Mengenal (OAS) Office Automation System, Manfaat dan Fungsinya

Mengenal (OAS) Office Automation System, Manfaat dan Fungsinya

Office Automation System adalah sebuah sistem bekerja pada kantor yang diotomatisasi dan memiliki manfaat yang sangat banyak. Pemahaman akan OAS ini sangat penting dan juga sangat berguna bagi operasional perusahaan itu sendiri dalam rangka pengembangan bisnis. Berikut kami akan jelaskan mengenai Office Automation System mulai dari pengertian, manfaat, sampai dengan karakteristiknya.

Pengertian Office Automation System

Pengertian Office Automation System sendiri adalah sebuah penggunaan alat elektronik untuk melakukan pekerjaan kantor secara otomatis. Sistem seperti ini memang sering digunakan untuk komunikasi informasi dari orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Awal mula muncul Automation Office ini hanya digunakan di perusahaan manufacture saja, namun saat ini sudah banyak digunakan di kalangan perkantoran juga.

Pengertian Office Automation System

Fungsi Penggunaan Office Automation System

Fungsi Office Automation System yang utama itu adalah untuk membantu mendukung pekerjaan perusahaan yang memiliki lingkup kerja yang luas. Bila menggunakan sistem tersebut para pekerja akan bisa lebih mudah dalam berkoordinasi dan juga berkomunikasi dengan lebih baik meskipun tidak di lokasi yang sama. Secara umum fungsinya berarti untuk meningkatkan produktivitas operasional kantor terlebih yang memiliki lingkup yang luas.

Manfaat Menggunakan Office Automation System

Penggunaan Office Automation System sendiri sangat berguna bagi perusahaan dan bisa memberikan banyak sekali manfaat. Berikut ini kami jelaskan beberapa manfaat Office Automation System yang membuat perusahaan skala besar sangat butuh sistem ini.

Manfaat Menggunakan Office Automation System

1. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sistem yang otomatis sudah pasti akan membantu meningkatkan produktivitas kerja dari suatu perusahaan, terlebih bila skalanya besar. Waktu kerja yang lebih singkat akan membuat para pekerja bisa lebih produktif dalam operasional dan juga mengembangkan perusahaan.

Baca Juga:  Mengenal Jaringan 5G, Pengertian, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Membuat Pekerjaan Jadi Lebih Fleksibel

Fleksibilitas akses dari Office Automation System adalah kelebihan yang memberikan manfaat bagi para pekerja untuk bekerja dari mana saja. Adanya Office Automation System ini membuat pekerjaan bisa diakses dengan mudah, jadi pekerja bisa mengerjakan tanpa harus ke kantor.

3. Membantu Proses Administrasi

Otomatisasi ini bisa membantu proses administrasi dari perusahaan, karena semua data akan langsung masuk secara otomatis. Bukan hanya pada sekretaris perusahaan saja, akan tetapi juga membantu administrasi dari para pekerja.

4. Meminimalisir Kesalahan Dalam Pekerjaan

Sistem bekerja manual memungkinkan kesalahan dalam bekerja, tapi bila otomatisasi tentunya akan meminimalisir terjadinya kesalahan. Perusahaan dengan ruang lingkup besar sangat terbantu dengan otomatisasi ini, karena kesalahan data akan lebih minim terjadi.

Jenis dari Office Automation System 

Jenis Office Automation System ada beberapa dengan kegunaan yang tentunya berbeda-beda pula, berikut ini beberapa jenisnya.

1. Pengolahan Angka

Jenis ini adalah aplikasi untuk melakukan perhitungan secara akurat, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kesalahan pada saat menghitung. Ketika skala perusahaan besar jelas data yang harus dihitung jelas lebih banyak dan Office Automation System adalah alat bantu untuk menghitung. Contoh yang paling sering dijumpai itu adalah Microsoft Excel dan sering dipakai untuk membuat laporan.

2. Pengolahan Kata

Jenis ini membantu perusahaan untuk mengolah kata baik untuk membuat perjanjian atau lain sebagainya yang menjadi kebutuhan manajer. Aplikasi ini juga bisa membantu proses komunikasi di dalam perusahaan, dan salah satu contoh aplikasinya adalah Microsoft Word.

3. Surat Elektronik

Jenis surat elektronik atau biasa dikenal sebagai email memang sudah banyak digunakan dan juga menjadi salah satu aplikasi OAS. Para pekerja akan bisa berkomunikasi dengan baik dan juga bisa melakukan koordinasi dengan lebih baik dalam pekerjaan. Ada fitur tautan media dan lain sebagainya juga menjadikan jenis OAS ini sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas dari perusahaan.

Salah satu contoh Office Automation System jenis surat elektronik ini adalah Google Mail.

Baca Juga:  Cara Memulai Startup Digital: Ikuti Langkah-Langkah Ini!

4. Audio Conference

Audio Conference memungkinkan para pekerja untuk melakukan koordinasi dengan lebih jelas dengan mendengarkan suara. Tentunya hal ini sangat membantu pekerjaan di perusahaan, dan ada cukup banyak contoh untuk aplikasi OAS ini seperti WhatsApp, Google Hangout Meet.

5. Video Conference

Video Conference menjadi salah satu jenis OAS yang saat ini banyak digunakan, karena setiap divisi perusahaan bisa melakukan meeting dengan lebih fleksibel. Ada banyak sekali contoh dari jenis aplikasi ini mulai dari Zoom meeting, Skype, dan masih ada banyak lagi yang lainnya.

6. Slide Presentasi

Slide presentasi menjadi jenis Office Automation System yang bisa digunakan untuk membuat presentasi dengan beragam jenis materi. Office Automation System merupakan aplikasi yang akan membantu pembuatan presentasi lebih menarik dan juga lebih mudah dipahami. Salah satu contoh yang paling sering digunakan adalah Microsoft Power Point.

Karakteristik dari Office Automation System

Karakteristik dari Office Automation System

Karakteristik Office Automation System itu ada beberapa, salah satunya adalah bisa membuat beberapa pekerjaan bisa diselesaikan secara otomatis. Perubahan data pun akan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah ketika sudah mempergunakan aplikasi Office Automation System ini. Alat elektronik ini juga bisa terhubung dengan internet, sehingga bisa diakses tidak hanya pada satu tempat saja.

Kita bisa melihat bahwa Office Automation System ini menjadi aplikasi yang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas dari perusahaan. Mempelajari Office Automation System adalah langkah penting untuk bisa bekerja lebih baik dan bisa mengembangkan perusahaan lebih baik.

Anda bisa mempelajari Office Automation System secara mendalam sampai cara penggunaannya di Coding Studio. Materi yang lengkap dan harga terjangkau membuat Coding Studio menjadi tempat yang tepat.

Related Articles