Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Digital marketing adalah suatu strategi mempromosikan ataupun memasarkan produk menggunakan media digital. Kehadiran media digital belakangan ini, menjadikan strategi ini semakin efektif. Bahkan, banyak perusahaan yang berlomba-lomba dalam memaksimalkan kampanye digitalnya.

Pengertian Digital Marketing

Untuk memahami lebih lanjut mengenai apa itu digital marketing, penjelasan akan lebih mendalam di sini. Digital marketing adalah penggunaan berbagai jenis teknologi digital dan perangkat yang terhubung ke internet guna mencapai target pemasaran. Dengan kata lain, aktivitas ini membutuhkan jaringan internet dan teknologi.

Pengertian Digital Marketing

Saat ini banyak perusahaan yang menerapkan sistem pemasaran berbasis internet untuk bisa menjangkau pelanggan skala luas. Sebab, terdapat kecenderungan masyarakat melakukan transaksi jual beli dengan memanfaatkan internet seperti belanja online.

Manfaat Digital Marketing

Agar mendapatkan skill yang mumpuni, Anda perlu mengikuti kursus digital marketing. Barulah Anda bisa merasakan manfaat digital marketing sebagaimana berikut ini.

Manfaat Digital Marketing

Menjangkau Pasar Lebih Luas

Pentingnya digital marketing bisa dilihat dari kemampuannya yang bisa menjangkau pasar lebih luas. Sebab, saat ini pengguna internet dan media sosial semakin mengalami peningkatan. Sehingga kemungkinan besar terdapat banyak sekali pembeli potensial pada area digital.

Digital marketing mampu memberikan peluang pada bisnis agar lebih mudah menjangkau pasar dari berbagai wilayah. Bahkan tidak terbatas skala lokal saja, namun juga internasional.

Efektif dan Efisien

Belajar digital marketing memungkinkan Anda mendapatkan skill mumpuni. Sebab, dari sini Anda bisa menerapkan strategi yang efektif, praktis, dan efisien. Perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya besar layaknya iklan konvensional.

Strategi ini termasuk mudah untuk dilakukan dari mana saja dan kapan saja, tidak terbatas pada meja kantor. Terdapat banyak tools digital marketing yang bisa Anda gunakan serta platform medianya. Sehingga Anda bisa melakukan proses pemasaran produk atau membangun branding dengan mudah.

Baca Juga:  Teknik Cross Selling: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Branding

Membangun branding perusahaan bisa dilakukan dengan cara yang lebih menarik. Anda tidak hanya menjualkan produk tetapi juga memperkenalkan brand pada konsumen. Biasanya pendekatan yang digunakan di sini mengarah pada strategi soft selling.

Baca Juga: Branding Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Digital marketing juga mampu menandakan adanya suatu brand dengan detail spesifikasinya. Hal ini memudahkan pelanggan potensial menemukan Anda ketika mengetikkan keyword tertentu.

Evaluasi yang Mudah

Melalui penggunaan digital marketing, evaluasi yang dilakukan bisa lebih praktis dan terukur. Hal ini sangat membantu karyawan mengecek bagian manakah yang harus ditingkatkan ataupun digantikan.

Apalagi platform media digital saat ini memberikan informasi yang berkaitan dengan proses evaluasi ini. Misalnya jangkauan konten iklan, jumlah penonton, dan konversinya. Kemampuan ini bisa Anda pelajari melalui bootcamp digital marketing di Coding Studio.

Strategi Digital Marketing

Lalu, bagaimana cara melakukannya? Berikut ini penjelasan strategi digital marketing yang harus Anda pelajari.

Strategi Digital Marketing

Content Marketing

Content marketing merupakan strategi yang melibatkan jenis-jenis konten. Baik dalam melakukan pembuatan, pengelolaan hingga posting konten. Tujuannya untuk membujuk calon konsumen agar membeli produk yang Anda tawarkan.

Penerapan content marketing bisa menggunakan platform blog ataupun website. Namun Anda harus benar-benar mampu menciptakan konten yang menarik dan relevan. Teknik yang digunakan bisa berupa soft selling.

Social Media Marketing 

Social media digital marketing adalah strategi pemasaran melalui platform media sosial. Anda juga bisa menggunakan layanan AdSense yang tersedia dari media sosial untuk memaksimalkan jangkauan pasar.

Contoh digital marketing ini bisa Anda lihat dari konten-konten penjualan yang terlihat di TikTok, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Berbagai media sosial ini sudah memiliki layanan AdSense guna mempromosikan bisnis.

Search Engine Marketing

Strategi ini dilakukan dengan melibatkan mesin pencarian, seperti Yahoo, Google, Bing, dan sebagainya. Terdapat dua strategi yang bisa Anda lakukan dalam mesin pencarian ini.

Pertama, Search Engine Optimization yang bertujuan untuk optimalisasi konten agar muncul dalam laman pertama Google. Dalam melakukan cara ini, tidak perlu mengeluarkan uang pada penyedia iklan. Cukup menggunakan keyword yang relevan dengan konten yang Anda buat.

Baca Juga:  Brand Equity Adalah? Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Kedua, pay per click dengan cara membayar biaya pada penyedia iklan. Sehingga materi dari digital marketing ini bisa bertengger dalam hasil pencarian teratas dari pengguna internet. 

Affiliate Marketing dan Influencer

Saat ini, Anda juga bisa melibatkan pihak ketiga untuk melancarkan strategi ini. Caranya dengan menggandeng influencer marketing. Influencer memiliki jumlah pengikut yang besar dalam jaringan sosialnya sehingga berpotensi dapat mempengaruhi pengambilan keputusan mereka.

Sementara affiliate marketing dilakukan dengan melibatkan mitra. Maksudnya Anda membayarkan sejumlah biaya atau komisi pada mitra yang berhasil menjualkan produk-produk Anda. Banyak orang yang menjadi affiliate marketer untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Email Marketing

Email juga dapat menjadi strategi dalam melakukan digital marketing. Caranya yaitu dengan mengirimkan email berupa promosi pada subscriber atau pelanggan Anda.

Namun Anda harus mengemas isi email semenarik mungkin, sehingga pelanggan bersedia meluangkan waktunya untuk membaca. Bahkan klik link promosi yang Anda sematkan dalam iklan tersebut.

Mobile Marketing

Anda juga bisa memanfaatkan perangkat seluler untuk melakukan digital marketing ini. Telemarketing menjadi strategi yang banyak dilakukan dengan cara menghubungi nomor ponsel dari pelanggan. Biasanya lembaga keuangan sering melakukan strategi ini untuk menawarkan produk pada pelanggan.

Selain itu, Anda bisa juga menggunakan SMS marketing secara massal pada nomor ponsel pelanggan. Meskipun saat ini jarang sekali orang-orang yang menggunakan SMS untuk melakukan komunikasi, namun masih banyak perusahaan yang melakukannya.

Sudah jelas bukan informasi mengenai digital marketing adalah strategi jitu dengan memanfaatkan perangkat teknologi dan jaringan internet. Strategi ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan jika Anda ingin hasilnya maksimal. Perlu mempelajarinya secara detail dengan mengikuti kursus di Coding Studio karena materinya yang tepat sasaran.