HTML: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Penggunaan umum HTML adalah untuk penyusunan bagian dari paragraf, heading dan juga link di halaman web. Meskipun susunannya hampir sama seperti coding, namun Anda perlu tahu bahwa bahasa markup ini bukanlah termasuk bahasa pemrograman. Bahasa markup ini tidak dianggap sebagai bahasa pemrograman tidak dapat memberi fungsi secara dinamis.

Bahasa markup ini sebagai standar web resmi dan pengelola resminya adalah World Wide Web Consortium atau disingkat dengan W3C. Tugasnya adalah untuk merilis pembaharuan rutin dari bahasa markup ini. Nah, supaya lebih jauh memahami tentang bahasa markup ini, mari simak pengertian, kelebihan, kekurangan dan cara memilih tempat belajar bahasa markup terbaik.

html

Apa Itu HTML?

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language yang merupakan bahasa markup standar umum dipakai untuk membuat halaman website dan juga aplikasi web. Sejarahnya dimulai oleh TIM Benners-Lee yang merupakan seorang ahli fisika di salah satu Lembaga penelitian CERN yang berada di Swiss. Versi pertama dirilis di tahun 1991 dan dengan 18 tag.

Nah, sejak saat itulah ada tag dan juga atribut yang baru bermunculan. Saat bekerja dengan bahasa markup satu ini, Anda bisa memakai struktur kode sederhana untuk mark up di halaman website. Contohnya Anda membuat paragraf yang menempatkan enclosed text yang berada di antara tag pembuka dan tag penutup.

Kepopularitasan bahasa markup ini terus meningkat sehingga dipakai sebagai standar web resmi. Spesifikasi bahasa markup ini dikelola serta dikembangkan oleh World Wide Web Consortium atau W3C. Hingga saat ini sudah ada 140 tag bahasa markup ini dan sebagiannya lagi memang sudah tidak didukung pada sejumlah versi terbaru browser.

Kelebihan-kelebihan HTML Secara Umum

html

Kelebihan-kelebihan dari bahasa markup yang bisa diperoleh secara umum adalah :

  • Bisa digunakan jenis komputer berbeda

Salah satu kelebihan yang dimiliki dari bahasa markup ini adalah bisa digunakan untuk beragam mesin komputer yang berbeda-beda dan juga di berbagai sistem operasi yang berbeda pula. Bahasa markup ini adalah bahasa pengkodean yang cross platform atau lintas platform. Sifatnya sangat fleksibel karena ditulis dengan memakai editor karakter ASCII.

  • Bisa disisipkan gambar
Baca Juga:  Backend Developer: Pengertian, Tugas, Skill yang Dibutuhkannya

Kelebihan kedua bahasa markup adalah bisa disisipkan dengan gambar. Anda bisa menyisipkan gambar statis maupun dinamis atau animasi termasuk juga bisa dijadikan sebagai hyperlink.

Gambarnya dipakai sebagai rujukan ke suatu halaman web sehingga pada setiap titik yang telah didefinisikan berupa kotak, kurva tidak beraturan atau lingkaran untuk merujuk ke halaman yang lainnya atau ke link halaman di luar website yang masih bersangkutan.

  • Bisa disisipkan animasi

Kelebihan ketiga adalah bisa disisipkan dengan animasi juga berupa Java Applet maupun file animasi dari Macromedia Shockwave atau Macromedia Flash. Biasanya untuk hal ini browser perlu memiliki plug in khusus supaya bisa menjalankan file-file animasi seperti ini.

  • Bisa disisipkan bahasa pemrograman

Kelebihan keempat adalah bisa disisipkan bahasa pemrograman supaya mempercantik halaman web, seperti VBSScript, Javascript, Avtive Server Pages dan yang lainnya.

  • Tidak memerlukan kompiler

Kelebihan kelima adalah tidak memerlukan kompiler karena tidak termasuk bahasa pemrograman. Cara menjalankannya adalah dengan memakai browser saja sehingga sangat simpel dan gampang.

Nah, seperti itu beberapa contoh kelebihan dari HTML yang harus Anda ketahui sehingga dapat menggunakannya dengan baik.

Kekurangan yang Dimiliki HTML

Kekurangan-kekurangan dari bahasa markup satu ini adalah :

  • Menghasilkan halaman statis

Salah satu kekurangan dari bahasa markup ini adalah menghasilkan halaman statis. Nah, untuk mendapatkan halaman dinamis perlu memakan bahasa pemrograman tertentu, seperti VBScript atau Javascript dan juga animasi di Flash atau Shockwave.

  • Mempunyai tag yang sangat banyak

Kekurangan berikutnya adalah bahasa markup ini juga memiliki tag-tag yang sangat banyak jadi cukup sulit untuk dipelajari. Apalagi untuk pemula sehingga harus lebih giat lagi dalam mempelajari tag-tag yang sangat banyak ini. Anda juga dapat mencari tempat belajar bahasa markup satu ini dengan mudah supaya bisa menguasainya.

  • Tidak bisa menghasilkan halaman interaktif

Bahasa markup juga tidak bisa menghasilkan halaman interaktif. Interaktif ini maksudnya client bisa berinteraksi dengan server. Nah, untuk mendapatkannya Anda harus menyisipkan bahasa pemrograman yang bisa menangani masalah tersebut, seperti Perl maupun Tcl.

Baca Juga:  Bahasa Pemrograman Web: Mana yang Sesuai Untukmu?

Nah, seperti ini contoh beberapa kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh HTML sehingga Anda menjadi lebih paham.

Tips Memilih Tempat Belajar HTML Terbaik

Ada beberapa tips dalam memilih tempat belajar bahasa markup satu ini, seperti :

  • Sumbernya lengkap

Contoh tips dalam memilih tempat belajar bahasa markup terbaik adalah pastikan tempat yang Anda pilih memiliki sumber yang cukup lengkap untuk dipelajari. Khususnya adalah tempat belajar online sehingga Anda bisa mendapatkan sumber terlengkap dari beberapa artikel yang bisa dipelajari.

Pastikan juga Anda bisa menonton video belajar bahasa markup ini dengan lengkap dan jelas pembahasannya. Anda akan bisa belajar bahasa markup standar pada website dengan baik pastinya.

  • Gratis

Tips memilih tempat belajar bahasa markup terbaik berikutnya Anda bisa mengandalkan tempat yang gratis. Ada banyak tempat belajar bahasa markup secara gratis yang bisa Anda andalkan. Anda bisa mendapatkan e-book yang bisa memudahkan Anda dalam membuat dasar yang cukup bagus pada pengkodean bahasa markup ini.

  • Kurikulum sesuai

Tips memilih tempat belajar bahasa markup terbaik yang terakhir adalah pastikan kurikulum yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mengikuti kursus online di tempat kursus khusus dengan kurikulum yang beragam. Pastikan Anda memilih salah satu tempat yang menyediakan sejumlah aktivitas interaktif untuk mengetahui perubahan dan perkembangan di dunia web karena hal semacam ini selalu berkembang.

Itulah dia tips-tips dalam memilih tempat kursus HTML yang terbaik sehingga Anda bisa mencobanya.

Keuntungan Belajar HTML yang Perlu Diketahui

Bagi Anda yang ingin belajar bahasa markup pastikan untuk memperhatikan keuntungannya di bawah ini:

  • Meningkatkan skill dalam pekerjaan

Keuntungan belajar bahasa markup adalah untuk meningkatkan skill dalam pekerjaan yang Anda miliki. Mengetahui sampai menguasai bahasa markup ini bisa membantu Anda untuk menjadi web developer. Contohnya Anda bekerja sebagai pemasar sehingga harus mengetahui seperti apa halaman web dibuat untuk merancang kampanye pemasaran yang jauh lebih efektif.

  • Peluang kerja web developer sangat diminati

Jika dilihat peluang kerja sebagai web developer sangat diminati seiring dengan kemajuan teknologi. Banyak masyarakat yang mulai mempelajari di bidang web developer karena bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

  • CSS dan bahasa markup penunjang penting internet
Baca Juga:  Cara Asyik Kuasai Skill Fullstack Developer

Anda akan memahami cara membangun situs web karena kedua hal tersebut adalah bahasa pemrograman yang paling dasar dipakai di dalam pengembangan web.

Jadi, itulah penjelasan mengenai pengertian, kelebihan, kekurangan dan cara memilih tempat belajar HTML terbaik. Dan jika kalian ingin coba belajar HTML lebih lengkap dari nol, kalian bisa ikut kursus online Coding Studio di link ini ya!

Related Articles