Data Kuesioner Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Data Kuesioner Adalah Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Pengumpulan data dengan tujuan mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan dari berbagai macam responden dari seluruh lapisan masyarakat seperti data kuesioner adalah salah satu aspek yang cukup penting. Dalam sebuah penelitian, bisa dikatakan jika metode pengumpulan data yang satu ini merupakan sebuah cara yang dinilai cukup efektif. 

Pada umumnya, data kuesioner dilakukan dengan cara mengajukan berbagai pertanyaan dalam bentuk tertulis kepada responden dan masyarakat luas. Dalam pembahasan berikut ini, untuk memperdalam informasi yang Anda butuhkan, akan dijabarkan secara lugas mengenai pengertian, manfaat hingga contoh-contoh dari data kuesioner. 

Pengertian dari Data Kuesioner

Secara garis besar, sebenarnya apa itu data kuesioner? Jika dilihat dari pengertiannya, data kuesioner adalah sistem atau metode pengumpulan data yang dilakukan secara tertulis guna mendapatkan informasi dari para responden. Bisa dikatakan, dengan menjawab pertanyaan melalui kuesioner, diharapkan responden mampu memberikan berbagai pengalaman dalam sebuah topik dan pembahasan tertentu. 

Pengertian dari Data Kuesioner

Berbagai pertanyaan yang tersusun dalam sebuah kuesioner yang dibagikan kepada para responden atau masyarakat sudah pasti harus jelas dan mudah dipahami oleh responden atau masyarakat. Hal ini diperlukan agar data yang diperoleh setelah proses pengumpulan data dilakukan, baik data kualitatif maupun data kuantitatif dapat diperoleh secara akurat. 

Manfaat Menggunakan Data Kuesioner

Melakukan penelitian dengan menggunakan cara mengolah data kuesioner diketahui memberikan berbagai macam manfaat. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan metode data kuesioner dan perlu Anda ketahui lebih lanjut di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Memperoleh data yang lebih akurat 

Penggunaan data kuesioner secara tepat sedikit banyak memungkinkan Anda untuk memperoleh berbagai segala jenis data dengan lebih akurat. Jika Anda mampu memberikan bermacam pertanyaan yang cukup jelas dan transparan kepada para responden dan masyarakat, bisa dipastikan data yang terkumpul tidak hanya akurat saja, namun juga dapat diandalkan. 

Baca Juga:  Panduan Belajar Excel Mudah dan Cepat untuk Pemula

2. Kemudahan dalam pengambilan keputusan 

Manfaat data kuesioner yang berikutnya adalah kemudahan yang diperoleh dalam mengambil sebuah keputusan. Sebagai contoh, penggunaan data kuesioner dalam bidang bisnis sedikit banyak memungkinkan Anda dalam memperbaiki kinerja bisnis atau produk yang ditawarkan dengan melihat kepuasan pelanggan melalui data kuesioner. 

3. Mengumpulkan data dengan lebih efisien 

Di sisi lain, pengumpulan data menggunakan kuesioner juga terbukti sangat mudah dilakukan dan cenderung lebih efisien. Dengan mengaplikasikan secara langsung kepada para responden dan masyarakat, dalam waktu yang cepat Anda bisa memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan. Dengan kata lain, hal tersebut kan menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan dalam proses pengumpulan data. 

4. Sarana memperbaiki produk dan layanan yang diberikan 

Terakhir, manfaat yang bisa didapatkan dengan penggunaan data kuesioner adalah Anda bisa memperbaiki produk dan layanan yang diberikan dalam bisnis yang dijalankan. Melalui data yang diperoleh melalui kuesioner, Anda bisa melakukan evaluasi terhadap bisnis yang Anda lakukan sekaligus memperbaiki produk dan layanan yang ditawarkan dalam bisnis Anda. 

Langkah-langkah Mengolah Data Kuesioner

Langkah-langkah Mengolah Data Kuesioner

Setelah data kuesioner telah terkumpul, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pengolahan data, ada beberapa langkah-langkah mengolah data yang perlu diperhatikan seperti yang dijelaskan berikut ini. 

1. Melakukan editing data 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam mengolah data adalah melakukan proses editing data. Dalam tahapan berikut ini, Anda harus melakukan pengecekan hingga melakukan perbaikan terhadap jawaban kuesioner dari para responden yang dinilai kurang dapat dipahami agar sesuai dengan topik. 

2. Melakukan coding data 

Agar proses pengolahan data menjadi lebih mudah, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan coding data. Dalam tahapan berikut, Anda bisa memberikan angka atau simbol tertentu pada data kuesioner guna memudahkan proses memasukkan data di langkah selanjutnya. 

3. Proses entry data 

Tahapan terakhir yang harus Anda lewati dalam proses mengolah data adalah entry data. Dalam proses entry data ini, Anda akan memasukkan raw survey data atau data mentah kuesioner ke dalam perangkat lunak sebuah komputer. 

Baca Juga:  Pengertian Range dalam Microsoft Excel

Teknik untuk Pengumpulan Data Kuesioner

Seperti yang sudah dijelaskan, data kuesioner adalah sistem atau metode pengumpulan data guna mendapatkan data dan informasi. Terdapat beberapa macam teknik pengumpulan data kuesioner seperti yang tertuang di pembahasan berikut ini. 

1. Teknik pengumpulan secara daring 

Teknik pengumpulan daring atau online merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam jaringan dengan menggunakan teknologi yang ada dan berkembang saat ini. 

2. Teknik pengumpulan secara tertulis 

Berikutnya adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan secara tertulis menggunakan kertas. Meskipun saat ini dianggap kurang efektif dan efisien, namun teknik ini masih sering digunakan. 

Contoh Penggunaan Data Kuesioner

Contoh Penggunaan Data Kuesioner

Kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui apa saja contoh dari penggunaan data kuesioner. Beberapa contoh data kuesioner dapat Anda lihat dalam ulasan di bawah ini. 

1. Mengukur kepuasan pelanggan 

Dalam bidang bisnis, contoh dari data kuesioner bis dilakukan untuk mengukur seberapa tinggi kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan. Hal ini bisa digunakan untuk memperbaiki apek yang kurang dari produk dan layanan. 

2. Mengevaluasi kinerja karyawan 

Contoh penggunaan data kuesioner yang berikutnya dapat dipraktikkan untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Nantinya hasil evaluasi dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan. 

Dari pembahasan tersebut, dapat disimpulkan jika data kuesioner adalah langkah tepat yang bisa dilakukan guna memperoleh data dari berbagai macam responden. Jika Anda ingin memahami lebih lanjut mengenai data kuesioner dan berbagai bidang IT lainnya, Coding Studio bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Related Articles