Apa itu ETL? Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Cara Kerjanya

Apa itu ETL Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Cara Kerjanya

ETL adalah proses penting dalam sebuah pembuatan big data yang sangat penting bagi berbagai organisasi jaman Sekarang. Memahami proses ETL dengan baik akan sangat membantu pembuatan big data dan penggunaan data tersebut bagi perusahaan. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai ETL dan alasan perusahaan membutuhkannya.

Pengertian ETL

Sangat penting memahami apa itu ETL terlebih dahulu dalam membuat program ETL yang bisa dipakai untuk berbagai jenis organisasi. ETL merupakan singkatan dari Extract, Transform dan Loading yang masing-masing merupakan tahapan dalam integrasi data. Jadi bisa dibilang kalau ETL merupakan sebuah proses integrasi data dari beragam data menjadi satu untuk kemudian bisa digunakan perusahaan. 

Pengertian ETL

Secara garis besar ETL akan membuat berbagai jenis data bergabung menjadi satu data tunggal yang sama dan seimbang. Saat sudah menjadi data tunggal, maka akan lebih mudah untuk proses analisis dan juga proses penggunaan data tersebut bari perusahaan. Bisa dibilang ETL ini menjadi fondasi dalam Machine Learning yang juga membutuhkan proses ETL ini dalam perkembangannya. 

Baca Juga: Deep Learning: Cara Membuat Model Machine Learning

Konsep ETL sendiri mengumpulkan data dari berbagai sumber yang memang dibutuhkan untuk organisasi atau program. Setelah itu data akan diubah untuk menjadi data yang sama dan kemudian dimasukkan ke dalam data warehouse pada sebuah program. 

Tujuan Menggunakan ETL

Tujuan utama dalam proses ETL ini adalah untuk membuat pengguna data itu lebih mudah dalam membaca, menganalisis dan mempergunakan data. Proses ETL akan menyajikan data yang mudah dipahami karena sudah menjadi satu jenis data dari beragam macam data. Tujuan ETL sendiri adalah untuk membantu perusahaan melakukan evaluasi dan juga mengambil kebijakan terbaik. 

Tujuan Menggunakan ETL

Tujuan lain dari ETL adalah untuk memberikan input yang baik dan mudah dipahami untuk pemegang keputusan dalam organisasi.

Baca Juga:  CLI (Command Line Interface) adalah? Cara Kerja dan Kelebihan

Manfaat Penting ETL

Proses integrasi data ETL ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan bagi organisasi baik perusahaan atau juga pemerintahan. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih manfaat ETL yang membuatnya penting untuk dipergunakan. 

  1. Kualitas dan juga konsistensi data yang terdapat pada pusat data itu sudah pasti akan lebih terjamin karena ada proses transform terlebih dahulu. Data akan melalui serangkaian proses untuk yang bisa membantu kualitas dari data bisa terjaga dengan baik. 
  1. Keamanan data menjadi manfaat penting proses ini, karena akan ada proses enkripsi dan juga pembuangan data sensitif sebelum masuk pusat data. Jadi pengawasan pada keluar masuknya data itu akan sangat baik, sehingga keamanan jadi jauh lebih baik. 
  1. Data yang terpusat sangat membantu penggunaan data baik untuk operasional perusahaan atau juga untuk analisis data. Hal ini bisa terjadi karena pada proses ETL itu ada penggabungan data menjadi satu pusat data. 
  1. Membantu proses analisis data dengan adanya data yang terpadu dan akhirnya membantu pengambilan keputusan jadi lebih cepat. 

Alasan ETL Penting Bagi Perusahaan

Ada beberapa alasan yang bisa menjawab mengapa ETL penting baik bagi perusahaan atau pemerintahan. Berikut beberapa alasannya. 

  1. Proses pemindahan data ke dalam satu pusat data lebih cepat. 
  1. Beberapa permasalahan bisnis bisa terjawab dengan adanya data terpadu yang dimiliki. 
  1. Perubahan data pada satu source akan langsung mengubah data di pusat, sehingga pusat data akan lebih update.
  1. Memungkinkan perbandingan data antara sumber dengan target yang diinginkan.

Jadi bisa dibilang ETL adalah hal yang sangat penting untuk perusahaan untuk bisa beroperasi dengan baik dan juga berkembang. 

Cara Kerja Proses ETL

Cara Kerja Proses ETL

Cara kerja ETL sendiri sesuai dengan kepanjangan dari ETL itu sendiri, berikut ini penjelasannya. 

1. Extract

Extract itu merupakan pengumpulan data dari berbagai sumber yang bisa dimasukkan dan pastinya akan memiliki format yang berbeda-beda.

2. Transform

Setelah data sudah terkumpul akan dilakukan transformasi yang mana di sini data akan difilter, dikategorikan dan diubah untuk menjadi satu data yang padu. Ada beberapa proses seperti filter, pembersihan, penyatuan bila ada data yang sama, sampai ke mengurutkan data. 

Baca Juga:  Apa itu Moodle? Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya

3. Loading

Loading berarti memasukkan data yang sudah ditransformasi ke dalam pusat data yang kemudian bisa diakses oleh pihak yang membutuhkan. 

Tools ETL

Cara membuat ETL sendiri sebenarnya cukup sederhana ketika kalian memiliki beberapa tools yang bisa membantu pembuatannya. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa tools ETL. 

1. SSIS

SSIS atau SQL Server Integration Services ini adalah software dari Microsoft yang bisa membantu kalian membuat package ETL sendiri. 

2. Talend

Talend merupakan software yang bisa membantu kita dalam setiap tahapan ETL secara efektif dan juga lebih cepat. Hampir semua langkah dalam ETL sudah tersedia fiturnya di software Talend ini. 

3. PDI

PDI atau Pentago Data Integration juga merupakan software khusus yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses ETL sendiri. PDI ini merupakan salah satu contoh aplikasi ETL yang juga bisa diubah paketnya menjadi enterprise yang sifatnya anual.

Contoh Kasus Penggunaan ETL

Salah satu contoh kasus ETL yang mungkin paling sederhana adalah aplikasi kasir pada supermarket atau pada cafe. Ini melalui proses pengumpulan data, transformasi data menjadi satu data tunggal dan memiliki pusat data yang digunakan untuk operasional. 

ETL adalah proses penting dalam berbagai jenis perusahaan baik skala kecil sampai besar dan menjadi skill yang dibutuhkan. Kalian bisa mempelajarinya secara lebih mendalam di kursus Coding Studio dengan materi yang mudah dipahami.

Related Articles