Apa Itu Bot? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Bot Adalah Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Semakin berkembangnya teknologi, hampir semua pekerjaan bisa dilakukan menggunakan teknologi. Penciptaan bot atau singkatan dari “robot” ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas sesuai dengan instruksi dari penggunanya. 

Manfaat bot adalah bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik internal ataupun keperluan  bisnis yang erat kaitannya dengan pelanggan, walaupun pada umumnya bertujuan untuk automasasi. Pengelolaan tugas pada tim juga biasanya dilakukan oleh bot untuk memenuhi keperluan internal, sedangkan untuk keperluan bisnis manfaat dari bot adalah agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

Apa Itu Bot?

Bot adalah singkatan dari “robot” digital yang bisa melakukan segala tugas atau pekerjaan melalui pemrograman oleh pengguna, biasanya bot diperintahkan untuk melakukan suatu pekerjaan yang berulang alasannya karena bot mempunyai kemampuan yang lebih akurat dan juga efisien jika dibandingkan dengan manusia.

Apa Itu Bot

Cara kerja dari bot adalah sebagai berikut: saat pengguna mengirimkan kata kunci yang berupa permintaan, maka respon yang diberikan oleh bot akan spesifik dan sesuai dengan kata kunci yang pengguna kirimkan. Contohnya saat Anda berbelanja pada toko online dan ingin menanyakan persediaan produk maka Anda tinggal mengeklik pilihan pertanyaan yang akan dikirim dan bot akan membalas secara otomatis.

Fungsi dari Bot

Saat ini bot sudah banyak digunakan terutama pada kegiatan bisnis yang dilakukan secara online, misalnya pada website ataupun online shop karena dapat memudahkan pekerjaan dan dengan begitu Anda mampu bersaing dalam hal pelayanan kepada pelanggan. Anda bisa mulai belajar strategi bisnis menggunakan bot bersama Coding Studio.

Selain itu juga Anda bisa memanfaatkan fungsi yang tersedia pada bot adalah untuk melakukan penjadwalan tugas dan juga pengelolaan pada pesanan, berikut adalah fungsi bot yang perlu diketahui:

1. Automasi Tugas Selama 24 Jam

Sudah tidak asing lagi bahwa bot mampu bekerja sebagai customer service yang melakukan tugasnya selama 24 jam, dan pastinya sangat membantu dalam pelayanan terhadap pelanggan. Akan sangat melelahkan jika manusia yang melakukan pekerjaan tersebut atau berperan sebagai call center tanpa istirahat.

Dengan adanya bot yang berperan sebagai customer service maka Anda tidak perlu bekerja selama 24 jam untuk memenuhi keinginan konsumen, begitu juga dengan konsumen yang ingin mengajukan pertanyaan ataupun keluhan tidak harus menunggu jam operasional.

2. Mampu Melakukan Pekerjaan Berulang

Jika manusia akan cenderung bosan bahkan lelah saat mengerjakan pekerjaan yang berulang dalam jangka waktu yang panjang, maka berbeda dengan bot yang akan dengan profesional melakukan pekerjaan berulang tersebut.

Walaupun begitu bot tetap memerlukan manusia untuk melakukan input agar bot dapat beroperasi dengan baik, dan akan menjadi kerja sama yang terjalin dengan baik sehingga membuat produktivitas tetap optimal.

3. Menyelesaikan Tugas dengan Akurat

Berbeda dengan manusia, bot mempunyai tingkat keakuratan yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya karena bot sudah diprogram secara matematis dan akan terus melakukan pekerjaannya secara konsisten dan juga tingkat akurasi akan lebih maksimal.

Manfaat dan Kelebihan Bot

Manfaat bot sendiri berbeda-beda karena tergantung dari jenis juga cara bot tersebut digunakan. Berikut adalah beberapa manfaat dan juga kelebihan bot:

Manfaat dan Kelebihan Bot
  • Efisien, dengan pekerjaan yang bisa dilakukan secara otomatis dan juga berulang maka efisiensi dari bot tersebut dapat terus meningkat.
  • Mempermudah Aktivitas Manusia, sudah dapat dipahami bahwa bot sangat mempermudah setiap aktivitas manusia. Contohnya Anda bisa memesan transportasi online, membuat pengingat hingga mengontrol sebuah device berupa kunci pintu atau lampu smart Anda hanya cukup melakukan pemrograman pada bot.
  • Hemat Waktu, jika manusia mempunyai keterbatasan waktu dalam bekerja karena harus istirahat maka bot bisa melakukan pekerjaan selama 24 jam tanpa henti, dengan begitu kebutuhan akan karyawan dapat diminimalisir.
  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, sistem kerja yang dilakukan oleh bot adalah dengan memberikan pelayanan ataupun respon dengan cepat tentunya akan membuat tingkat kepuasan dan juga loyalitas dari pelanggan menjadi meningkat.
  • Biaya Lebih Rendah, dengan menggunakan sistem bot dalam melakukan setiap pekerjaan maka biaya operasional dapat berkurang atau rendah.
  • Fleksibel, Anda bisa melakukan pemrograman apa pun pada bot dalam melakukan pekerjaan.
Jenis-jenis Bot

Jenis-jenis Bot

Jenis-jenis bot berbeda-beda karena menyesuaikan dengan fungsi yang dimiliki oleh masing-masing bot, berbagai tugas yang bisa dilakukan oleh bot adalah pastinya membantu pelanggan, mengumpulkan data, berbelanja dan tugas-tugas lainnya, bahkan tak jarang juga digunakan untuk hal-hal yang tidak baik dan tentunya tidak boleh ditiru. 

Berikut adalah contoh bot berdasarkan penggunaannya:

1. Chatbot

Chatbot merupakan robot virtual yang diprogram untuk memperagakan percakapan yang biasanya dilakukan oleh manusia, maka tak heran jika chatbot mempunyai peran yaitu sebagai asisten digital di mana setiap instruksi yang diberikan oleh pengguna dapat dipahami dan kemudian memberikan respon atau jawaban yang diminta oleh pengguna yang sesuai dan juga cepat.

Chatbot yang biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan adalah berupa customer service yang diberi tugas untuk memberikan respon dengan menjawab setiap pertanyaan yang datang dari pelanggan.

2. Web Crawler

Jenis bot ini diberi tugas untuk mengumpulkan data yang berasal dari berbagai website, untuk cara kerjanya sendiri yaitu dengan membuat indeks data yang di mana data tersebut didapat dengan cara mendownload dari halaman website yang dilakukan oleh spider bot. 

Setelah data-data tersebut terdownload, maka web crawler membuat arsip dan juga menyimpan informasi tersebut pada database, dan selanjutnya data-data tersebut dapat digunakan jika sewaktu-waktu diperlukan untuk SEO.

3. Shopbot

Dari namanya saja sudah dapat dipastikan bahwa bot jenis ini digunakan pada aplikasi belanja online, misalnya digunakan untuk mencari sebuah produk, melakukan pembelian, dan juga untuk mengumpulkan data dari penjual lainnya tentang produk yang sama namun memiliki harga yang murah. 

4. Transactional Bot

Transactional bot merupakan jenis bot yang digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, Anda bisa melakukan pembelian, memastikan identitas dari pengguna, dan juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat seperti jika terjadi pencurian kartu pengguna maka bot tersebut bisa melakukan pemblokiran.

5. Social Media Bot

Bagi pengguna aktif media sosial yang senang mengunggah segala aktivitas keseharian yang dilakukannya, lalu berinteraksi dengan pengguna lain dan juga mengelola konten atau akun, semua pekerjaan tersebut dilakukan oleh social media bot. Manfaat lainnya yang dapat digunakan adalah sebagai pengumpulan data secara otomatis atau juga dapat digunakan untuk peningkatan efisiensi sebuah akun media sosial.

6. Malicios Bot

Malicios Bot ini biasanya disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data pribadi, mengirim spam, menyebarkan berita hoax bahkan menyisipkan malware yang dapat merusak perangkan Anda. Itulah yang menjadi alasan agar tetap waspada dan juga bijak dalam menggunakan bot tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa bot adalah teknologi yang dapat memberikan manfaat yang baik ataupun buruk tergantung pada penggunaannya, namun tetap diharapkan agar selalu menggunakan berbagai bot tersebut untuk keperluan yang baik.

Apakah Anda tertarik untuk mendalami dunia yang dipengaruhi oleh kecerdasan buatan dan teknologi? Kunjungi CodingStudio.id sekarang untuk memahami lebih lanjut tentang peran inovatif yang dimainkan oleh teknologi seperti bot dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, kesehatan, keuangan, dan pendidikan.

Dapatkan wawasan yang mendalam melalui kursus-kursus interaktif dan materi pembelajaran terkini di Coding Studio. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perubahan teknologi yang sedang terjadi. Kunjungi Coding Studio sekarang dan mulailah perjalanan Anda menuju pemahaman yang lebih mendalam tentang teknologi masa depan!

Related Articles