Belajar Hack dari Nol untuk Pemula

Menjadi hacker memang bukan hal yang mudah, tetapi Anda bisa belajar hack dari nol untuk bisa jadi hacker yang handal. Ada banyak definisi tentang hacker yang dijelaskan pada internet. Hacker adalah ahli komputer yang memakai keterampilan teknis yang dimilikinya untuk mengatasi suatu masalah.

belajar hack dari nol

Hacker juga kerap disebut sebagai ahli pada bidang pemrograman komputer. Nah, biasanya ada sejumlah kalangan hacker yang diartikan sebagai seseorang yang dapat memasuki ke dalam sistem tanpa izin dan melakukan perusakan. Orang-orang yang seperti ini merupakan pelaku kriminal yang membobol sistem dan juga melakukan perusakan.

Nah, sebelum Anda mulai belajar hacker ada baiknya memahami jenis dan tingkatan dari hacker terlebih dahulu.

Jenis dan Tingkatan Hacker

belajar hack

Hacker umumnya adalah seorang programmer yang memiliki skill tinggi dan memiliki pengetahuan keamanan komputer serta mampu menemukan vulnerability. Mereka juga dapat menerobos masuk ke dalam sistem komputer dan bisa memperbaiki atau memberikan solusi untuk masalah tersebut.

Sebelum Anda belajar hack dari nol ada baiknya untuk mengenal sejumlah jenis atau tingkatan hacker yang paling umum dikenal, yaitu:

  • White Hat atau Ethical Hacker

White hat atau Ethical hacker merupakan hacker yang diberikan izin masuk ke dalam sistem dan diminta untuk mengidentifikasi, memeriksa dan juga memperbaiki kelemahan pada sistem maupun komputer dengan melakukan penetration testing. Umumnya jenis hacker yang satu ini bekerja sebagai analisis sistem keamanan dan juga konsultan.

  • Grey Hat

Grey hat merupakan hacker yang memiliki inisiatif untuk masuk ke dalam sistem maupun jaringan komputer tanpa izin dengan tujuan agar bisa melihat dan mencari kelemahan pada sistem maupun jaringan tersebut. Nah, kemudian mereka akan melaporkan kepada pemilik sistem tersebut supaya diperbaiki.

  • Black Hat atau Cracker
Baca Juga:  Topologi Star Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Black hat atau cracker merupakan hacker yang memiliki inisiatif untuk masuk ke dalam sistem maupun jaringan komputer tanpa izin dengan. Tujuan mereka adalah untuk merusak maupun mencuri data-data yang penting untuk dipakai demi keuntungan pribadi.

  • Hacktivist

Hacktivist merupakan cracker yang memakai skill hacking yang dimiliki untuk menyebarkan pesan agama, sosial, politik dan lainnya dengan cara membajak suatu website dan meninggalkan pesan di home page. Mereka akan mengganti tampilan halaman websitenya juga atau deface.

  • Script Kiddies

Script kiddies merupakan hacker yang tanpa memiliki skill, namun berhasil masuk ke dalam sistem maupun jaringan komputer tanpa izin dengan memakai tool hacking buatan orang lain yang banyak ditemukan di internet.

  • Phreaker

Phreaker merupakan cracker yang mencari serta mengexploit kelemahan sistem maupun jaringan telephone.

Demikian penjelasan mengenai beberapa jenis atau tingkatan hacker yang sangat umum ditemukan saat ini.

Syarat-syarat Wajib Jadi Hacker secara Otodidak

belajar hack

Syarat-syarat wajib menjadi hacker otodidak atau belajar hack dari nol adalah:

Menjadikan Hobby

Salah satu contoh syarat wajib menjadi hacker secara otodidak yang wajib Anda pahami adalah menjadikan hobby. Modal utama yang perlu dimiliki oleh seorang hacker handal adalah jadikan belajar komputer sebagai salah satu hobby yang disukai. Dengan cara seperti ini, Anda akan semakin haus dengan ilmu pengetahuan dan gairah yang menggebu-gebu untuk terus mengeksplor, mempelajari, menggali semua hal yang ada di dunia komputer.

Perlu Anda ketahui belajar komputer bukan hal yang mudah sehingga harus dijadikan sebagai hobby agar terus semangat belajarnya. Dengan begitu Anda bisa membentuk pribadi yang cukup ahli pada bidang komputer. Melakukan suatu pekerjaan yang Anda sukai pasti tidak akan membosankan dan tertekan.

Itulah salah satu kunci utama untuk bisa jadi hacker yang notabene harus memiliki keahlian dibidang komputer sehingga harus menjadikannya sebagai passion Anda sekarang.

Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris

Pada saat Anda belajar hacker dan menggali informasinya melalui internet pasti sebagian artikel yang muncul berbahasa Inggris. Itulah sebabnya bagi Anda yang ingin belajar hacker harus memiliki kemampuan bahasa Inggris. Apalagi bahasa Inggris digunakan sebagai standar bahasa internasional sehingga Anda perlu mempelajari dasarnya.

Baca Juga:  Penjelasan Search Encrypt dan Kelebihannya

Bahasa Inggris juga akan digunakan untuk membuat manual dan juga dokumentasinya. Penggunaan bahasa Inggris akan memudahkan Anda berkomunikasi antar developer dan user yang ada di seluruh dunia. Tentu saja Anda harus mulai belajar bahasa Inggris dari sekarang untuk bisa menjadi hacker.

Cobalah dengan memperkaya kota kata baru dalam bahasa Inggris sedikit demi sedikit dengan cara menonton film, buku, lagu dalam bahasa Inggris. Anda perlu melakukan terus menerus sehingga semakin banyak kosa kata yang Anda dapatkan dan tanpa disadari dapat dipraktikkan berkomunikasi sehari-hari dengan baik.

Suka Membaca

Tips belajar hack dari nol selanjutnya adalah pastikan Anda harus suka membaca. Bagi Anda yang ingin menjadi hacker sebaiknya mulai membaca informasi, mulai dari buku, internet dan yang lainnya. Untuk bisa menjadi hacker tentu saja Anda harus memiliki banyak wawasan sehingga salah satu caranya dengan banyak membaca.

Bagi Anda yang sudah suka membaca sejak dahulu dan mendapatkan banyak wawasan pasti akan lebih mudah menjadi hacker. Khususnya adalah Anda membaca buku mengenai ilmu komputer yang bisa didapatkan dengan mudah. Anda juga bisa mengikuti kursus di bidang ilmu komputer atau pemrograman untuk belajar hack dari awal. Jika Anda tertarik, klik disini untuk ikut kursus cyber security di Coding Studio.

Kreatif (Think Outside of The Box)

Seorang hacker biasanya akan dituntut untuk lebih kreatif dalam berpikir dengan cara melihat dunia di berbagai sisi dan juga dengan cara yang berbeda-beda pada setiap orang. Dengan begitu, seorang hacker handal pasti akan memiliki ide cemerlang untuk menemukan dan juga menembus kelemahan di sistem. Selain itu, hacker akan bisa menemukan solusi terbaik dalam mengatasi kelemahan yang ditemukan supaya bisa memperkuat sistem yang sudah di hack.

Tidak Harus Punya PC atau Laptop

Tips belajar hack dari nol yang perlu Anda perhatikan adalah tidak perlu memiliki PC atau laptop karena Anda bisa menggunakan hp saja. Namun Anda harus memastikan hp yang dipakai cukup mumpuni untuk mulai belajar hacker. Anda akan menginstall aplikasi untuk belajar hacking menggunakan hp.

Baca Juga:  Quality Assurance (QA): Pengertian, Jenis, Tugas dan Skillnya

Menguasai Skill Jadi Hacker

Nah, yang terakhir adalah Anda harus bisa menguasai beberapa skill untuk menjadi hacker. Salah satu contohnya adalah menguasai komputer dasar. Hacking merupakan pekerjaan memanipulasi alur atau proses yang terdapat di komputer. Sangat mustahil jika Anda tidak memahami komputer dasar, namun bisa jadi hacker.

Skill berikutnya adalah bisa linux karena sistem operasi internet ini hampir digunakan oleh perangkat internet. Anda harus bisa memakai internet tanpa perlu belajar linux, namun Anda tidak akan bisa menjadi seorang hacker tanpa belajar linux. Skill lainnya yang tidak kalah penting adalah menguasai bahasa pemrograman atau coding.

Nah, skill yang satu ini memang sulit untuk dipelajari, namun mau tidak mau Anda wajib mempelajarinya agar bisa menjadi hacker handal. Begitulah beberapa tips belajar hack dari nol yang wajib Anda perhatikan dan coba sehingga bisa menjadi hacker yang handal di masa depan.

Dorong kemajuan tim Anda ke tingkat berikutnya dengan pelatihan khusus dari CodingStudio! Dengan kurikulum yang disesuaikan dan instruktur berpengalaman, kami menyediakan solusi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Kunjungi halaman Corporate Training kami untuk mengetahui lebih lanjut!