Apa Itu Data Analyst? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tugasnya

Apa Itu Data Analyst Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tugasnya

Data analyst adalah salah satu bidang pekerjaan yang sangat menjanjikan, karena memang kebutuhannya yang setiap tahun makin tinggi. Bisnis bisa berkembang dengan lebih cepat bila mempergunakan data analyst dengan baik dan benar. Berikut kami akan jelaskan mulai dari definisi sampai dengan tugas dan cara menjadi seorang data analyst yang terbaik.

Pengertian Data Analyst

Apa itu data analyst menjadi poin penting untuk memahami peranannya dan juga fungsi pentingnya bagi perkembangan bisnis. Data analyst sendiri adalah seseorang yang melakukan analisis data dari berbagai sumber untuk menghasilkan output data yang mudah dipahami. Data yang terkumpul akan disaring, dinilai, dan dianalisis menjadi data matang yang siap digunakan oleh para stakeholder dalam bisnis.

Pengertian Data Analyst

Fungsi Dari Data Analyst

Fungsi data analyst yang utama itu sebenarnya adalah untuk menyajikan data yang matang dari perusahaan untuk berbagai keperluan. Jadi data analyst ini akan mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data dari perusahaan pada pemangku kebijakan di perusahaan. Data yang matang dari beragam data yang ada di perusahaan akan sangat membantu proses pengambilan kebijakan dan produktivitas perusahaan.

Manfaat Menggunakan Data Analyst

Data analyst adalah bagian penting dari perusahaan yang menjadi kunci perkembangan bisnis menjadi lebih besar. Berikut ini beberapa manfaat data analyst yang memang membuat banyak bisnis saat ini sangat membutuhkan data analyst ini.

Manfaat Menggunakan Data Analyst

1. Membaca Perilaku Konsumen

Menggunakan jasa data analyst tentu saja akan sangat membantu perusahaan membaca perilaku konsumen dan tren perubahannya. Hal ini akan sangat membantu perusahaan untuk berkembang, karena mereka akan tahu ke arah mana mereka harus berkembang. Ini sangat berguna untuk membangun citra dari perusahaan melalui langkah digital marketing yang tepat.

Baca Juga:  7 Skill Data Analyst yang Harus Dimiliki Pemula

2. Membantu Pengambilan Keputusan

Peran data analyst yakni menyajikan data yang tepat mulai dari tren, penjualan, produksi, dan lain sebagainya di perusahaan. Daya yang matang ini akan membantu proses pengambilan keputusan dalam perusahaan, sehingga stakeholder terbantu dalam mengambil keputusan.

3. Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional dari perusahaan karena adanya data kinerja dan evaluasi di dalam perusahaan. Bila ada analisa yang tepat dari data tersebut, maka proses kerja dari perusahaan akan lebih simpel dan lebih cepat. Ini sangat meningkatkan efisiensi operasional mulai dari waktu, biaya, dan lain sebagainya.

4. Menekan Risiko Terjadinya Kerugian

Adanya data yang matang dari data analyst akan membaut perusahaan bisa menekan kemungkinan terjadinya kerugian karena langkah yang salah. Perusahaan jadi bisa memilih pilihan langkah dengan kerugian yang paling kecil, sehingga tentunya keuntungan perusahaan akan semakin besar.

5. Meningkatkan Kualitas Produk

Data analyst adalah orang yang juga menganalisis data produk mulai dari kualitas dan relevansi dengan konsumen sendiri. Adanya data analyst ini akan sangat membantu perusahaan menghasilkan produk dengan kualitas yang semakin baik. Selain itu juga bisa membuat produk tersebut bisa benar-benar bermanfaat bagi banyak orang.

Tugas Utama Data Analyst

Tugas data analyst itu sendiri ada beberapa, berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih yang tugasnya. 

  1. Mengumpulkan semua data konsumen dan perusahaan mulai dari penjualan, data pelanggan, data operasional, dan lain sebagainya.
  1. Memilah data untuk bisa mendapatkan data yang penting dan bisa dianalisis dengan baik untuk menjadi data siap pakai bagi perusahaan.
  1. Melakukan analisis data dengan baik untuk bisa mengeluarkan output data yang baik dan bisa dipahami untuk keperluan bisnis.
  1. Menyajikan data yang mudah dipahami dan jelas, sehingga perusahaan bisa memanfaatkannya dengan baik untuk perkembangan bisnis.
Skill yang Dibutuhkan Seorang Data Analyst

Skill yang Dibutuhkan Seorang Data Analyst

Untuk mengerjakan beberapa tugas di atas tentunya perlu memiliki beberapa skill penting yang biasanya diajarkan di bootcamp data analyst. Berikut ini skill yang harus dipelajari apabila Anda ingin memulai karier sebagai data analyst.

Baca Juga:  Teknik Analisis Data Kualitatif Dalam Penelitian

1. Memahami Bahasa Program SQL

Memahami dulu bahasa program SQL yang memang menjadi kunci untuk menjalankan pengelolaan dan manajemen data yang menjadi dasar dalam analisis data. Banyak tools juga yang bisa digunakan untuk mengembangkan program analisis data yang penting bagi seorang data analyst.

2. Skill Statistik dan Matematika

Statistika dan matematika adalah ilmu yang sangat penting dalam sebuah analisis data demi membaca dan menyajikan data. Data analyst merupakan pekerjaan yang berkutat pada kedua hal tersebut, sehingga harus benar-benar memiliki kedua skill tersebut.

3. Skill Visualisasi Data

Visualisasi data dengan baik dengan tampilan yang mudah dibaca dan mudah dipahami juga menjadi skill penting dalam data analyst. Biasanya ditampilkan dalam bentuk grafik yang jenisnya pun beragam, namun tujuan utama bukan estetika akan tetapi kemudahan untuk dipahami. Ketiga skill di atas sudah pasti harus dipelajari dengan baik saat Anda belajar data analyst.

Cara Menjadi Seorang Data Analyst

Cara menjadi data analyst mungkin tidak mudah, karena Anda perlu mempelajari beberapa skill yang sudah kami sebutkan di atas. Anda bisa memulai belajar pada tempat kursus IT yang terbaik yakni Coding Studio dengan materi yang lengkap dan juga mudah dipahami. Praktik sangat penting sebagai data analyst, dan hal tersebut bisa Anda dapatkan melalui beragam pelatihan data analyst yang ada di Coding Studio.

Data analyst adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan dan bisa memberikan pendapatan yang cukup besar. Bila Anda tertarik kursus data analyst, maka kunjungi situs Coding Studio yang menawarkan metode latihan terbaik dengan harga yang terjangkau.

Related Articles