi bisa membuat progress bar di halaman situs web Anda. Progress bar ini dapat diletakkan di kiri atau kanan dengan bentuk dots yang merujuk ke tiap halaman situs web. Jenis sidebar ini akan cocok digunakan pada website yang tidak begitu kompleks seperti portofolio

9. Search Box

Di sebuah website pasti ada banyak konten dan informasi yang tersedia untuk pembaca contohnya konten artikel. Apabila konten artikel banyak pastinya pengunjung akan kesulitan mencari satu persatu artikel yang tersedia. Itulah sebabnya agar memudahkan mereka bisa ditambahkan dengan sidebar search box maupun kolom pencarian.

Search box ini bisa diletakkan pada sidebar sebab sangat strategis dan memudahkan pembaca menemukan konten yang mereka inginkan dengan cepat. 

10. Tombol Sharing

Supaya konten di website Anda dapat dibaca banyak orang, sebaiknya tambahkan fitur share ke media sosial di sidebar, Dengan sidebar ini, jika pengunjung tertarik dengan konten yang Anda buat bisa dibagikan melalui media sosial yang mereka miliki.

Tampilan sidebar sharing ini biasanya seperti ikon media sosial hanya saja tombol ini mengizinkan pengunjung langsung membagikan ke media sosial yang tersedia, seperti Twitter, Instagram, Facebook dan yang lainnya.

11. Tombol Berlangganan/Newsletter

Tambahkan sidebar berlangganan newsletter agar mereka mengunjungi situs web Anda lagi. Untuk mengajak mereka ke website Anda lagi bisa menambahkan opsi berlangganan atau newsletter. Saat ada update konten yang berkaitan dengan website akan masuk ke dalam email yang sudah mereka daftarkan. 

Jadi, sidebar adalah kolom atau area yang letaknya di sebelah kanan atau kiri website yang berfungsi untuk membuat tampilan website tertata dan dapat meningkatkan engagement.

Related Articles