Microsoft Office Adalah: Pengertian dan Jenisnya

Microsoft Office adalah salah satu perangkat lunak yang memiliki banyak fungsi untuk mengelola dan menghasilkan data dengan baik. Tidak heran jika banyak pengguna, baik yang bekerja di kantor hingga mahasiswa yang menggunakan Microsoft Office supaya bisa memenuhi kebutuhannya. Jenis atau layanan dari Microsoft Office yang paling populer saat ini adalah Microsoft Word, Excel dan PowerPoint.

microsoft office adalah

Namun masih ada banyak jenis atau layanan Microsoft Office yang wajib Anda coba untuk menghasilkan data dengan baik dan sesuai dengan kebutuhannya. Anda bisa menggunakan semua layanan Microsoft Office secara mudah dengan cara berlangganan. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai jenis atau layanan Microsoft Office dan juga cara meningkatkan skillnya dengan baik harus simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Microsoft Office Adalah

Microsoft Office adalah sebuah paket perangkat lunak dan juga perangkat server yang telah dikembangkan Microsoft. Secara umum, Microsoft Office adalah digunakan untuk alat mempermudah aktivitas di dunia kerja dan bagi mahasiswa. Tidak bisa dipungkiri semakin banyak masyarakat yang menggunakan Microsoft Office saat ini.

Microsoft Office juga memiliki fungsi lainnya, seperti di bidang pendidikan untuk mengolah dan menghasilkan data, membuat surat, membuat slide presentasi, menyimpan data, mengirim email dan yang lainnya. Microsoft Office dulunya hanya tersedia di versi desktop dan sekarang bisa Anda dapatkan dengan mudah di operasi sistem Windows dan macOS.

Anda juga bisa menggunakan Microsoft Office di Android dan iOS karena sudah tersedia aplikasinya. Selanjutnya Microsoft Office dapat diakses pada versi web sehingga Anda bisa menjalakan Office melalui web browser dengan mudah.

Jenis-jenis Layanan Microsoft Office Adalah

microsoft office adalah

Jenis-jenis layanan yang dimiliki oleh Microsoft Office adalah :

  • Microsoft Word

Microsoft Word adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah kata. Perangkat lunak ini biasa digunakan oleh masyarakat umum untuk berbagai keperluan. Perangkat lunak ini dirilis pada tanggal 21 Oktober tahun 1938.

Baca Juga:  Excel Round, Panduan untuk Penggunaannya

Sekarang Microsoft Word sudah tersedia di sejumlah sistem operasi, seperti macOS, Windows, iOS dan juga Android. Perangkat lunak ini juga memiliki fungsi yang cukup bagi penggunanya karena bisa menghemat waktu dan tenaga pada saat membuat dokumen. Anda juga bisa mengolah data yang berkaitan dengan kata-kata secara mudah dan bisa meminimalisir kesalahan dalam penulisan.

  • Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang kerap digunakan di dunia akuntansi. Perangkat lunak yang satu ini bisa digunakan untuk mengatur data keuangan pada suatu perusahaan dengan mudah dan juga efisien. Banyak masyarakat yang menganggap Microsoft Excel satu ini sebagai alat manajemen data.

Data yang sering dikelola menggunakan perangkat lunak ini adalah keuangan. Fungsi lainnya dari Ms Excel adalah untuk menganalisa keuangan, pemasukan, pinjaman, pengeluaran dan juga riset harga dengan mudah dan efisien.

  • Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah program yang berfungsi untuk presentasi. Dengan adanya perangkat lunak satu ini Anda bisa membuat, mengatur, dan format suatu file presentasi jadi lebih menarik sebelum Anda tampilkan kepada peserta atau penonton. Banyak masyarakat yang menggunakan Ms PowerPoint ini sebagai alat presentasi di perkantoran, perkuliahan, trainer dan yang lainnya.

Selain itu, fungsi lainnya dari Microsoft Office adalah sebagai alat memudahkan presentasi. Ms PowerPoint ini juga memiliki manfaat yang lainnya. Contohnya adalah untuk mengakses sejumlah perangkat komputer, baik untuk versi desktop hingga smartphone dan juga membuat slide presentasi profesional dengan didukung fitur yang menarik. Fitur yang tersedia di perangkat lunak ini, seperti video, gambar, audio, animasi, template atau desain dan yang lainnya.

  • Microsoft OneNote

Microsoft OneNote adalah perangkat lunak yang berfungsi membuat catatan menggunakan fitur kolaborasi multi-pengguna. Dengan adanya perangkat lunak satu ini, Anda bisa mengoperasikan di berbagai keperluan dengan mudah.

Contohnya adalah untuk mengolah catatan, kliping layar, gambar dan komentar audio. Nah, menariknya lagi di perangkat lunak ini Anda bisa berbagi dengan pengguna OneNote yang lainnya dengan internet.

  • Microsoft Outlook
Baca Juga:  Mengenal Lebih Dalam Mengenai Powerpoint

Microsoft Outlook adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengirim, menerima dan membaca pesan email, seperti Gmail. Namun, perangkat lunak satu ini mempunyai fungsi lainnya juga, seperti membuat draft rencana maupun penjadwalan acara, membuat dan mengatur buku alamat dan yang lainnya.

Nah, dengan memakai layanan Microsoft Office adalah Anda bisa memberikan manfaatnya dan contohnya adalah bisa mengakses pesan secara terorganisir dan juga bisa meningkatkan produktivitas kerja bagi penggunanya, khususnya adalah seorang administrasi. Perangkat lunak ini mempunyai kelayakan kerja serta bisa meningkatkan produktivitas pengguna di dunia kerja.

  • Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive adalah layanan hosting file dan juga sinkronisasi yang berfungsi untuk mengunggah dan menyinkronkan file ke suatu penyimpanan atau cloud. Pengguna bisa mengaksesnya di perangkat tertentu dengan mudah. Perangkat yang satu ini memiliki fitur editor melalui web khusus untuk dokumen Office, seperti Ms Word, Excel, PowerPoint dan juga OneNote.

  • Microsoft Teams

Microsoft Excel adalah platform komunikasi yang berfungsi untuk membuat komunikasi dan juga informasi pengguna secara lancar dan aman. Platform yang satu ini berkolaborasi dengan menggabungkan fitur percakapan kerja, penyimpanan berkas, rapat video dan juga integrasi aplikasi.

Nah, itulah dia jenis atau layanan Microsoft Office yang bisa digunakan dengan baik sesuai dengan fungsi dan kebutuhan Anda.

Trik Meningkatkan Skill Microsoft Office

microsoft office adalah

Khusus bagi Anda yang ingin meningkatkan skill Microsoft Office dengan mudah adalah :

Mengikuti Kursus Online

Salah satu trik meningkatkan Microsoft Office adalah dengan cara mengikuti kursus online. Anda tidak perlu cemas karena sekarang sudah banyak tersedia tempat kursus belajar Microsoft Office bagi pemula. Anda tinggal memilih salah satu tempat kursus yang terbaik sehingga bisa belajar dengan nyaman dan mendapatkan banyak ilmu baru.

Biasanya tempat kursus akan menyediakan pembelajaran khusus mengenai Microsoft Office. Anda bisa belajar banyak Microsoft Office dan mendapatkan sertifikat pelatihan yang bisa digunakan untuk mencari pekerjaan. Sekarang banyak tempat kursus yang menawarkan sertifikat kepada pesertanya sehingga harus Anda manfaatkan dengan baik.

Baca Juga:  Panduan Mudah Untuk Belajar Microsoft Word Pemula

Terus Berlatih

Trik meningkatkan skill Microsoft Office adalah dengan cara terus berlatih. Bagi Anda yang ingin cepat menguasai Microsoft Office harus terus berlatih memakai program dari Ms. Office ini. Apabila Anda sudah berhasil mempraktikkannya dengan baik maka bisa berguna saat di dunia kerja nantinya.

Melihat Tutorial

Trik meningkatkan skill Microsoft Office yang tidak kalah pentingnya adalah Anda bisa melihat tutorial-tutorial yang tersebar di internet. Selain Anda bisa mengikuti kursus online, namun juga bisa belajar secara autodidak dengan menonton tutorial atau membaca informasi yang banyak tersedia di internet. Nah, jadi berdasarkan penjelasan di atas pengertian Microsoft Office adalah perangkat lunak sebagai alat untuk mempermudah aktivitas di tempat kerja, perkuliahan dan lainnya. Tertarik belajar microsoft office? cek link ini ya!

Related Articles