CSS: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

CSS Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

CSS adalah salah satu bahasa pemrograman style sheet yang harus Anda pahami saat belajar membuat website. Tanpa adanya bahasa pemrograman, website jadi kurang menarik sehingga Anda perlu melakukan perubahan pada tampilannya. Apalagi setiap orang pastinya ingin memiliki website dengan penampilan menarik. 

Itulah sebabnya Anda harus mengenal CSS untuk mengembangkan website Anda lebih menarik dan rapi di setiap halamannya. CSS memiliki peran untuk membuat penampilan website Anda jadi menarik. Nah, sebelum Anda membuat penampilan website jadi menarik sebaiknya simak pengertian dari CSS, fungsi, jenis, cara kerja dan lainnya. 

Apa itu CSS ?

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet yang dipakai untuk memberikan ukuran, style warna dan mengatur posisi di elemen-elemen halaman website. Hal ini akan membuat website Anda jadi lebih menarik dilihat oleh pengunjung. Apabila Anda membuat sebuah website tanpa memakai bahasa pemrograman ini, maka halaman website terlihat pucat sebab hanya berupa tulisan dan gambar saja. 

Apa itu CSS

Dengan adanya CSS, Anda bisa mengatur warna tulisan hingga background halaman dengan mudah. Sudah banyak pengembang website yang memakai dengan bahasa mark up seperti HTML dan XML saat membangun website. CSS memiliki banyak fungsinya dan penjelasan selengkapnya ada di bawah ini. 

Fungsi dari CSS

CSS dicarankan untuk mengatur tampilan website bersama dengan bahasa mark up. Nah, beberapa fungsi CSS adalah :

Fungsi dari CSS

Tampilan Jadi Bervariasi 

Salah satu fungsi menggunakan CCS yaitu memiliki tampilan website yang bervariasi. Bagi Anda yang memakai HTML hanya bisa mengatur halaman website saja dan terbatas. 

Baca Juga : HTML: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Baca Juga:  Integer Adalah Salah Satu Tipe Data Pemrograman, Kenali Dulu!

Bedanya dengan CCS yaitu bisa mendapatkan sejumlah variasi tampilan sehingga interface website Anda jadi terlihat lebih menarik. Contoh CSS yang bisa dicoba adalah untuk membuat tombol warna yang sesuai dengan keinginan. 

Pengelolaan Kode Lebih Mudah 

CSS juga berfungsi untuk mengelola kode jadi lebih mudah sebab Anda tidak perlu ubah kode di setiap halaman apabila ingin melakukan perubahan pada tampilan website. Contohnya Anda ingin mengubah background, jadi cukup edit kode yang berkaitan dengan background saja. Dengan demikian, bahasa pemrograman satu ini lebih sudah untuk mengelola kode sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Loading Halaman Web Dipercepat 

fungsi lain dari CSS adalah membuat loading halaman lebih cepat. Anda bisa membuat serangkaian kode untuk seluruh halaman web dan juga jumlah kode bisa diminimalisir. Hal ini akan membuat beban selama proses loading lebih kecil dan juga kecepatan loading website akan meningkat. 

Tampilan Website Lebih Rapi di Setiap Ukuran Layar 

Secara umum ukuran layar di setiap perangkat yang dipakai oleh pengguna akan berbeda-beda. Fungsi dari CSS adalah untuk membuat tampilan website jadi optimal untuk beberapa ukuran layar milik pengguna. Bagi Anda yang memakai tablet, smartphone atau laptop saat membuka suatu website akan tetap rapi. 

CSS ini juga memiliki properti yang dipakai dalam mengatur tampilan di website sesuai dengan kebutuhan layar, seperti max-width. Hal ini bisa mengubah pada ukuran elemen HTML seperti ukuran layar perangkat agar bisa menampilkan halaman website. 

Itulah beberapa contoh fungsi yang dimiliki bahasa CSS yang perlu Anda ketahui. 

Jenis-jenis dari CSS 

Jenis CSS sesuai dengan penempatan kodenya adalah:

1. Internal 

Internal merupakan salah satu jenis dari CSS yang ditulis di bagian header di file HTML. Jenis bahasa ini memiliki fungsi untuk menentukan tampilan interface di suatu halaman website. Anda bisa membuat halaman website dengan penampilan yang berbeda dari halaman yang lainnya. 

2. Inline

Inline juga jenis dari CCS yang merupakan kode yang Anda tulis di file HTML dan hanya berpengaruh di satu baris kode HTML saja. Inline ini tidak bisa diaplikasikan di semua halaman website sekaligus, berbeda dengan internal. 

Baca Juga:  Website Developer: Definisi, Ruang Kerja dan Tugas-tugasnya

Kebanyakan pengembang website memakai jenis satu ini untuk membuat elemen HTML memakai kode format secara khusus di suatu halaman website. Anda harus memahami jenis-jenis dari CSS ini supaya bisa memasang CSS. Pahami juga cara menggunakan CSS sesuai dengan kebutuhan Anda menggunakan ketiga jenis ini. 

3. External

External merupakan jenis kode yang ditempatkan pada luar kode HTML. Fungsinya adalah untuk mengatur tampilan interface di setiap halaman website yang sudah ditentukan. 

Anda bisa memakai jenis external ini apabila ingin mengatur sejumlah halaman sekaligus. Supaya halaman website Anda bisa memakai jenis ini, Anda perlu menambahkan kode di bagian header. 

Nah, setelah Anda memahami pengertian CSS, fungsi dan jenis-jenisnya sekarang pahami juga cara kerjanya. 

Cara Kerja dari CSS 

Cara Kerja dari CSS 

Cascanding Style Sheets umumnya digabungkan bersama HTML dengan tujuan mengubah penampilan website dan user interface. Agar bisa menggabungkan keduanya, ada 2 tahapan yang Anda lakukan. 

Tahap yang pertama Anda mengubah jadi Document Object Model atau DOM. Setelah itu, browser menampilkan konten jika DOM menjadi representasi dari page stored pada memori komputer dan kemudian menggabungkan konten dengan style dokumennya. 

Tahap berikutnya, CCS menempatkan kode pada DOM setelah parsing di dokumen HTML yang menyebabkan DOM menggambarkan website dengan lengkap. Selama proses parsing ini ada tautan berisi file CSS dan kemudian file CCS berhasil dibuat. 

Nah, seperti itulah cara kerja CSS yang Anda perhatikan agar bisa memahaminya sebelum mencoba. 

Cara Membuat CSS

Panduan membuat CCS di website seperti Blogger bisa dilakukan dengan 2 langkah, yaitu:

1. Menambahkan CSS memakai template Blogger 

Hal pertama yang dilakukan untuk membuat CSS adalah menambahkan CSS memakai template Blogger dengan cara masuk ke dashboard Blogger dan kemudian memilih menu Template dan sesuaikan. Di menu tingkat lanjutan pilih Tambahkan CSS. 

Anda bisa memasukkan kode CSS yang diinginkan dan kemudian menambahkan di template Blogger Anda. Pilih menu Terapkan ke Blog untuk menyimpan kode CCS yang Anda tambahkan tadi. 

Baca Juga:  Mengenal Unified Modeling Language (UML) beserta Contohnya

2. Menambahkan CSS memakai editor Blogger 

Anda juga bisa menambahkan CSS memakai editor Blogger dengan cara masuk ke dashboard Blogger dan kemudian memilih menu Template. Pilih fitur EDIT HTML dan biasanya kode CSS ada di template atau memakai cara yang lainnya. 

Kode tersebut ada di baris awal kode template yang dipakai. Jika Anda tidak menemukannya bisa menekan tombol CTRL+F. Klik tanda panah dan kemudian masukkan kodenya. Kode yang Anda masukkan otomatis masuk. 

Apabila Anda ingin jaga konsistensi tampilan website sebaiknya simpan CSS di file khusus sebab dengan cara ini semua perubahan yang dilakukan hilang dan kamu mengganti template yang digunakan. 

Jadi, CSS adalah bahasa Cascading Style Sheet yang berfungsi untuk mengatur tampilan website Anda dengan markup HTML atau yang lainnya. 

Bagi Anda yang tertarik mempelajari bahasa CSS atau juga kursus programming bisa mengikuti kursus melalui Coding Studio. Dapatkan paket kursus menarik dengan harga yang terjangkau.

Related Articles