Web Scraping: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

Web Scraping Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

Web scraping adalah sebuah proses pengambilan data dari website yang menjadi sebuah teknik yang membantu proses pengumpulan data dalam sebuah riset. Daripada melakukan survei, metode ini lebih banyak digunakan karena lebih praktis dan efisien waktu. Web scraping sendiri memiliki beberapa metode yang bisa dicoba, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Web Scraping

Apa itu web scraping? Web scraping merupakan sebuah cara pengambilan data atau informasi tertentu dengan jumlah besar dengan tujuan untuk digunakan dalam beragam kebutuhan seperti analisis, riset dan lainnya. Cara pengumpulan data tersebut umumnya dipakai dalam bisnis online untuk melakukan riset market, riset pesaing bisnis dan lainnya untuk mengatur strategi bisnis.

Pengertian Web Scraping

Ada banyak jenis data yang tersimpan dalam jumlah besar dalam website, untuk bisa mendapatkan data tersebut dengan mudah digunakan cara web scraping. Ketika memiliki bisnis online pastinya pernah dilakukan pendataan pesaing bisnis dan info penting seputar produk dan layanannya. Semua data tersebut akan disimpan dengan menggunakan spreadsheet atau aplikasi lainnya yang serupa dan proses penyimpanan tersebut yang disebut dengan pengertian web scraping.

Maka bisa disimpulkan bahwa web scraping adalah sebuah metode untuk pengambilan data dari sebuah website dengan menggunakan script atau perangkat lunak. Adapun jenis data yang dihasilkan dari web scraping di antaranya adalah gambar, teks atau informasi lainnya yang diperoleh dari website tersebut.

Fungsi dari Web Scraping

Jika dilihat dari pengertian web scraping, maka diketahui fungsinya adalah untuk pengumpul data dan informasi dari website. Namun ada fungsi web scraping lainnya yang juga penting untuk diketahui, yaitu:

Fungsi dari Web Scraping

Analisis pesaing bisnis

Web scraping memiliki kegunaan untuk membantu pebisnis mencari tahu lebih banyak tentang informasi dari perusahaan pesaing bisnisnya. Misalnya untuk melakukan analisis pesaing bisnis dengan tujuan untuk merencanakan strategi bisnis dan melakukan pengambilan keputusan yang tepat.

Baca Juga:  Cron Job Adalah: Fungsi, Perintah Dasar, Syntax, dan Contohnya

Analisa pasar

Biasanya sebelum membuat sebuah produk bisnis, diperlukan adanya riset pasar sehingga bisa menentukan produk yang tepat dan sesuai kebutuhan pasar saat ini. Data yang diperoleh dari riset pasar akan sangat bermanfaat untuk membuat rencana pemasaran dan strategi yang tepat.

Monitoring harga pasar

Dengan adanya web scraping maka pebisnis bisa memonitor harga produk bisnis yang serupa di pasaran sehingga bisa melakukan perbandingan harga dengan benar. Hal tersebut akan membantu pebisnis untuk menentukan harga yang tepat dan sesuai beserta kelebihan atau kekurangan dari produk bisnisnya.

Mengumpulkan database pelanggan

Dengan melakukan web scraping maka pebisnis bisa mendapatkan database pelanggan secara lengkap, jelas dan akurat dari mulai nama serta nomor kontaknya. Hal tersebut juga berguna untuk mengetahui adanya informasi calon pelanggan baru yang potensial untuk bisnis Anda.

Memperoleh informasi yang akurat dan ter-update

Kegunaan lainnya dari web scraping adalah bisa membantu pebisnis untuk mengetahui apa saja jenis trend yang sedang digemari masyarakat masa kini. Di antaranya dengan memantau informasi yang terpercaya dan akurat dari berbagai website.

Manajemen data yang lebih efektif

Dengan menggunakan web scraping maka perusahaan atau pebisnis bisa memilih data yang ingin dikumpulkan dari beragam jenis website sesuai kebutuhan. Data yang sudah terkumpul akan disimpan dalam sebuah database cloud (penyimpanan awan) lalu akan dioperasionalkan secara rutin.

Cara Kerja dan Contoh Web Scraping

Cara Kerja dan Contoh Web Scraping

Adapun cara kerja web scraping adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan terlebih dahulu sumber data yang akan di-scrape (diambil datanya). Sumber data bisa berupa alamat URL website yang dipilih untuk menjadi sumber data sesuai yang dibutuhkan bisnis.
  2. Buat koneksi ke website yang akan dijadikan sumber pengambilan data. Koneksi bisa dibuat dengan menggunakan protocol HTTPS atau HTTP.
  3. Dapatkan sumber kode website yang akan dijadikan sumber pengambilan data. Untuk sumber kode yang akan digunakan bisa dalam format XML, HTML atau jenis format lainnya.
  4. Lakukan analisis sumber kode website untuk mendapatkan bagian data yang dibutuhkan. Bagian data yang dibutuhkan bisa dalam bentuk gambar, teks ataupun jenis informasi lainnya yang tersimpan di dalam website sumber data.
  5. Lakukan ekstrak data sesuai kebutuhan dari sumber kode website yang sebelumnya sudah di-parsing. Setelah itu Anda akan memperoleh hasil ekstrak data yang disimpan dalam bentuk file, database maupun format file lainnya.
  6. Cara kerja web scraping sudah selesai Anda lakukan.
Baca Juga:  CLI (Command Line Interface) adalah? Cara Kerja dan Kelebihan

Di bawah ini ada beberapa contoh web scraping yang umum dilakukan oleh para pebisnis masa kini:

Analisis sentiment media sosial

Contoh dari web scraping yang berikutnya adalah untuk memperoleh data postingan dan komentar media sosial yang berkaitan dengan produk ataupun merek tertentu. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk menilai dan mengukur sentiment public, mengetahui apa saja pendapat pelanggan dan memperoleh informasi lengkap mengenai preferensi dari pelanggan.

Data headline dan artikel

Web scraping juga bisa digunakan untuk mengumpulkan data ringkasan artikel, headline dan alamat URL dari beragam sumber berita. Semua data yang diperoleh tersebut bisa digunakan untuk memantau jenis media, menganalisis trend masa kini dan kurasi konten sesuai kebutuhan.

Detail produk e-commerce

Contoh yang terakhir adalah penggunaan web scraping untuk melakukan ekstrak detail produk, harga, deskripsi dan ulasan yang diperoleh dari website e-commerce. Cara ini biasanya dilakukan dengan mengambil data dari beberapa toko online, selanjutnya bisnis akan melakukan analisis persaingan, memantau trend harga terkini sekaligus membuat keputusan harga yang tepat.

Sekian ulasan tentang web scraping adalah metode pengumpulan data yang penting untuk dilakukan pebisnis online. Pelajari cara web scraping yang benar untuk mendapatkan data yang tepat guna dengan ikuti kursus IT online di Coding Studio. Ada banyak materi yang Anda butuhkan yang bisa membantu meningkatkan keahlian di bidang IT, dapatkan promo Coding Studio sekarang juga.

Related Articles