Data Integration Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Data integration adalah proses pengumpulan data dari berbagai sumber ke dalam suatu sistem pusat. Hal tersebut merupakan suatu hal yang penting dalam perusahaan, untuk memastikan pengguna dapat mengakses data penting dengan mudah.  

Ketika datanya tidak diringkas maka akan membuat hal tersebut menjadi rumit. Untuk meringkas hal tersebut, Anda perlu melakukan integration data. Apa itu data integration? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai data integration. 

Pengertian Data Integration

Data integration adalah suatu proses menggabungkan dan juga menyatukan data dari berbagai macam sumber yang berbeda agar menjadi satu kesatuan yang terpadu dan juga konsisten, agar dalam proses pengambilan keputusan menjadi lebih lengkap dan akurat. Data integration akan membuat data tersedia lebih bebas, serta lebih mudah untuk diterima oleh sistem dan oleh para pengguna. 

Pengertian Data Integration

Ketika data integration digunakan dengan tepat, maka akan menghemat biaya TI, membebaskan sumber daya dan dapat meningkatkan kualitas kinerja data. Untuk para perusahaan yang memiliki kemampuan dalam hal data integration akan memiliki keunggulan yang signifikan dibandingkan dengan pesaingnya. 

Manfaat Adanya Data Integration

Manfaat Adanya Data Integration

Berikut merupakan manfaat data integration yang perlu Anda ketahui: 

Meningkatkan Efisiensi

Dalam sistem integration ini Anda dapat mengurangi duplikasi pekerjaan, sehingga karyawan akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk melakukan tugas yang berulang dan juga bernilai rendah dan dapat memiliki banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang berdampak besar serta dapat memajukan bisnis. 

Mengingat data integration dapat mengurangi kebutuhan untuk melakukan data sharing secara manual, seperti melalui spreadsheet dan juga email. Hal ini membuat dampak dari manfaat data integration menjadi lebih mengefektifkan waktu yang digunakan. 

Baca Juga:  Pahami Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Meningkatkan Sistem Kolaborsi Antar Divisi

Data integration adalah proses menggabungkan beberapa macam sumber data yang kemudian menciptakan gambaran cara kerja organisasi Anda. Adanya pandangan gambaran mengenai cara kerja organisasi juga dapat memudahkan pengidentifikasian tren yang muncul, serta peluang baru untuk lebih cerdas ketika mengambil keputusan.  

Dapat Mengurangi Kesalahan Data

Data integration adalah hal yang dapat mengurangi kemungkinan adanya kesalahan pengorganisasian data secara manual. Dengan adanya data integration pula dapat meninjau dan juga mengatur kumpulan data untuk memastikan keakuratan dan sinkronisasinya. Karena hal ini menyertakan fitur pelaporan rutin untuk mengidentifikasi dan juga memperbaiki masalah dengan mudah secara real time.  

Menghasilkan Data yang Lebih Berharga

Ketika data integration berhasil digunakan maka akan meningkatkan nilai data organisasi. Dengan adanya sistem terpusat yang digunakan untuk mengintegrasikan data akan meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi masalah serta menerapkan perbaikan. Ketika memperbaiki data secara berkala maka akan menghasilkan data yang lebih akurat dan juga berharga. 

Menghemat Biaya 

Menghemat biaya merupakan suatu hal yang tidak dapat disangkal dari adanya proses data integration. Investasi awal yang dilakukan untuk teknologi data integration tidak sebanding dengan penghematan jangka waktu panjang dan juga meningkatkan profitabilitas yang dihasilkannya. 

Data integration dapat mengarahkan proses untuk mengurangi duplikasi upaya dan kesalahan yang disebabkan oleh sumber data yang berbeda. Sehingga organisasi Anda dapat mengalokasikan dan menggunakan sumber dayanya secara efisien, sehingga mengurangi biaya operasional. 

4 Proses Tahapan Data Integration

Untuk menjalankan proses tahapan data integration, Anda perlu melakukan 4 hal berikut ini: 

  1. Melakukan pengumpulan data dari berbagai macam sumber 
  2. Melakukan proses pembersihan data 
  3. Pemetaan ETL (Ekstrak, Transformasi dan Muatan) 
  4. Adanya implementasi 

3 Metode Data Integration

Ada 3 metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan proses data integration. Berikut metode data integration yaitu: 

Pemrosesan Batch

Pemrosesan batch merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan data yang berulang secara berkala dengan volume tinggi. Contohnya, pencadangan, pemfilteran dan pengurutan data 

Integrasi Realtime

Integrasi realtime merupakan proses pengumpulan, transformasi, serta pengiriman data dari berbagai sumber secara real time atau mendekati real time. Dengan adanya integrasi real time, organisasi dapat memastikan platform yang akan diakses oleh pengguna memiliki informasi terkini dan juga tersedia dari semua sumber. 

Baca Juga:  Belajar Query Database: Query untuk Menampilkan Data

Ekstrak, Transformasi, Muat (ETL)

Ekstrak, Transformasi, Muat (ETL) adalah metode data integration yang menggabungkan data dari berbagai macam sumber data menjadi satu. Metode ini digunakan oleh organisasi tertentu untuk memuat data ke dalam database target, membersihkan data untuk meningkatkan kualitas data dan membangun konsistensi dan juga mengekstrak data dari sistem lama. 

Keberhasilan metode yang digunakan bergantung pada beberapa faktor, termasuk volume dan juga kecepatan data, kompleksitas transformasi data yang diperlukan, kekuatan penyimpanan sumber dan juga tujuan dan juga respon waktu dalam memperbarui data. 

Contoh dari Data Integration

Contoh dari Data Integration

Berikut beberapa contoh data integration yang biasanya terpakai: 

1. Data Integration dalam Data Mining

Data integration dalam data mining merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan data dari berbagai macam sumber berbeda, kemudian menggabungkannya menjadi satu, melalui proses ETL (Extract, Transform, and Load). 

2. Data Integration dalam Data Lakes dan Warehouse

Data integration dalam data lakes dan warehouse merupakan tempat sebagai menyimpan big data secara terstruktur dan terpilih untuk tujuan tertentu. 

3. Data Integration dalam Business Intelligence (BI)

Proses BI merupakan teknik yang digunakan untuk mengubah data yang mentah menjadi informasi yang bernilai dengan tujuan analisis bisnis. 

Berikut merupakan penjelasan dari data integration yang dapat Anda gunakan, data integration adalah proses data yang dapat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih efisien, karena dapat menggabungkan beberapa sumber menjadi satu.

Sehingga dapat memudahkan pekerjaan Anda. Apabila Anda yang tertarik mempelajari lebih dalam mengenai penggunaan proses data integration, Anda dapat mengikuti kursus IT online terpercaya dan terbaik di Coding Studio, untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi link resmi Coding Studio.